Institut Teknologi Bandung, Teknologi Pertanian

Rekayasa Pertanian ITB (Nidaru)

Rekayasa Pertanian ITB (Nidaru)

Halo! namaku Nida Rahmatul Ula biasa dipanggil Nidaru atau Nida. Saat ini aku sedang menempuh pendidikan di Institut Teknologi Bandung (ITB). Tepatnya di jurusan Rekayasa Pertanian ITB (Institut Teknologi Bandung) atau kalau di ITB biasa disebut BA. Tiga tahun sudah aku belajar di jurusan ini dan saat ini sedang menempuh semester 6. Bentar lagi udah mikirin tugas akhir nih doain ya:(. Jadi kira-kira aku angkatan berapa? Yap benar, 2017! Tapi ko Rekayasa Pertanian di ITB bukan di IPB? Ko bisa? Penasaran? Cari tahu disini yuk! Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok,pastiin kalian baca sampe beres dulu artikel ini.

Rekayasa Pertanian? Merekayasa gen tanaman ya?

Jawabannya tentu tidak. Rekayasa Pertanian adalah program studi yang dibangun dengan landasan sains hayati yang kuat dan mengkombinasikan ilmu-ilmu pertanian konvensional dengan prinsip-prinsip rekayasa biosistem. Itu pengertian dari website ITB. Bingung kan? Ya sama aku pun. Intinya Rekayasa Pertanian ini mempelajari sistem-sistem budidaya pertanian yang nantinya kita kombinasikan dengan teknologi-teknologi yang mudah diterapkan tapi hasil dari budidayanya itu menghasilkan hasil yang baik. Teknologi-teknologi yang dimaksud itu kaya misalkan merubah lingkungan tumbuh yang awalnya gasesuai sama kondisi pertumbuhan tanaman jadi sesuai untuk pertumbuhan tanaman atau kita bisa merekayasa dari segi pemberian nutrisi ataupun air untuk menghasilkan hasil pertanian yang baik. Satu hal yang utama, teknologi yang kita buat itu harus meminimalkan input (masukan) tapi memaksimalkan output (keluaran).

unisa

Mitosnya, di jurusan Rekayasa Pertanian itu nantinya banyak “main” di sawah. Faktanya aku cuma satu kali “main” ke sawah. Sisanya “main” di lahan biasa. Mitosnya lagi Rekayasa Pertanian itu di kampus Ganesha. Faktanya di Jatinangor dan Jatinangor ada di Sumedang bukan Bandung ya.

Rekayasa Pertanian belajar apa aja?

Mata kuliah di Rekayasa Pertanian ini banyak banget. Kurang lebih ada 12 mata kuliah yang ada praktikumnya. Secara umum, bidang yang dipelajari itu Biologi, Kimia, Fisika, Matematika, Otomasi (main koding-kodingan, “keren” ga tuh pertanian tapi belajar koding juga), Peternakan, Pasca Panen, Genetika, Sosial, Bisnis, Mikrobiologi, dan banyak lagi. Mata kuliah yang khas di Rekayasa Pertanian menurutku itu Dasar Rekayasa Produksi Biomassa (Daspro), Biologi Hewan Ternak (BHT), dan Perancangan Pertanian Terpadu (PPT).

Dasar Rekayasa Produksi Biomassa Tanaman ini mata kuliah yang ngajarin kita cara budidaya tanaman dari dasarnya. Hal unik yang penah aku alamin adalah ngitung kebutuhan air tanaman pake 10 rumus lebih (kalau gasalah hehe). Praktikum bikin sukulen yang serasa workshop karena gaada laporan praktikumnya dan satu-satunya praktikum yang masuk ke sawah. Biologi Hewan Ternak itu kita belajar tentang kehidupan hewan-hewan ternak. Hal unik yang pernah aku alami adalah bedah ikan dan ayam (habis dibedah langsung dimasak gaboleh dibuang) sama pelihara hamster (selesai praktikum hamster milik kita) dan ulat. Perancangan Pertanian Terpadu mata kuliah yang membuat kita berpikir cara merancang sistem pertanian terpadu dengan baik dan mendapatkan hasil yang baik walaupun masukan yang dikasih sangat sederhana. Hal unik yang pernah aku alami adalah memikirkan rancangan sistem pertanian terpadu yang bakal kita jadiin bisnis. ,odal yang dikasih harus seminimal mungkin tapi keuntungan yang didapet beratus-ratus juta.

pmb2-min

Kelompok Keahlian di jurusan ini

Kelompok keahlian dipilih ketika kita akan melakukan tugas akhir, Sebenarnya untuk kelompok keahlian di Rekayasa Pertanian itu tidak ada yang spesifik khusus untuk Rekayasa Pertanian, melainkan kelompok keahlian untuk satu fakultas SITH (Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati). Namun kebanyakan untuk Rekayasa Pertanian sendiri memilih KK, diantaranya:

  1. Agroteknologi & Teknologi Bioproduk. KK yang bergerak dalam membangun sistem Pertanian-Bioindustri berkelanjutan untuk meningkatkan produktivitas tanaman sebagai sumber bioindustri (pangan, pakan, bahan bakar nabati, serat, dan lain-lain).
  2. Bioteknologi Mikroba. KK yang memfokuskan penelitian pada tiga tahapan. Tahap Jangka pendek difokuskan pada eksplorasi dan karakterisasi mikroba yang dapat berperan dalam bidang pangan dan energi. Jangka menengah, penelitian dilanjutkan ke pengembangan produk dan bioproses. Di tahap jangka panjang, penelitian diarahkan pada aplikasi bioindustri dan pengembangan prototipe dan protokol untuk industri dan pengelolaan lingkungan.
  3. Manajemen Sumber Daya Hayati. KK yang berfokus pada pengembangan sumber daya hayati yang terintegrasi dan berkelanjutan
  4. Sains dan Bioteknologi Tumbuhan. KK yang berfokus pada menciptakan bahan baru atau produk tanaman baru, menciptakan tanaman yang tahan terhadap cekaman lingkungan, menciptakan keanekaragaman hayati, dan meningkatkan pertumbuhan, kualitas, dan reproduksi tanaman.

Lebih lengkapnya lagi, bisa dilihat disini ya https://sith.itb.ac.id/id/kelompok-keilmuan-2/

Apa yang harus disiapkan 

Hal-hal yang harus disiapkan di jurusan ini itu batin, pikiran, dan fisik. Untuk batin, tantangan yang akan kalian hadapi adalah hubungan pertemanan karena banyak mata kuliah yang ada praktikumnya dan praktikum itu tugasnya berkelompok, selain itu kebanyakan tugas pun kelompok, bahkan tugas akhir pun kelompok. Jadi siapkan batin dan jaga hubungan pertemanannya ya!. Untuk pikiran, kita akan diuji karena mata kuliah di jurusan ini tidak semuanya hafalan dan pemahaman, melainkan ada juga hitungan-hitungan yang bikin pusing kepala. Untuk fisik tentu saja harus disiapkan, karena praktikum di jurusan ini lebih banyak di lapangan dan pekerjaan lapangan mengharuskan kita memiliki fisik yang kuat. Semangat!

Lulusan Rekayasa Pertanian ITB kerja apa?

Jika kalian lulus dari Rekayasa Pertanian, gelar yang akan kalian dapat adalah Sarjana Teknik. Prospek kerjanya adalah bisa jadi pengusaha, praktisi, konsultan, dan banyak lagi. Alumni Rekayasa Pertanian biasanya menjadi pendiri start up (contoh: Neurafarm), pengusaha di bidang pertanian (contoh: Rekatani), dan ada pula yang bekerja di perusahaan-perusahaan besar di Indonesia seperti PT. East West Seed Indonesia, PT API, PT Paragon Technology and Innovation, dan lain-lain.

Kesan Pesan Rekayasa Pertanian ITB

Selama tiga tahun ini, rasanya seneng banget gamerasa salah jurusan sama sekali (kecuali tahun pertama atau lebih dikenal Tahap Persiapan Bersama (TPB)). Ohya ada sedikit info, buat yang baru mengenal ITB, di kampus ini itu ga langsung masuk jurusan setelah kita dinyatakan lulus, tapi ada yang namanya TPB, disana kita belajar mata kuliah-mata kuliah dasar buat persiapan jurusan, hampir seluruh fakultas yang ada di ITB bakalan dapet mata kuliah yang sama, tapi ada perbedaan di satu atau dua mata kuliah yang khusus untuk mempersiapkan di jurusan.

Selain itu, satu hal yang harus kalian lakukan setelah masuk ITB, jangan lupa masuk himpunan atau unit ya. Himpunan Rekaysa Pertanian sendiri bernama HIMAREKTA “Agrapana” ITB, disana kalian akan belajar organisasi dan akan mewarnai kehidupan organisasi kalian di kampus Jatinangor.

Kode Konten: X137

Komen dibawah! 16

  1. Grace Sabatina

    Halo Nidaru. Seneng deh kamu bisa berbagi kayak gini. Aku juga mau masuk ke ITB tahun ini di Pascasarjana SITH. Krna itu boleh ngga aku tanya-tanya beberapa hal ke kamu? Aku harap kamu bisa bantu aku.

  2. Lisa Indriyani

    Hallo kak. Terimakasih telah membuat artikel menarik ini. Kebetulan saya minat untuk tahun ini masuk Itb pada jurusan yang sedang ditempuh kaka. Dan banyak pertanyaan yang ingin saya tanyakan kak?

  3. Lisa Indriyani

    Hai kak. Saya bingung dengan ket. Mengikuti atau tidaknya pada Program peminatan. Apa bedanya jika mengikuti atau tidak kak. Terimakasih jika kaka nida mau meluangkan waktu menjelaskan pertanyaan saya

    • nidaru

      Jadi kalau di ITB itu kan saat pendaftaran kita memilih fakultas saja. Nah untuk jurusannya itu nanti kita memilih setelah masuk. Jadi ketika ditahap pertama (tahap TPB) ada pengisian jurusan nah nantinya kita diseleksi berdasarkan ipk kita.

      Untuk program peminatan, bedanya adalah kita disaat pendaftaran tidak hanya menentukan fakultas tapi langsung jurusan (hanya saja tidak semua jurusan ada program peminatannya) untuk tahu jurusan apa saja yang ada program peminatannya bisa dicek disini https://usm.itb.ac.id/itb_versi1/sarjana/seleksi-mandiri#seleksi-mandiri-jadwal-tes-program-studi dibagian program peminatan. Nah jadi karna kita udah milih jurusan juga disaat pendadtaran, ketika tahap pertama (TPB) kita tidak melakukan pemilihan jurusan, dan saat tingkat dua itu langsung masuk dijurusan yang kita daftarkan saat pendaftaran.

      Kaya gitu kirakira perbedaannya, bisa dipahami engga penjelasannya Lisa?

    • nidaru

      Waduh ternyata linknya gabisa diklik cari aja digoogle Lisa “program peminatan itb” nanti buka yang dari web itbnya, nanti ada program peminatan

  4. annisa

    halo kak mau tanya, kalo sith-r masa tpb nya langsung di jatinangor atau di ganesha dulu ya? makasih sblmnya hehe

  5. erli gurning

    halo kak, aku mau bertanya tentang jurusan yang sedang kakak jalani sekarang.
    apakah sistem bertani hidroponik itu hasil terapan dari ilmu jurusan ini kak ?

  6. Auni

    Halo kak nidaruu, salam kenal, aku dari tpb sithr 20 nih. Aku bucinn banget sama BE :”)), tapi nilai ip smst 1 rendah, smst 2 ini mau aku tingkatin, tapi gaterlalu berharap :”),. Kalau boleh tau jurusan dg peminat tertinggi di sithr apa ya kak? BE termasuk sulit buat dimasuki gak? Bakal ada anak2 yang ‘terlempar’ ke jurusan lain gak kak? Makasih banyak kaak, ya allah aku stress bgt kuliah online huhu gapunya kating yang bisa ditanya tanya :”(

    • Auni

      Salah nulis aku, harusnya BA bukan BE :”) doakan aku masukk rekayasa pertanian yaa kaak, Aamiin

      • Nida Rahmatul Ula

        Halo Aunii, iya kalau di SITHR BE tertinggi peminatnya biasanya yang ipknya 3 lebihann hohoo. BA sejauh ini kayanya lumayan mudah dimasukin tapi aku kurang tau sih hoho lebih jelasnya, Aamiinn semoga kamu masuk BA. Boleh kontak aku aja lewat dm ig: nidaru, kalau mau tanya tanya lebih lanjut. Semangat Auniii!!!

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *