Institut Teknologi Bandung, Teknik Lingkungan

Rekayasa Infrastruktur Lingkungan ITB (Fadillah)

Rekayasa Infrastruktur Lingkungan ITB (Fadillah)

Halo sobat intipers! Aku Fadillah Muna’azat dari jurusan Rekayasa Infrastruktur Lingkungan ITB angkatan 2016. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Rekayasa Infrastruktur Lingkungan ITB itu seperti apa?

Mungkin aku mau mneganalogikan seperti ini, temen-temen pernah kebayang gak air bersih yang temen-temen dapet di rumah itu sumbernya dari mana? Kalau jawabannya dari sungai, temen-temen kebayang gak bagaimana air sungai itu bisa bersih pas sampai di rumah temen-temen? Terus temen-temen pernah melihat gak orang-orang masih buang sampah sembarangan, banyak sampah tergeletak di jalan, masih banyak sampah yang terkumpul tanpa diolah lebih lanjut? Temen-temen pernah kepikiran gak bagaimana pengolahan limbah air dari cucian, sabun mandi?

Itu secara garis besar yang dipelajari di jurusan ini, poinnya adalah kita mempelajari air bersih dan sanitasi, kalau temen-temen tahu sustainable development goals di poin 6, nah itu yang akan kita pelajari.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Rekayasa Infrastruktur Lingkungan ITB?

Sistem di ITB itu kan sebelum masuk jurusan kita milih fakultas dulu dan aku pilih FTSL Jatinangor. Sebenernya awalnya bingung jurusan ini mempelajari apa, tapi dulu karena aku suka banget kimia dan berpikir jurusan ini kayanya banyak kimianya. Setelah dipelajari ternyata jurusan ini membahas hal yang erat banget sama keseharian aku, terutama di lingkungan daerahku. Di sana masing banyak orang yang gak dapat air bersih, sampah masing dimana-mana dan bahkan masih buang air besar sembarangan. Terus aku berpikir dengan masuk jurusan ini sepertinya aku bisa memberikan sesuatu dan dampak untuk daerahku setelah lulus nanti.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan Rekayasa Infrastruktur Lingkungan ITB?

Kita belajar pengolahan air bersih, maka air sungai yang kotor bisa menjadi air bersih melalui berbagai unit pengolahan, jadi temen-temen akan akrab dengan koagulasi, filtrasi sampai air bersih yang aman dan layak bisa terdistribusi ke rumah temen-temen. Ada mata kuliah sistem penyediaan air minum dan perancangan etalase air bersih.

Terkait sampah, mungkin banyak juga yang tahu kalau TPA itu singkatan tempat pembuangan akhir, padahal harunya tempat pemrosesan akhir, dalam artisan TPA menjadi alternatif terakhir pengolahan sampah, harapannya nanti sampah itu bisa dikelola dulu di rumah temen-temen, di TPS. Ada mata kuliah perancangan persampahan, kita membahas cara mengolah sampah yang baik, merancang TPS, mendesain sistem pengelolaan sampah yang baik dari rumah masing-masing sampai dikelola di akhir.

Slide1

Tentang air limbah, kita belajar mengolah air limbah agar setidaknya tidak merusak lingkungan ketika dibuang. Ada mata kuliah namanya sistem penyaluran air limbah yang membahas cara mengolah air limbah menjadi lebih baik. Belajar juga sistem penyaluran air limbah dan drainase, seperti yang kita tahu drainase yang tersumbat akan menyebabkan banjir, nah kita akan merancang drainase ini agar tidak menyebabkan banjir.

Satu lagi, ada plumbing, temen-temen pernah kebayang gak gimana caranya air dari bawah bisa sampai ke lantai 20? Pakai pompa atau pipa kah? Ada mata kuliah plumbing dan instrumentasinya, kita belajar mendesain sistem perpipaan di sebuah gedung.

Terakhir, terkait sanitasi apalagi di masa sekarang isu sanitasi meningkat. Banyak banget mata kuliah tentang sanitasi, ada sanitasi makanan, sanitasi masyarakat, dsb. Kita belajar pola orang memaknai bagaimana masyarakat memaknai pentingnya menjaga masyarakat.

Menarik sih, jadi kita mempelajari gak hanya teori tapi juga ada kuliah lapangan, misalnya ke TPA Leuwi Gajah, TPA Bantar Gebang. Terakhir kita kunjungan ke PDAM dan IPAL di Surakarta dan Yogyakarta, di sana kita melihat langsung air yang kotor jadi bersih kembali dan didistribusikan ke masyarakat.

Output akhir dari jurusan ini kita akan mendesain perancangan air agar bisa digunakan.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada 6 seperti yang sudah dijelaskan tadi, ada air bersih, air limbah, sampah, drainase, plumbing sama sanitasi. Output akhir mahasiswa RIL ini untuk mendesain dan merancang sistem, jadi konsentrasi ini lebih ke arah output apa yang ingin dibuat desain sebagai tugas akhir. Aku pribadi memilih kelompok keahlian ahli bersih, karena berpikir semua butuh air bersih ya pastinya. Jadi aku mendesain gimana caranya mengolah air yang kotor menjadi bersih sesuai standar, unit pengolahan untuk mengurangi mikroorganismenya, mengurangi kandungan besi dan kandungan kimia yang berbahaya.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Ada 3 jalur, SNMPTN, SBMPTN/UTBK, dan USM. Kalau gak salah nilai passing grade nya itu 638, daya tampungnya 28 sampai 30, tapi itu untuk FTSL Jatinangor belum masuk ke jurusan. Setahu ku peminat SBMPTN tahun lalu peminatnya 900-1.000 jadi perbandingannya 1:30. Oh ya, di FTSL Jatinangor ada 2 pilihan jurusan, teknik pengelolaan sumber daya air dan rekayasa infrastruktur lingkungan. Tahun pertama temen-temen akan kuliah di kampus Ganesha Bandung dan di tahun selanjutnya sampai lulus di Jatinangor.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Sederhananya, nikmati setiap hal yang dipelajari karena yang kita pelajar itu sangat dekat dengan keseharian, seperti sampah, air bersih, air limbah. Hal yang selalu dipegang dosenku itu beliau bilang kalau di RIL ini kita gak menjanjikan materi atau hal-hal yang menurut kalian ‘wah’ tapi mencari ladang untuk kebaikan bagi masyarakat, di RIL ini banyak menyediakan hal itu. Coba resapi juga apa yang ada di perkuliahan sama keseharian temen-temen, karena pasti akan dapat banyak insight baru. Jadi karena memang dekat di masyarakat, harapannya bisa jadi ladang kebaikan buat kita.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kalau temen-temen mau masuk ke pemerintahan bisa ke Kementrian PUPR, karena kementrian itu lah yang mempelopori adanya jurusan ini. Selain itu bisa masuk ke Kementrian Lingkungan hidup dan kehutanan. Bisa muk ke NGO, atau perusahaan yang bergerak di bidang air bersih dan sanitasi, jadi konsultan juga bisa atau menjadi akademisi juga bisa banget. Intinya, selama masih banyak masyarakat membutuhkan air bersih, sampah dan limbah belum terkelola, insya allah masih banyak lapangan pekerjaan untuk lulusan jurusan ini.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Aku bisa membuat lingkunganku bisa lebih baik di segi air bersih dan sanitasi, aku juga mau coba masuk ke pemerintahan dan rencana bisnis terkait NGO tadi.


Q&A

  1. Apa aja yang dipelajari di FTSL?

Di FTSL ada 5 jurusan, 3 jurusan di Ganesha yairu Teknik Sipil, Teknik Lingkungan dan Teknik Kelautan dan 2 jurusan di Jatinangor. Hal yang dipelajari beda-beda tergantung jurusan masing-masing. Kalau pas TPB kita belajar  tentang kimia, fisika, kalkulus dan perancangan desain yang akan memberikan gambaran besar jurusan di FTSL. Biasanya di akhir itu kita ditugaskan membuat sesuatu sesuai jurusannya nanti entah itu pengolahan sederhana, jembatan sederhana dari bahan yang ada.

Sedikit aku juga mau menjelaskan perbedaan RIL dengan teknik lingkungan, jadi sebenarnya kita ada di departemen lingkungan raya. Nah, bedanya dengan teknik lingkungan, kalau teknik lingkungan itu fokusnya ke industri, kalau RIL ke domestik atau rumah tangga secara langsung.

Kode Konten: Y237

Komen dibawah! 1

  1. Meidina Ayu

    Kak saya izin meminta saran, bagaimana cara kita mengerti atau menyukai suatu bidang yg dulu kita pandang terlalu sulit. Oiya kak di RIL ini apakah banyak mendesain suatu rancangan? Bagaimana tips dan trik memikirkan suatu rancangan tersebut sesuai dengan rumus rumus di kuliah, Soalnya mata saya silinder tentunya apabila membuat garis tidak akan pernah bisa lurus.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Left Menu Icon
Instagram @intipkuliah