Uncategorized

S2 Manajemen Pendidikan UNJ (Elsah)

S2 Manajemen Pendidikan UNJ (Elsah)

Halo sobat intipers! Aku Elsah Fanisyah jurusan S2 Manajemen Pendidikan UNJ / Universitas Negeri Jakarta angkatan 2020. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan S2 Manajemen Pendidikan UNJ itu seperti apa?

Kalau secara umum, manajemen pendidikan itu masih keluarganya manajemen. Jadi ada sendiri jurusan tentang ilmu manajemen, jadi manajemen pendidikan ini ibaratnya cabang dari manajemen tapi kita fokus untuk memanage di bidang pendidikan aja. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Kalau manajemen banyak ada ekonomi, dan lain sebagainya. Jurusan manajemen pendidikan itu hanya fokus untuk memanage tentang pendidikan. 

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan S2 Manajemen Pendidikan UNJ?

Kebetulan memang dari SMK ambil administrasi perkantoran, jadi emang seneng hal-hal tentang manajemen itu suka, terutaman tentang pendidikan karena pengen banget jadi seorang pendidik, oleh karena itu waktu itu di S1 manajemen pendidikan, kemudian S2 tertarik untuk tetap lanjut manajemen pendidikan lagi.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalau tugas kita lebih banyak merancang pendidikan yang bisa disiapkan untuk masa depan, seperti evaluasi pendidikan di masa kini, misalkan kalau tugas yang khas itu kita lebih banyak merancang RPP yang bagus, bikin RPS, metode pembelajaran yang bagus itu seperti apa, kita tidak diajarkan untuk mendidik, tapi merancang pendidikan agar lebih baik.

intipkuliah-web1

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

kalau konsentrasi ke mata kuliah ada, nanti kita dibagi beberapa pilihan, contohnya di semester ini ada 3 mata kuliah pilihan, ada mata kuliah manajemen pendidikan nasional, manajemen sekolah, dan juga manajemen proyek. Jadi mahasiswa di S2 manajemen pendidikan ini, dipersilahkan untuk memilih mau pilih manajemen pendidikan nasional, atau manajemen proyek, orang-orang yang sekarang sedang mengambil S2 manajemen pendidikan mungkin akan bekerja di kemendikbud.

Untuk orang-orang yang ingin fokus di sekolah atau membangun yayasan, bisa ambil manajemen sekolah, jadi ada opsi boleh ambil salah satu, semuanya juga boleh, tapi kalau misalkan mau fokus ke hal-hal yang memang sudah jadi impiannya, bisa pilih salah satu. Kalau saya pribadi, semester ini pilih manajemen pendidikan nasional karena emang tertarik sama kemendikbud gitu.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

kalau jalur masuk di S2 manajemen pendidikan ini ada seleksi umum dan ada dua gelombang. Gelombang satu dan gelombang dua untuk pascasarjana UNJ dan itu semuanya jalur mandiri, jadi cuman ada satu jalur aja yaitu jalur mandiri.

Ada tips buat mahasiswa baru S2 Manajemen Pendidikan UNJ?

Kalau tips dari aku kalau misalkan S2 di manajemen pendidikan ini seru banget, banyak dari mana-mana, kemudian yang daftar S2 manajemen pendidikan ini rata-rata mereka yang udah punya yayasan, atau udah jadi guru, anggota komite, jadi walaupun banyak teman-teman yang sudah rada berumur, karena mereka rata-rata sudah punya pengalaman kerja sebelumya tapi itu justru menambah pengalaman saya pribadi terutama sebagai fresh graduate udah ketemu sama orang-orang yang udah punya yayasan, dan sudah punya pengalaman di bidang pendidikan. 

Tipsnya tentunya di UNJ ini metode belajarnya seru, Jadi baru tau satu mata kuliah itu bisa ada tiga dosen, Seru gitu belajarnya! Metode belajarnya juga mecem-macem, jadi misalkan dari semester awal sampai UTS dosen yang prof, kemudian dari UTS ke UAS itu bisa dosen yang sudah doktor. Jadi belajarnya enggak dosen itu-itu aja. 

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerja bisa jadi guru, administrator sekolah, atau bisa di bidang-bidang pendidikan. Misalkan di perdinasan, pemerintahan, karena di manajemen pendidikan kita tidak hanya bisa menjadi guru, tapi kita bisa menjadi pengelola pendidikan. Bahkan bisa menjadi pengawas pendidikan, asalkan selain kita belajar manajemen pendidikan tentunya kita harus punya pengalaman sebelumnya.

Biasanya kalau teman-teman saya saat ini yang sudah S2, mereka juga menyambi sebagai pengurus yayasan. Ada yang menjadi guru, bendahara sekolah. Jadi bisa merangkap gitu kerjaannya. Prospeknya itu tidak hanya menjadi guru karena ada kata pendidikan.

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

kalau harapan tentunya pengen banget jadi pengelola pendidikan di Indonesia. Ilmu yang telah diperoleh di S1 maupun S2 ini bisa diaplikasikan dan diterapkan. Semoga bisa bekerjasama dengan kemendikbud untuk membuat pendidikan indonesia lebih baik lagi. Saya sendiri pun berasal dari daerah pedesaan dan di kampung, dan tau banget gimana pendidikan disana. Jadi harapannya bisa sedikit membantu pendidikan Indonesia. 

Q&A

  • Seperti apa pandangan kak Elsa terkait dengan bisnis pendidikan yang sekarang marak terjadi?

Pendidikan itu adalah jasa bukan suatu bisnis, makanya kita itu berharap pendidikan dapat mengubah masa depan, tapi ketika pendidikan dijadikan bisnis ada hal-hal tertentu. Tentunya hal ini kembali kepada integritas masing-masing pihak atau stakeholder yang ada di tingkat pemerintah, di sekolah negeri ataupun swasta, tentunya tidak mungkin jika mengamalkan ilmunya dengan baik dan insya Allah jika ilmunya berkah, tentunya orang tersebut tidak akan berani membisniskan pendidikan. Orang pendidikan yang paham sekali bagaimana makna suatu pendidikan itu pasti dia akan memikirkan pendidikan itu adalah sebuah jasa bukan suatu bisnis yang bisa di tawar-tawar, dan bisa katakan pendidikan is not for sale, karena pendidikan adalah jasa, kita ngasih pelayanan ke murid-murid, ke masyarakat, upaya mencerdaskan bangsa. Jadi tidak dibenarkan untuk melakukan bisnis.

  • Ruang guru gimana kak?

kalau ruang guru dari pandangan saya pribadi, sebenernya adalah salah satu revolusi dari bimbel-bimbel yang offline selama ini, kalau kita kan dari jaman masih kecil ada bimbel-bimbel macam calistung, belajar bahasa inggris, kemudian sekarang dengan adanya ruang guru beralih menjadi online, jadi seolah-olah bimbel yang sudah offline ini tidak lagi banyak peminatnya karena orang sudah beralih ke dunia digital yang tidak perlu datang lagi ke tempat gurunya. 

Kode konten: C399

Komen dibawah! 17

  1. nur alifah

    Assalammualaikum. kak saya alifah berencana mau masuk s2. Saya mau nanya. untuk materi tes untuk masuk s2 manajemen pendidikan itu apa sajah ya kak yang perlu dipersiapkan.
    terimakasih. wassalammualaikum.

  2. Elsah Fanisyah

    Waalaikumussalam wr.wb Hi Alifah, kalau untuk tes masuk ke S2 Di kampus saya sendiri itu ada 2 yaitu Tes potensi akademik dan tes bahasa inggris. Kemudian untuk sekedar menambah informasi ditahun 2020 ketika baru pandemi covid-19 ujiannya hanya online dengan mensubmit proposal tesis saja, tapi tahun ini sudah ujian seperti biasa (TPA dan B.Ing) dengan sistem masih online juga. Note *Disetiap kampus biasanya kebijakannya beda-beda yaa, tergantung kampus yang mau kamu tuju, semangat. Semoga jawaban ini membantu 🙂

  3. Huda

    Untuk biaya kuliah apa bisa per bulan? Apa harus dibayarkan per semester. Terimakasih

  4. Elsah Fanisyah

    Hi Huda, terima kasih pertanyaannya. Untuk biaya kuliah s2 manajemen pendidikan di pasca universitas negeri Jakarta dibayarnya persemester ya.

  5. Untung Suprapto

    Halo, Mbak Elsah Fanisyah. Saya Untung Suprapto bertanya mengenai kiat – kiat untuk menyusun rancangan penelitian dan kiat – kiat untuk menyusun proposal tesis yang baik dan benar di Magister Manajemen Pendidikan UNJ. Terima kasih.

    • Elsah Fanisyah

      Halo selamat sore mas Untung, untuk kiat-kiat penelitian tesis ini untuk digunakan saat mendaftar di unj atau sudah menjadi mahasiswa ya mas?

  6. Untung Suprapto

    Halo, Mbak Elsah. Terima kasih telah merespon pertanyaan dari saya. Apakah saya boleh mengetahui kiat – kiat menyusun penelitian tesis saat mendaftar dan saat telah menjadi mahasiswa / mahasiswi Magister Manajenen Pendidikan di UNJ ? Terima kasih.

    • Elsah Fanisyah

      Mohon maaf mas untung saya baru cek kembali web ini, semoga informasinya masih bisa terpakai ya
      Untuk kiat-kiat penulisan tesis baik saat mendaftar dan setelah menjadi mahasiswa yang pertama harus sangat diperhatikan panduan penulisan tesis yang telah diberikan, kemudian untuk judul dan isinya bisa menyesuaikan dengan ketertarikan mas untung ingin meneliti apa dan apakah terdapat state of the art pada penelitian yang akan diteliti tersebut. Selanjutnya jangan lupa belajar untuk menggunakan mendeley atau zotero dalam pengutipan ya karena sangat membantu dan Di pasca UNJ sendiri itu termasuk aturan yang perlu diikuti dalam penulisan.

      Terima kasih

  7. Rafel

    Halo kak, apakah dalam tahap seleksi penerimaan mahasiswa S2 Manajemen Pendidikan ini ada mahasiswa yang tidak lolos? Jika iya, kira-kira penyebabnya apa ya Kak?

    • Elsah Fanisyah

      Hi Rafel, terima kasih pertanyaannya.
      Penyebab mengapa bisa tidak diterima itu karena tidak memenuhi nilai standar kelulusan ya, sama seperti mendaftar S1 jika nilai tidak memenuhi maka tidak diterima.

  8. April Lase

    Hallo kak. Saya memiliki dua gelar sarjana. S1 Manajemen dan S1 PGSD. Sebaiknya kalau saya mau masuk S2 Manajemen Pendidikan, saya pakai ijazah apa? Terima kasih.

    • Elsah Fanisyah

      Hi April terima kasih pertanyaannya, untuk s2 manajemen pendidikan kamu bisa mendaftar memakai ijazah yang manajemen atau yang PGSD ya, karena kebetulan kedua jurusan yang kamu ambil juga bisa banget untuk ambil s2 manajemen pendidikan, yang satu manajemen umum satunya memang bidang pendidikan jenjang SD.
      Semoga jawabannya membantu.

  9. Siti

    Apa s2 di unj bisa 1.5 tahun?

    • fanisyahelsah

      Hallo siti terima kasih pertanyaannya, kalau benar-benar 1.5 tahun sudah sampai tahap ujian tesis jika berdasarkan tahap-tahap yang perlu dilewati sepertinya tidak ya. Tapi jangan khawatir tetap bisa lulus kurang dari 2tahun insyaallah, asal sungguh-sungguh dan punya tekad yang kuat ya.

  10. Vita

    Halo kak Elsa, sebelumnya terima kasih sudah berbagi informasi yg sangat bermanfaat. Saya izin bertanya.
    Untuk biaya kuliah S2 Manajemen Pendidikan di UNJ berapa ya kak di tahun 2022 ini? Mohon infonya kak🙏🏼
    Dan untuk akreditasi S2 MP UNJ skrg ini apa ya kak?

    Terima kasih🙏🏼😊

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.