Akuntansi

S1 Akuntansi (Ekstensi) Telkom University (Syukur)

S1 Akuntansi (Ekstensi) Telkom University (Syukur)

Halo sobat intipers! Aku Syukur Sirajuddin dari S1 Akuntansi (Ekstensi) Telkom University angkatan 2020. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan S1 Akuntansi (Ekstensi) Telkom University seperti apa?

Akuntansi pada dasarnya adalah sebuah proses untuk kita membuat dan mengetahui laporan keuangan, karena akuntansi sendiri suatu proses mencatat, mengelompokan, menyajikan data dan mengolah data tersebut. Jurusan ini sudah ada sejak tahun 2008 dan sampai sekarang sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. Akuntansi Telkom University sudah bekerja sama dengan Dirjen Pajak Wilayah 1 Jawa Barat. Banyak orang yang berpikir jurusan S1 Akuntansi ini buat cewe doang, cowo susah masuk sini, sebenarnya cowo pun bisa untuk kuliah di jurusan ini, karena jurusan ini sangat menarik dan bisa menjadi tantangan, karena kan cowo itu katanya kurang teliti daripada cewe. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Saya sebelumnya D3 jurusan sistem informasi akuntansi, di D3 ini terbagi dua fokus, satu belajar teknologi, satu belajar akuntansi, setelah lulus di D3, ada dua pilihan, kita mau melanjutkan ke trknologinya atau akuntansinya, ketika mau melanjutkan ada proses lebih panjang, di D3 kuliah 3 tahun dan di S1 4 tahun, namun ketika ekstensi jadi tambahnya 2 tahun lagi, karena ada mata kuliah yang harus di ambil sesuai dengan jumlah SKS sesuai prodi akuntansi sendiri. Sekarang pun saya sudah lulus D3, sudah dapat gelar.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan S1 Akuntansi (Ekstensi) Telkom University?

Pertama saya melihat apa yang terjadi hari ini bisa kita sebut era disrupsi, perubahan yang sangat cepat, ditambah dengan masa pandemi, jadi semakin sulit. Saya punya cita-cita planning 5 tahun lagi, saya mau jadi dosen, untuk menjadi dosen harus punya pendidikan S1 S2 bahkan S3, karena hal itu saya memutuskan melanjutkan S1, toh siapa tahu setelah saya lulus S1, pandemi berakhir, ada hal-hal baru yang terjadi 2 tahun yang akan datang, mungkin bersaing dengan tingkat ilmu yang lebih tinggi.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Pertama magang, sangat menarik bagi mahasiswa akuntasi karena kita bisa terjun langsung di perusahaan, bisa liat langsung laporan suatu perusahaan, pernah juga ke kantor pajak, kantor badan pendapatan daerah untuk menyelesaikan urusan-urusan di perusahaan, itu sangat seru. Kemudian ada analisis laporan keuangan, susah sih tapi seru karena menganalisis suatu laporan keuangan utuh untuk mencari laba ruginya bagaimana dan neraca saldonya bagaimana. Terus ada audit sistem informasi, mengaudit keuangan perusahaan dengan aplikasi yang sudah di sediakan, namanya ATLAS di Excel, sangat memudahkan dan seru. 

intipkuliah-web1

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Waktu di D3 dituntut membuat aplikasi berbasis akuntansi, sedangkan ketika di S1 ini konsetrasinya ada 3 dan agak berbeda, pertama ada finance, audit, dan pajak, tinggal dipilih salah satunya. Di akuntansi ini kita lebih banyak pada analisisnya bukan praktek-praktek membuat aplikasi, itu yang membedakan. Jadi saya sekarang lebih tertarik ke finance, ada satu namanya financial stress yaitu dimana suatu perusahaan akan mengalami kebangkrutan, ceritanya kita bisa melihat masa depan di sini, kita buat laporan keuangan, aspek-aspeknya, kemungkinan bangkrut, itupun akan dijadikan topik penelitian saya. Di pajak pun ada aplikasi, kita belajar pajak 23, 21, perseorangan, pribadi, menggunakan apliakasi e-SPT. Terus di audit ada aplikasi ATLAS, semua di S1 akuntansi Telkom University berbasis teknologi dan itu yang membedakan dengan kampus-kampus lain. 

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Kalo ekstensi ada jalur khusus lanjutan dari D3 ke S1, jalur ini harus di tempuh dengan menyelesaikan TPA sebanyak 450 dan juga TOEFL 550. Sudah di buka pada bulan satu, jadi untuk mahasiswa D3 lain bisa daftar juga, bisa buka di websitenya smb.telkomuniversity.ac.id ataupun instagramnya SMB Telkom. Kalo buat temen-temen yang mau langsung masuk S1 akuntansinya ada jalur TPA, raport, ujian tulis dan ujian saringan mitra. TPA 450 tes lagi dan di sediakan oleh Telkom University beserta untuk TOEFLnya, terus minimal IPK dari D3 harus 3.0.

Ada tips buat mahasiswa baru S1 Akuntansi (Ekstensi) Telkom University?

Tips nya ada dua, bagi yang mau melanjutkan ke S1 akuntansi pikirkan kedepannya bagaimana 2-5 tahun kedepan. Kalo sejalan silahkan di ambil. Kedua bagi temen-temen ekstensi yang sudah berkuliah, ataupun temen-temen S1 akuntasi maba atau yang belum kuliah. Pokoknya mindsetnya dibuat bagaimana kuliah itu mudah, enak, enjoy. Saya tipikal mahasiswa kadang bodo amat, kadang ga terlalu dengerin. Tapi mindset saya, saya pikir bisa, ini tantangan buat saya dan tujuan apa yang didapatkan setelah lulus nanti. 

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Sangat luas karena jurusan akuntansi ada di semua perusahaan. Ada akuntannya, cuman kebanyakan kerja di akuntan publik, ada yang buka konsutasi keungan, konsultasi pajak, konsultasi analisis. Pastinya dari S1 Telkom University ini ada temen-temen yang bekerja di telkom grup. Bisa di telkomsel, pendidikan telkom dll. Luas banget prospek kerjanya.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Kalo saya mau melanjutkan kuliah di S2. Salah satu impian saya bisa kuliah di luar negeri, karena saya orang Sulawesi merantau ke Bandung. Sangat senang melihat nuansa baru, itu opsi pertama. Kedua saya ingin membuat strat-up yang fokus kedalam akuntasi dan teknologi. Saya lulusan Telkom University yang berbasis teknologi harus memanfaatkan itu. Kebetulan di daerah saya masih kurang banget, jadi bisa menjadi peluang yang besar. Opsi ketiga coba kerja dulu di perusahan-perusahaan atau Telkom sendiri.

Q&A

  • Gimana cara kita menghilangkan jenuh ditengah kesibukan? Gimana cara nyeimbangi yang aktif di non akademik juga?

Jawabannya: berorganisasi dan aktif di kampus, saya di kelas kaya orang bodo amat, saya menikmati berorganisasi, kuliah, nongkrong. Di kampus itu ada salah satu tempat nongkrong dan bisa menghilangkan capenya. Terus untuk membagi kedua itu, manajemen waktu sangat penting apalagi di akuntansi, untuk menghilangkan jenuh perlu penyemangat di jurusan akuntansi sendiri.

Kode konten: C575

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.