Ilmu dan Teknologi Benih, IPB University

S2 Ilmu dan Teknologi Benih IPB University (Bela)

S2 Ilmu dan Teknologi Benih IPB University (Bela)

Halo sobat intipers! Aku Belangie Tuahte Gundala dari S2 Ilmu dan Teknologi Benih IPB University angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Secara umum, jurusan Ilmu dan Teknologi Benih IPB University seperti apa?

Salah satu jurusan yang ada di fakultas pertanian di IPB dibawah departemen agronomi dan holtikultura, salah satu jurusan yang menjurus. Jurusan ini merupakan ilmu terapan yang berhubungan dengan segala jenis benih, dimana benih itu salah satu sarana sebagai bahan tanam dan bahan pangan yang dibutuhkan untuk keberlanjutan pertanian, sehingga bukan hanya membahas ilmu benih saja, ada metabolisme benih, struktur benih, anabolisme, katabolisme, bagaimana benih berespirasi, macam-macam benih, segala macam jenis benih, bagaimana teknologinya sperti bagaimana pemanfaatan benih,  mulai dari produksi benih, bagaimana cara sertifikasi benih dari pemerintah, cara mendapatkan benih legal dan ilegal sehingga bisa beredar di masyarakat.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Ilmu dan Teknologi Benih IPB University?

Peluang ilmu dan teknologi benih di indonesia itu sangat besar, karena di IPB kekurangan pengajar untuk jurusan ini, terutama dikarenakan covid, dosen berpulang, dan masing-masing universitas belum mepuni dosen dalam jurusan ini. Sehingga peluang pekerjaan atau prospek kerjanya masih sangat luas dan sangat dibutuhkan, itu salah satu alasan saya memilih jurusan ilmu dan teknologi benih.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mempelajari dasar benih, produksi benih, bagaimana cara sertifikasi, mulai dari dalam penangkar sehingga bisa disebarkan pada petani, analisis benih, pengaplikasian teknik pengukuran benih, dan banyak hal lain yang nantinya ada praktikumnya, ada lab dan lapangan. Yang paling berkesan lebh pada praktikumnya, terutama di lab, banyak teknik-teknik yang kita pelajari, belajar label untuk benih, kalo kita beli sesuatu ada label, kadar air berapa dll, hal yang sederhana tapi teknik menentukannya butuh ketelitian, meningkatkan kapasitas diri melalui berbagai macam praktikum.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Konsentrasi lebih ke waktu S1, pengenalan ilmu dan teknologi benih di Indonesia belum ada untuk jurusan S1, dulunya ada di IPB tapi sekarang dilebur menjadi agronomi, dan ilmu dan teknologi benih jadi konsentrasinya.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Saya menggunakan reguler tanpa mealui beasiswa. Jalur reguler untuk jurusan ini hanya buka di semester genap saja, ada beberapa hal yang harus dilengkapi, data form, mendaftar, toefl hanya sebagai prasyarat karena nanti akan ada tes lagi setelah kita masuk ke IPBnya, selain reguler bisa jalur beasiswa dari luar misal LPDP. Jalur lainnya lagi melalui beasiswa unggulan bagi teman-teman yang sudah bekerja yang berhubungan dnegan lembaga penelitian atapun dosen dan bisa direkomendasikan untuk BU ini, lalu ada BU untuk mahasiswa on going, jadi temen-temen yang sudah masuk bisa apply untuk beasiswa ini. Untuk informasi lengkapnya di web pasca sarjana IPB sudah lengkap.

Ada tips buat mahasiswa baru Ilmu dan Teknologi Benih IPB University?

Pertama keinginan yang kuat. Semua mahasiswa pasca sarjana, harus punya tekat yang kuat untuk melanjutkan studi. Banyak yang sudah masuk, karena terlalu dalam konsentrasinya di tengah-tengah jadi tidak semangat. Niat awal apa langsung eksekusi, karena kalo kita udah suka, kita pasti udah tau dengan konsekuensinya.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Jalur CPNS bisa ditempatkan di balai-balai ataupun badan penelitian pangan atau dinas pertanian terkait. Selain itu bisa di tempatkan di LIPI, seperti kebun raya bogor, badan konservasi. Non PNS banyak perusahaan yang membutuhkan analis benih. Kita juga bisa jadi pengusaha jalur mandiri, berelasi dengan yang lain dan mendirikan atas nama sendiri.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Bisa tetap berbagi dengan cara bekerja di instansi swasta ataupun pemerintahan. Saya ingin memberikan ilmu dan teknologi benih. Pertanian indah jika kita mencintai. Sekarang ini banyak anak muda yang gengsi, padahal indonesia akan lebih mudah dalam hal pangan tidak ada import atau export, terutama benih. Hal kecil yang bermakna bisa memberikan makan orang banyak. Mudah-mudahan generasi indonesia makin ramah, sadar akan cinta pertanian, tidak malu, tidak menutup diri untuk indonesia yang milenial. Kita mencontoh Thailand, Jepang, Australia.

Q&A

  • Kalo D4 ke S2 ada penyetaraan jenjang, kira-kira berapa lama?

Jawaban: Untuk ilmu dan teknologi benih di IPB syarat pendaftaran dari D4 bisa tetap daftar, ga ada penyetaraan yang penting selinear, masih berhubungan dengan agronomi dan holtikultura. Kalo tidak linear nanti masuk masa percobaan, jadi percobaan satu semster kalo Ipnya di bawah 3 akan diberikan peringatan atau surat pengunduran diri. Untuk yang linear pun harus tetap IP nya di atas 3.

Kode konten: C320

Komen dibawah! 13

  1. Galuh Abdi Lustianto

    Maaf sebelumnya, saya ingin bertanya dan kebetulan saya mahasiswa D4. Untuk UKT di prodi Ilmu dan Teknologi Benih ini berada dikisaran berapa ? Terimakasih

    • Belangie Tuahte Gundala

      Halo Galuh, salam kenal 🙂 Nilai UKT di Sekolah Pascasarjana IPB University adalah sebesar Rp.9.000.000, terima kasih kembali Galuh.

    • Belangie Tuahte Gundala

      Hallo Diah, salam kenal yaa.. semoga kamu membaca reply ini..
      Periode pendaftaran I dan II hanya berbeda di bulannya saja.. Periode pendaftaran I dibuka pada bulan Januari-April, sedangkan periode pendaftaran II dibuka pada bulan Mei-Juni setiap tahunnya. Secara sistem belajar tidak ada bedanya, hanya bulan pendaftarannya ya.. Ditunggu di program studi Ilmu dan Teknologi Benih. Semangat.”

  2. Diah

    halo kak Bela.. sebelumnya perkenalkan saya Diah.. rencananya saya ingin melanjutkan ke pasca ipb di prodi ilmu dan teknologi benih.. untuk perbedaan periode masuk itu gimana ya kak? kan ada periode 1 dan periode 2.. apakah nantinya akan sama atau ada perbedaan? terimakasih..

  3. Belangie Tuahte Gundala

    Hallo Diah, salam kenal yaa.. semoga kamu membaca reply ini..
    Periode pendaftaran I dan II hanya berbeda di bulannya saja.. Periode pendaftaran I dibuka pada bulan Januari-April, sedangkan periode pendaftaran II dibuka pada bulan Mei-Juni setiap tahunnya. Secara sistem belajar tidak ada bedanya, hanya bulan pendaftarannya ya.. Ditunggu di program studi Ilmu dan Teknologi Benih. Semangat.

    • Diah

      haloo kak Belangie terimakasih untuk balasannya. izin menambahkan pertanyaan kak, untuk pendaftaran awal apakah itu wajib menyantumkan nilai kemampuan bahasa inggris ya kak? atau bisa mengikuti placement test nya saja apabila sudah lolos seleksi berkas.. dan untuk di program studi ilmu dan teknologi benih biasanya perangkatan berapa ya kak rata-rata kuotanya? terimakasih😊

      • Belangie Tuahte Gundala

        Halo Diah..
        Untuk bahasa inggris tidak perlu khawatir yaa.. kalau kamu punya sertifikat TOEFL ITP bahasa inggris kamu boleh lampirkan saat mendaftar.. misalnya nilainya mencukupi standar yg telah ditetapkan kamu bisa bebas kelas bahasa inggris.. tapi sekiranya tidak punya, tidak apa-apa.. karena akan ada tes TOEFL tertulis yang diadakan oleh pihak kampus untuk mengetahui kemampuan kita.. kalau nilai TOEFL kamu diatas 500, kamu akan mendapat nilai A dan bebas kelas bahasa inggris.. kalau nilai TOEFLnya 475-500 dapat nilai AB dan bebas kelas b. ingrris, kalau nilainya 450-475 dapat nila B dan boleh bebas kelas atau ikut kelas b. inggris selama 1 smster, kalau nilai kita dibawah 400-450 maka kita wajib masuk kelas bahasa inggris selama 1 semester, kalau nilainya dibawah 400 maka kita wajib ikut kelas selama 2 semester.. semoga menjawab pertanyaannya yah.. kalau kamu ingin bertanya lagi bisa ke IG saya di @belangiegundala yaa Diah.. semangat Yuk bergabung di PS ITB 🙂

      • Belangie Tuahte Gundala

        Untuk kuota per-angkatan tidak dibatasi yaa.. karena S2 biasanya lebih sedikit dari S1.. di angkatan saya tahun masuk 2019, kami hanya 6 orang 🙂

  4. Ahmad Alif Riyan Mahdy

    Halo kak bela.. Izin tanya, untuk lama studi yang normal di Prodi Ilmu dan Teknologi Benih ini berapa lama ya?
    Dan untuk biaya kuliah reguler sudah ditetapkan di angka 9.000.000 seperti yang dijelaskan di QnA atau ada rincian lain, karena saya mengakses di web nya tidak ada link rincian biaya yang bisa ditelusuri. Mohon informasinya, Terimakasih

    • Belangie Tuahte Gundala

      Halo Ahmad Alif, salam kenal ya..
      Biasanya rata-rata lama studi program Ilmu dan Teknologi Benih ini 4-6 semester.. bergantung dari individu masing-masing.. nanti di semester 1-2 mahasiswanya wajib mengikuti kuliah dulu, di semester 2 akan ada mata kuliah metodologi penelitian yang membantu kita untuk menyusun kira-kira nanti mau penelitian apa.. dan saat di semester 3 hanya ada 1-2 MK saja sebagai MK pilihan untuk menambah kredit sks sembari mulai penelitian..

      Untuk SPP, sampai saat ini PS Ilmu dan Teknologi Benih (ITB), masih 9 Juta.. dana lainnya adalah pada saat awal pendaftaran ada biaya Rp. 750.000. selebihnya tidak ada dana lain kecuali biaya hidup selama kuliah ya.. agar fast respon kamu bisa tanya2 melalui laman DM instagram saya yaa.. @belangiegundala, terima kasih banyak semoga membantu 🙂

  5. Natalia

    Halo kakak Bela. Ijin bertanya Kakak,
    Untuk yang sudah daftar masuk di Prodi Ilmu dan Teknologi Benih IPB ada kemungkinan tidak lulus ngak Kakak kalau setelah selesi berkas?

  6. Natalia

    Halo kakak Bela. Ijin bertanya Kakak,
    Untuk yang sudah daftar masuk di Prodi Ilmu dan Teknologi Benih IPB ada kemungkinan tidak lulus ngak Kakak kalau setelah seleksi berkas?

    • Belangie Tuahte Gundala

      Hallo Natalia, salam kenal..
      Setelah seleksi berkas biasanya akan ada pengumuman resmi dari IPB melalui akun pendaftaran kamu, dan biasanya 90% lulus diterima.. selanjutnya sebagai calon mahasiswa baru, berkas saat pendaftaran akan diverifikasi oleh panitia penerimaan mahasiswa baru di IPB. Jika ada hal lain yang ingin ditanyakan boleh melalui DM IG yaa, @belangiegundala semoga bisa membantu jawaban dari pwrtanyaan kamu ya..
      Terima kasih 🙂

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.