Institut Teknologi Bandung, Rekayasa Hayati

Rekayasa Hayati ITB (Adam)

Rekayasa Hayati ITB (Adam)

Halo sobat intipers! Aku Adam Muhammad Syach dari Rekayasa Hayati ITB angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Rekayasa Hayati ITB seperti apa?

Rekayasa hayati merupakan salah satu jurusan yang berada di fakultas Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati atau biasa di singkat SITH Rekayasa. Rekayasa hayati berdasarkan teori merupakan gabungan antar disiplin ilmu kimia dengan biologi, jadi fokus ke arah bagaimana menghasilkan suatu produk dengan basisnya bio masa atau agen hayati. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Rekayasa Hayati ITB?

Waktu SMA persiapan SNMPTN dan SBMPTN, cari-cari jurusan yang menarik, yang kedepannya masih sangat dibutuhkan, seiring berjalannya waktu perkembangan teknologi makin kedepan terutama di bidang hayati, namun di sisi lain manusia tetap butuh makanan, air, sehingga tertarik masuk rekayasa hayati yang fokusnya ke arah hal-hal masih di butuhkan oleh manusia ke depannya.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah secara umum kalo dibandingkan dengan teknik kimia mirip, ada termodinamika, peristiwa perpindahan atau dasar-dasar teknik. Tapi kalo khasnya dibandingkan teknik kimia, ada bedanya dengan penambahan biologi-biologinya kaya biologi sel dasar, konsep biologi untuk engineering, jadi gabungan antara teknik kimia dan biologinya. Untuk praktikumnya mirip juga praktikum teknik, mempelajari alat-alat untuk diterapkan di industri. Tugas yang menarik, semuanya adalah gabungan pada akhirnya, diakhir itu kita akan merancang pabrik, namun masih rancangan, untuk tugas akhir, sehingga kita bisa ketahui proses dari awal sampai akhir, produk makanan yang basis bio masa.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Belum ada, masih umum, karena jurusannya masih baru 10 tahun, tapi di jurusan kami ada 7F atau kajiannya. 

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

SNMPTN dan SBMPTN untuk tahun saya. Tapi sekarang udah ada SM ITB, jadi ada 3 jalur. Info lebih lanjut bisa instagram ITBnya biasanya update untuk jalur masuk.

Ada tips buat mahasiswa baru Rekayasa Hayati ITB?

Penjurusan baru di tingkat 2, jadi angkatan 2019 baru penjurusan, kalo sudah masuk di jurusan ini, yang penting jangan malu bertanya kalo ada sesuatu yang dibingungkan silahkan tanya ke dosen atau ke kating, biar ilmunya dapat, soalnya rekayasa hayati ilmunya masih sangat luas sehingga ada yang background tertarik dari biologinya, ada yang tertarik dengan fisika, kimia, dan keteknikannya. Jadi jangan malu bertanya untuk sesuatu yang dibingungkan, dan giat-giat untuk belajar.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Semua hal yang berkaitan dengan produk makanan yang dibuat bio masa bisa masuk, seperti susu, keju, youghert dll. Namun ada juga yang arah ke kosmetik, wardah, paragon, itu juga bisa dimasukin, ada juga yang kearah bioenergi ke pertamina bisa masuk juga. Intinya sesuai denga 7F tadi semuanya bisa masuk.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Rencana paling dekat ingin lulus, apalagi di masa corona, rencana setelah lulus ingin langsung kerja sesuai dengan kesukaan saya lebih ke perusahaan mikroalga contohnya evergen.

Kode konten: C397

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *