Hubungan Masyarakat

Public Relation Universitas Esa Unggul (Veby)

Public Relation Universitas Esa Unggul (Veby)

Halo sobat intipers! Aku Veby Husada dari Public Relation Universitas Esa Unggul angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Public Relation Universitas Esa Unggul seperti apa?

Jurusan public relation itu kan konsentrasi dari ilmu komunikasi. Bisa dibilang juga campuran ilmu komunikasi sama advertising dan macem-macem lainnya yang bergerak di bidang PR. Jadi dituntut sebagai praktisi humas. Kalau ilmu komunikasi kan banyak macamnya, kalau kita fokusnya ke PR. Jadi kita itu kaya menjembatani dan membangun relasi antara perusahaan yang satu dengan yang lainnya. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Public Relation Universitas Esa Unggul?

Sebelumnya namanya kuliah yang utama itu keyakinan kita ya. Kita udah pasti yakin 4 tahun ambil jurusan ini. Aku ambil jurusan PR sudah berdasarkan pengetahuan dan niat aku untuk memperdalam lagi ilmu tentang PR. Sebelumnya juga udah searching-searching, karena kan kalau kita gak tahu gimana kita bisa yakin. Jadi, untuk meyakinkan aku juga sempet nanya ke senior. Setelah yakin baru apply ke Universitas Esa Unggul. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kita banyak banget belajarnya. Kita belajar media relation, media management, digital PR. Ilmunya lebih luas dari pada yang orang lain kira, gak hanya tentang komunikasi dan perihal ngomong gitu. Baru baru ini kita belajar tentang lingkup digital PR. Kita kan sekarang apa-apa udah serba digital ditambah pandemi semua pasti serba online gak bisa langsung. Di mata kuliah digital PR ini kita juga jadi lebih modern, menyeimbangkan dengan revolusi industri 4.0. Kita juga jadi lebih uptodate, namanya PR kan orang ngomong apa sama kita itu harus nyambung. 

Aku kan kelas karyawan, mungkin karena itu jadi tidak terlalu membebankan praktik. Sejauh ini belajarnya banyak teori, kalau praktik baru mulai di semester akhir. 

schooters

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Sampai semester ini saya belum ada konsentrasi, mungkin karena semester 4 itu masih dasar jadi masih teori.

Jalur masuknya ada apa aja?

Kalau jalur masuk sebenernya gampang sih. Universitas esa unggul membuka 3 gelombang. Biasanya ada jalur pendaftaran umum sama beasiswa. Nah yang beasiswa ini yang pakai nilai rapot. 

Sebelumnya aku mau infoin dulu kalau di Universitas Esa Unggul itu terbagi jadi kelas reguler dan kelas pararel yang untuk karyawan. Kalau yang kelas karyawan itu gampang aja, gak perlu pakai nilai rapot, kita langsung daftar aja. Memudahkan banget sih. 

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Ada tips buat mahasiswa baru Public Relation Universitas Esa Unggul?

Maba itu semester 1 dan 2 semangat lagi tinggi-tingginya, ketika kita dikasih tantangan di semester selanjutnya itu mulai down. Jadi jangan sampai down, kita terus semangat. Inget tujuan kita di awal itu apa, mungkin banyak yang kasih saran kaya ini, tapi ini tuh emang bener kenyataannya ini. Kuliah kita yang rasain, kita yang jalani. Bener-bener semua bergantung sama diri sendiri. Poin utamanya itu semangat dan yakin sama diri sendiri. 

Apalagi yang kelas karyawan itu harus bener-bener bisa manajemen waktunya karena senin-jumat kerja, sabtu kuliah dan minggu nugas. Kalau lagi online gini weekday juga suka ada tugas, jadi pulang kerja aku kadang nyicil tugas. Nah caranya untuk bisa manajemen waktu, kita tuh seengganya inget untuk mengatur jadwal, meskipun gak perlu jadi patokan yang pasti. Misalnya, kalau bisa sebelum sore harus selesai tugas yang ini. Jadi kita punya target untuk diri sendiri, tugas gak dinanti-nanti. Semua juga pasti harus punya patokannya. 

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospeknya banyak banget karena jurusan ini tuh bisa masuk ke mana aja dan berhubungan dengan sehari-hari. Jadi aku juga gak bisa kasih pasti, tapi cita-cita kita kalau PR itu ya jadi praktisi humas atau PR. Sebenernya gak mesti yang berkaitan banget, pekerjaan lain juga pasti bisa karena ilmu komunikasi ini kan digunakan di mana aja. 

Rencana dan harapan setelah lulus?

Pengen juga aku setelah lulus mengaplikasikan ilmu, kerja sesuai dengan yang aku pelajari. Meskipun sekarang aku kerjanya di bagian finance. 

Kode konten: C599

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *