Tips

Rekomendasi Beasiswa Korea Selatan dari S1 hingga S3 

Rekomendasi Beasiswa Korea Selatan dari S1 hingga S3 

Beasiswa Korea Selatan, Kuliah Gratis dari S1 hingga S3 

Beasiswa Korea Selatan

Banyak orang yang memimpikan untuk berkuliah ke luar negeri, termasuk Korea Selatan. Beasiswa Korea Selatan merupakan hal yang wajib diketahui bagi Sobat Intipers yang memiliki keinginan untuk berkuliah di negeri gingseng ini. Bukan hanya negeri indah yang muncul dalam drama, Korea Selatan juga mempunyai kualitas pendidikan terbaik di wilayah Asia. Bahkan, Seoul National University mampu menduduki peringkat ke 36 sebagai universitas terbaik di dunia menurut QS WUR 2022. 

Selain melalui pemerintah, Sobat Intipers juga dapat mendaftar secara langsung ke universitas yang telah menyediakan beasiswa. Dengan banyaknya beasiswa Korea Selatan yang ditawarkan, Sobat Intepers bisa mulai merancang strategi dari sekarang karena peminat beasiswa tersebut sangat banyak dari tahun ke tahun. 

Tertarik? Berikut Beberapa Daftar Beasiswa Korea Selatan:

  • Global Korean Scholarship (GKS) 

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Beasiswa Global Korean Scholarship atau GKS merupakan salah satu beasiswa Korea Selatan yang paling populer. GKS adalah salah satu beasiswa yang berasal dari pemerintah Korea Selatan dan ditujukan kepada para pelajar dari seluruh dunia. Beasiswa ini dibuka untuk tiga kategori jenjang pendidikan, mulai dari sarjana (S1), magister (S2), hingga doktor (S3). Pendaftarannya melalui dua jalur, yaitu embassy dan universitas. Beasiswa GKS menanggung biaya kuliah, biaya tiket pesawat, biaya riset, asuransi, hingga biaya hidup per bulan. Bahkan, Sobat Intipers juga berkesempatan mendapat tambahan uang apabila skor Tes Kemahiran Berbahasa Korea (TOPIK) mencapai level 5. 

  • KAIST Scholarship 

KAIST atau Korea Advance Institute of Science and Technology merupakan universitas riset nasional pertama yang didirikan pemerintah Korea Selatan pada tahun 1971. Universitas ini dikenal sebagai universitas teknik paling bergengsi di Korea Selatan serta menempati peringkat 16 untuk bidang Engineering and Technology dan Material Sciences berdasarkan QS WUR Ranking by Subject. KAIST memberikan beasiswa Korea Selatan bagi calon mahasiswa yang ingin berkuliah di jurusan Fisika, Matematika, Kimia, Biologi, dan jurusan-jurusan teknik. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, asuransi, dan biaya hidup  tiap bulan. 

  • Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)  

LPDP merupakan program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui Dana Pengembangan Pendidikan Nasional atau DPPN. Beasiswa ini ditujukan kepada anak negeri yang ingin mengambil program magister dan doctor di dalam atau luar negeri.
Beberapa perguruan tinggi yang bekerjasama menyediakan beasiswa Korea Selatan pada program ini yaitu, Pohang University of Science and Technology, Seoul National University, Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), Sungkyunkwan University, Yonsei University, Korea University, Kyung Hee University, dan Ewha Womans University.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

  • Korean Government Scholarship Program (KGSP)  

Program ini merupakan salah satu cara yang bisa Sobat Intipers ikuti agar bisa mendapatkan beasiswa Korea Selatan. Untuk mendapatkan beasiswa tersebut, Sobat Intipers wajib mengikuti kursus selama satu tahun di beberapa kampus pilihan. Kursus ini bertujuan untuk memperdalam kemampuan Bahasa Korea. Namun, jika sebelum mendaftar sudah memiliki skor TOPIK level 5, maka syarat ini akan gugur. 

Jadi, Sobat Intipers yang menerima beasiswa ini membutuhkan waktu hingga 5 tahun untuk menyelesaikan kuliah S1 karena 1 tahun pertama digunakan untuk kursus Bahasa Korea. Begitu juga untuk program beasiswa S2 yang harus melewati 1 tahun pertama untuk kursus Bahasa Korea. 

  • AMA Scholarship 

AMA atau Art Major Asian merupakan beasiswa untuk program S1 dan S2. Sesuai namanya, program ini bertujuan mendukung siswa yang memiliki bakat artistik agar dapat melanjutkan studi di Korea University of Arts. AMA Scholarship mencakup biaya perkuliahan, belajar bahasa, asuransi, tiket pesawat pulang pergi, dan biaya hidup per bulan. Bagi Sobat Intipers yang tertarik dengan beasiswa ini, biasanya pendaftaran dibuka antara bulan Mei hingga Juni. 

Nah, itulah beberapa daftar beasiswa Korea Selatan yang bisa Sobat Intipers coba agar mimpi kuliah di negeri gingseng dapat terwujud. Jangan lupa untuk mempersiapkannya dengan baik ya! Semoga bermanfaat dan bisa membantumu berjuang mendapatkan beasiswa. Semangat! 

Oh iya, kalau kamu merasa terbantu dan tidak mau ketinggalan update seputar informasi perkuliahan, jangan lupa follow mimin intipkuliah di Instagram dan baca tips-tips lainnya di sini.

 

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.