Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Semarang

S2 Bimbingan dan Konseling UNNES (Fikri)

S2 Bimbingan dan Konseling UNNES (Fikri)

Halo sobat intipers! Aku Fikri Arif Gumelar dari S2 Bimbingan dan Konseling UNNES angkatan 2020. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan S2 Bimbingan dan Konseling UNNES seperti apa?

Stigmanya banyak yang menganggap BK ini polisi sekolah, guru yang jahat dan sebagainya. Untuk polisi sekolah saya agak setuju, kalo polisi di masyarakat gunanya mengayomi masyarakat, sedangkan BK untuk mengayomi siswa, untuk menghukum itu tidak benar. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan S2 Bimbingan dan Konseling UNNES?

Saya salah satu korban tertipu karena dulu sebelum masuk kuliah, dulu mendapatkan guru BK yang kurang baik, kita mendapatkan jurusan yang kurang pas, jurusan BK dengan tingkatan slow yang sangat banyak makanya saya tertarik, siapa yang ga mau kita bekerja tapi dengan tugas yang ringan dan dapat gaji. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah yang dipelajari banyak, mempelajari psikologi, dibekali juga dengan dunia pendidikan. BK sebelum melakukan layanan di sekolah, kita harus membuat instrumen untuk mencari data, apa yang dibutuhkan siswa, setelah itu menyebar, kemudian kita akan menerima data siswa, lalu diolah dan dibuat program tahunan, dari program tahunan turun jadi program semesteran, lalu bulana, kemudian harian, jadilah layanan, kemudian evaluasi dan kembali lagi seperti itu.

Lulusan S1 dibentuk menjadi seorang praktisi atau guru, kalo S2 kita dibentuk menjadi lulusan akademisi, salah satunya menjadi peneliti, dosen dan lain sebagainya. Mata kuliahnya mendalami saja, kalo di UNNES lebih memahami pendekatan konselingnya, metode penelitian karena lulusan nya di cetak menjadi seorang akademisi. S2 ada praktik, teori, sama hanya saja karena sekarang pandemi, walaupun ada ke sekolah dan sebagainya, sekarang dilakukan dengan online. Membuat suasana luring susah apalagi daring. Kita juga harus belajar lagi terkait teknologi.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada, tiap kampus beda, di UNNES ada 2 konsentrasi atau mata kuliah pilihan, pertama ada BK Spiritual dan BK Populasi Khusus. BK populasi khusus dimana kita mempelajari tentang orang-orang yang khusus, disini bukan hanya anak-anak yang berkebutuhan khusus saja, dimana individu yang memiliki masalah khusus semacam anak yang menyandang NAFZA, broken home, anak di jalana, panti asuhan dan sebagainya masuk ke ranah populasi khusus. Kalo di spiritual mempelajari layanan yang berlandaskan agama. 

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Ada jalur tes, kalo  S1 ada jalur raport, UTBK, kalo di UNNES ada jalur tes tentang TPA dan bahasa inggris, ga ada seleksi raport atau IPK, ada juga di kampus lain yang membuat proposal.

Ada tips buat mahasiswa baru S2 Bimbingan dan Konseling UNNES?

Bagi teman-teman yang minat melanjutkan S2 dipersiapkan saja. Jangan sampai mikir gimana caranya masuk, tapi berpikir setelah masuk gimana caranya keluar atau lulus. Saya meyakinkan kuliah di jurusan BK tidak akan rugi. Selain mendapatkan pengetahuan baru, kita bisa sambil berobat jalan. Penedekatan konseling kalo benar-benar didalami, kita seperti sedang mawas diri, merefleksikan diri sendiri. Jadi tau apa yang dilakukan jika salah.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kalo kita ingin di lembaga tentunya kita harus sesuai dengan aturan yang telah di buat pemerintah. Jika ingin berbicara pekerjaan saya sempat mendengar Guru BK itu bisa di isi oleh Biologi. Hanya saja kalo secara keprofesionalan itu tidak baik. Lulusan S1 BK bisa bekerja sebagai guru. Apabila memiliki kompetensi dan kemauan bisa berwirausaha. Tidak sedikit juga temen-temen menjadi pengusaha karena sekarang untuk kerja bisa terbilang sangat lebar.

Selain menjadi guru yang S1 bisa jadi konselor adiksi di BNN, karena sudah ada juga peraturannya, kemudian banyak ranah konseling seperti puskesmas, rumah sakit, atau membuka layanan konseling di rumah bisa melanjutkan ke ranah kuliah profesi konselor secara legal, adanya salah satunya di UNNES, untuk profesi konselor baru ada di Padang dan yang kedua di UNNES. Profesi konselor satu tahun masa perkuliahannya.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Mohon doanya bisa segera menyelesaikan tugas akhir, bisa masuk menjadi anggota di Widyaiswara.

Q&A

  • Pengalam PPL S2 di UNNES bagaimana?

Jawaban: Kalo S2 difokuskan menjadi akademisi, disarankan PPL tidak di sekolah tapi di kampus karena di persiapkan menjadi dosen.

  • UNNES tesnya satu kali tidak pakai TOEFL?

Jawaban: Tesnya ada TPA dan tes bahasa inggris, kemudian ada hasil, kalo TOEFL biasanya dapat skor berapa dan sertifikat, tapi ini tidak.

  • Kakak daftar lewat LPDP atau reguler?

Jawaban: Bisa menerima LPDP tapi saya sendiri masuk reguler.

  • Kalo prospek kerjanya dari Bimbingan dan Konseling ini apa aja?

Jawaban: S1 sudah di fokuskan menjadi guru, apabila ingin membuka praktik bisa mengikuti profesi konselor, untuk yang lainnya bisa kerja di BNN dan ada layanan konseling. Untuk S2, bisa menjadi dosen, peneliti, bisa di widyaiswara dan seperti itu.

  • Peluang BK di BNN, puskesmas dan rumah sakit itu besar ya?

Jawaban: Sekarang selain kemampuan perlu relasi, kemudian untuk besar tanpa relasi, tergantung kita bisa meyakinkan atau tidak, pada lembaga yang ingin menerima kita. Selama kuliah tidak hanya fokus IPK, tapi bisa bersiap membangun relasi tersebut.

  • Gimana tips nya agar kuat lanjut S2?

Jawaban: Saya sendiri kenapa lanjut karena diskusi dengan orang tua, untuk sekarang ini perlu menambah keilmuan, tipsnya jalani aja selama mampu, dulu aja yang S1 kita menganggap skripsi berat tapi bisa juga, nah ini kenapa ga.

  • Kalo reguler biayanya berapa?

Jawaban: Di UNNES pendaftaran 350 ribu, untuk biaya pertama 7 juta dan biaya praktikum 400 ribu sampai semester 2, semester 3 turun, tapi informasi lebih lanjut bisa DM dan nanti akan dikasih linknya.

Kode konten: C608

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *