Manajemen

S2 Manajemen Ibn Haldun University (Ramdani)

S2 Manajemen Ibn Haldun University (Ramdani)

Halo sobat intipers! Aku Ramdani Murdiana S2 Manajemen Ibn Haldun University Turki angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Manajemen Ibn Haldun University itu seperti apa?

Di Ibnu Haldun sendiri bagus banget jurusan manajemennya, dalam satu kelas itu kita ada sekitar 6-7 negara yang tergabung. Waktu di angkatan saya ada sekitar 15 orang, dua orang warga Turki asli, 13 lainnya beda-beda negara. Berbagai negara yang ada di jurusan manajemen Ibnu Haldun, ada dari Afrika, Ghana, Maroko, Indonesia, sisanya negara-negara Balkan.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Jadi di jurusan Manajemen di Ibnu Haldun Turki ini kita campur negara, campur budaya, beda-beda pengalaman dan beda kasus yang ada di setiap negara, dan cara mengatasinya beda-beda dalam ilmu manajemen terutama dalam bidang bisnis dan dalam ilmu pengelolaan perusahaan, jadi diskusinya lebih luas. 

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Manajemen Ibn Haldun University?

Karena didalam ilmu manajemen itu terdapat mata kuliah bisnis, karena sejalan dengan jurusan ketika saya S1 sehingga jurusan manajemen ini saya pilih untuk melanjutkan pendidikan S2. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Setiap mata kuliah disini itu menghasilkan satu penelitian. Tugas tersebut itu akan ditagih di akhir biasanya di minggu ke-14, dan itu wajib banget untuk nambah nilai kita. Sehingga kami lulusan Ibnu haldun University itu kebanyakan sudah punya jurnal internasional yang diakui. Jurnal internasional itu juga memudahkan kita kalau kita mau melanjutkan di Ph.D atau S3. 

Praktikum di Manajemen Ibn Haldun University

Iya ada, waktu itu semester dua saya dapet. Praktikumnya langsung membuat bisnis dan di biayain sama dosennya, bagi bisnis yang bisa di realisasikan pada saat itu juga. Waktu itu saya dapet 2-3 juta dan itu saya kembangkan satu bentuk bumerang di Indonesia, saya bisa sedemikian rupa.

Slide1

Bisnis waktu itu namanya Buner, dan itu bisa dijual dan bisa dimainkan di Turki dan mereka pada applause terhadap media Indonesia yang kita desian kemarin itu Alhamdulillaah dapat biaya, dapet link, dapet kesempatan jadi anggota bisnis muda di Turki. Itulah alasan saya lebih suka dan lebih memilih untuk melanjutkan kegiatan saya disini sebelum saya pulang ke Indonesia. 

Diskusi di Kantin

Diskusi Bersama Teman-Teman di Kantin

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Biasanya kita diarahkan untuk menjadi pembisnis atau pengusaha langsung, pekerja ataupun dosen. Sudah kita tanamkan, ibaratnya mereka sudah menandai berapa persen yang akan menjadi pengusaha langsung, berapa persen yang akan lanjut S3, dan berapa persen yang mau jadi pekerja kantoran. 

Semua itu sudah direncanakan sama mereka (pihak Universitas), misalnya semester satu kita udah diarahkan ke plot-plot yang diinginkan oleh mahasiswa. Jadi semua fasilitas dan peluang-peluang sudah disiapkan oleh Universitas. Bahkan sudah disiapkan pelatihan-pelatihan, dan peluang-peluang pun sudah disiapkan oleh Universitas. Bahkan ada pelatihan saham juga, yang penting kita itu jeli melihat kesempatan dan mengelola apa yang sudah diberikan oleh dosen kita baik itu penelitian, maupun peluang-peluang. 

Ada tips buat mahasiswa baru i?

Khusus di Manajemen ini, dia sangat erat kaitannya dengan bisnis. Bisnisnya dalam bentuk teori atau usaha, pokonya segala sesuatu yang berkaitan dengan bisnis, dia akan menjadi nilai tambah untuk di jurusan ini khususnya. Apalagi kalau misalkan kita tidak hanya menjabarkan teori saja, tapi bisa menjabarkan produknya seperti yang telah saya lakukan pada smester dua.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Dosen-dosen akan memberikan penghargaan khusus atau penilaian khusus terhadap hasil karya kita. Mereka juga akan selalu mendukung dan memfasilitasi apa-apa saja yang dapat mengembangkan kreativitas mahasiswa. Jadi coba siapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan bisnis, baik di Indonesia maupun diluar Indonesia nanti, dan bisa ditunjukkan dihadapan para dosen-dosen penguji ketika temen-temen mau masuk Ibnu Haldun University, karena di Ibnu Haldun University ini banyak banget beasiswanya. 

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Home based nya atau prospek kerja nya sudah pasti di Turki terutama di Kota Istanbul. Banyak alumni-alumni angkatan saya yang sudah buka perusahaan juga sama seperti saya di Turki, dan mereka juga ada yang kembali ke negaranya, di negara nya tersebut mereka menjalankan bisnis. Tetapi tetap berhubungan baik dengan negra Turki, seperti pengiriman ekspor impor, maupun penjualan langsung dari Indonesia ke Turki. Insyaa Allah luas banget untuk prospek kerjanya, dan link yang dikasih sama Universitas buat lulusannya juga sangat memadai. Apalagi di Ibnu Haldun Universitas ini ada pelatihan bagi lulusan S2 maupun S3 yang ingin menjadi pengusaha atau menjadi pekerja kantoran, jadi ada seperti career development gitu. 

Rencana dan harapan setelah lulus

Insyaa Allah sekitar satu atau dua tahun kedepan saya akan pulang ke Indonesia untuk mengembangkan bisnis disana, dan membantu membangun Indonesia untuk menjadi lebih baik dan lebih maju. 

Kode konten: C333

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *