Rekayasa Perangkat Lunak, Universitas Pendidikan Indonesia

Rekayasa Perangkat Lunak UPI (Bimo)

Rekayasa Perangkat Lunak UPI (Bimo)

Halo sobat intipers! Aku Bimo Setyo Aji Syahdwipa dari Software Engineering atau Rekayasa Perangkat Lunak Universitas Pendidikan Indonesia angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Rekayasa Perangkat Lunak UPI seperti apa?

Prodi pertama kali yang ada di PTN, ada di univ lain yang negeri tapi masih D3 ada di UGM sama swastanya di Telkom. RPL ini sebenernya ga jauh beda sama jurusan IT lainnya kaya informatika, sistem informasi, atau teknik komputer. Cuma dari RPL lebih menjerumus ke perangkat lunaknya, gimana kita ngembangin perangkat lunak, membuat prangkat lunak, dengan berdasarkan sistem, jadi ada analisisnya, sedangkan kalo teknik komputer lebih ke hardwarenya. 

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Rekayasa Perangkat Lunak UPI ?

Saya emang dari SMA punya basic IT, tapi saya ga pernah ikut ekskul yang berbau teknologi, ketika masuk perkuliahan saya tertarik sama teknologi, pas saya searching ternyata ada prodi baru di UPI, jadi peluang masuknya besar, prospek kedepannya perkembangan teknologi semakin pesat dan ga lepas dari kehidupan manusia. Pas pandemi juga banyak dibutuhin kaya zoom, g-meet, jadi prospek kedepannya bagus.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Banyaknya ada di SMK kebanyakan, terus ini ada di S1, jadi banyak sama dengan di SMK, pas awal belajar tentang pengantar RPL, belajar apa itu RPL dan teorinya. Semester 3 kita ketemu model perangkat lunak, kita mendesain interaksi manusia dengan komputer, kaya interaksi ATM, kita masukin pin di ATM salah terus di informasikan melalaui diagram. Terus semester 4 ada matkul kontruksi perangkat lunak, ngajarin ngoding, atau membuat perangkat lunak secara efisien.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada nanti di semester 5 kita baru ketemu. Prodi saya sebenernya nyiapin 3 penjurusan yaitu intelijen bisnis dimana kita akan belajar perihal data base pengolahan data, terus ada multimedia dan games lebih belajar pembuatan 2 dimnesi atau 3 dimensi atau pembuatan games, terus yang terakhir ada kecerdasan buatan kaya suatu perangkat lunak ga cuma dijalankan di komputer kaya bisa di jam, di HP, smartphone dll. Aku rencananya mau ngambil, kecerdasan buatan, mau menciptakan benda-benda yang membantu kehidupan manusia.

pmb2-min

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

SNMPTN, SBMPTN, mandiri. Kebetulan saya masuk lewat seleksi mandiri, dari UPI kita masukin nilai SBM dan kita ujian tertulis baik IPA atau IPS. Info lebih lanjut di instagramnya rplupi atau websitenya juga.

Himpunan Mahasiswa Rekayasa Perangkat Lunak UPI Bandung

Himpunan Mahasiswa Rekayasa Perangkat Lunak UPI Bandung

Ada tips buat mahasiswa baru Rekayasa Perangkat Lunak UPI ?

Kalo kalian udah masuk, harus fokus, habis keluar kalian harus tau mau jadi apa, kalian harus dapat dulu mata kuliah apa yang paling kalian pahami, baru nanti bisa milih mau penjurusan ke mana. Intinya harus punya planning.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Ada IT konsultasn, programer, software engineering, data analisis pokoknya perihal teknologi luas banget dan dibutuhkan di berbagai bidang. Kalian ga akan kebingungan mencari pekerjaan.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Kalo planning saya ingin bekerja di salah satu start-up ternama kaya tokopedia, gojek, cuma lebih bagusnya kita buat start-up sendiri yang banyak di butuhkan.

Kode konten: C382

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *