Uncategorized

S2 Manajemen Pendidikan UNJ (Elsah)

S2 Manajemen Pendidikan UNJ (Elsah)

Halo sobat intipers! Aku Elsah Fanisyah jurusan S2 Manajemen Pendidikan UNJ / Universitas Negeri Jakarta angkatan 2020. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan S2 Manajemen Pendidikan UNJ itu seperti apa?

Kalau secara umum, manajemen pendidikan itu masih keluarganya manajemen. Jadi ada sendiri jurusan tentang ilmu manajemen, jadi manajemen pendidikan ini ibaratnya cabang dari manajemen tapi kita fokus untuk memanage di bidang pendidikan aja. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Kalau manajemen banyak ada ekonomi, dan lain sebagainya. Jurusan manajemen pendidikan itu hanya fokus untuk memanage tentang pendidikan. 

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan S2 Manajemen Pendidikan UNJ?

Kebetulan memang dari SMK ambil administrasi perkantoran, jadi emang seneng hal-hal tentang manajemen itu suka, terutaman tentang pendidikan karena pengen banget jadi seorang pendidik, oleh karena itu waktu itu di S1 manajemen pendidikan, kemudian S2 tertarik untuk tetap lanjut manajemen pendidikan lagi.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalau tugas kita lebih banyak merancang pendidikan yang bisa disiapkan untuk masa depan, seperti evaluasi pendidikan di masa kini, misalkan kalau tugas yang khas itu kita lebih banyak merancang RPP yang bagus, bikin RPS, metode pembelajaran yang bagus itu seperti apa, kita tidak diajarkan untuk mendidik, tapi merancang pendidikan agar lebih baik.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

kalau konsentrasi ke mata kuliah ada, nanti kita dibagi beberapa pilihan, contohnya di semester ini ada 3 mata kuliah pilihan, ada mata kuliah manajemen pendidikan nasional, manajemen sekolah, dan juga manajemen proyek. Jadi mahasiswa di S2 manajemen pendidikan ini, dipersilahkan untuk memilih mau pilih manajemen pendidikan nasional, atau manajemen proyek, orang-orang yang sekarang sedang mengambil S2 manajemen pendidikan mungkin akan bekerja di kemendikbud.

Untuk orang-orang yang ingin fokus di sekolah atau membangun yayasan, bisa ambil manajemen sekolah, jadi ada opsi boleh ambil salah satu, semuanya juga boleh, tapi kalau misalkan mau fokus ke hal-hal yang memang sudah jadi impiannya, bisa pilih salah satu. Kalau saya pribadi, semester ini pilih manajemen pendidikan nasional karena emang tertarik sama kemendikbud gitu.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

kalau jalur masuk di S2 manajemen pendidikan ini ada seleksi umum dan ada dua gelombang. Gelombang satu dan gelombang dua untuk pascasarjana UNJ dan itu semuanya jalur mandiri, jadi cuman ada satu jalur aja yaitu jalur mandiri.

Ada tips buat mahasiswa baru S2 Manajemen Pendidikan UNJ?

Kalau tips dari aku kalau misalkan S2 di manajemen pendidikan ini seru banget, banyak dari mana-mana, kemudian yang daftar S2 manajemen pendidikan ini rata-rata mereka yang udah punya yayasan, atau udah jadi guru, anggota komite, jadi walaupun banyak teman-teman yang sudah rada berumur, karena mereka rata-rata sudah punya pengalaman kerja sebelumya tapi itu justru menambah pengalaman saya pribadi terutama sebagai fresh graduate udah ketemu sama orang-orang yang udah punya yayasan, dan sudah punya pengalaman di bidang pendidikan. 

Tipsnya tentunya di UNJ ini metode belajarnya seru, Jadi baru tau satu mata kuliah itu bisa ada tiga dosen, Seru gitu belajarnya! Metode belajarnya juga mecem-macem, jadi misalkan dari semester awal sampai UTS dosen yang prof, kemudian dari UTS ke UAS itu bisa dosen yang sudah doktor. Jadi belajarnya enggak dosen itu-itu aja. 

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerja bisa jadi guru, administrator sekolah, atau bisa di bidang-bidang pendidikan. Misalkan di perdinasan, pemerintahan, karena di manajemen pendidikan kita tidak hanya bisa menjadi guru, tapi kita bisa menjadi pengelola pendidikan. Bahkan bisa menjadi pengawas pendidikan, asalkan selain kita belajar manajemen pendidikan tentunya kita harus punya pengalaman sebelumnya.

Biasanya kalau teman-teman saya saat ini yang sudah S2, mereka juga menyambi sebagai pengurus yayasan. Ada yang menjadi guru, bendahara sekolah. Jadi bisa merangkap gitu kerjaannya. Prospeknya itu tidak hanya menjadi guru karena ada kata pendidikan.

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

kalau harapan tentunya pengen banget jadi pengelola pendidikan di Indonesia. Ilmu yang telah diperoleh di S1 maupun S2 ini bisa diaplikasikan dan diterapkan. Semoga bisa bekerjasama dengan kemendikbud untuk membuat pendidikan indonesia lebih baik lagi. Saya sendiri pun berasal dari daerah pedesaan dan di kampung, dan tau banget gimana pendidikan disana. Jadi harapannya bisa sedikit membantu pendidikan Indonesia. 

Q&A

  • Seperti apa pandangan kak Elsa terkait dengan bisnis pendidikan yang sekarang marak terjadi?

Pendidikan itu adalah jasa bukan suatu bisnis, makanya kita itu berharap pendidikan dapat mengubah masa depan, tapi ketika pendidikan dijadikan bisnis ada hal-hal tertentu. Tentunya hal ini kembali kepada integritas masing-masing pihak atau stakeholder yang ada di tingkat pemerintah, di sekolah negeri ataupun swasta, tentunya tidak mungkin jika mengamalkan ilmunya dengan baik dan insya Allah jika ilmunya berkah, tentunya orang tersebut tidak akan berani membisniskan pendidikan. Orang pendidikan yang paham sekali bagaimana makna suatu pendidikan itu pasti dia akan memikirkan pendidikan itu adalah sebuah jasa bukan suatu bisnis yang bisa di tawar-tawar, dan bisa katakan pendidikan is not for sale, karena pendidikan adalah jasa, kita ngasih pelayanan ke murid-murid, ke masyarakat, upaya mencerdaskan bangsa. Jadi tidak dibenarkan untuk melakukan bisnis.

  • Ruang guru gimana kak?

kalau ruang guru dari pandangan saya pribadi, sebenernya adalah salah satu revolusi dari bimbel-bimbel yang offline selama ini, kalau kita kan dari jaman masih kecil ada bimbel-bimbel macam calistung, belajar bahasa inggris, kemudian sekarang dengan adanya ruang guru beralih menjadi online, jadi seolah-olah bimbel yang sudah offline ini tidak lagi banyak peminatnya karena orang sudah beralih ke dunia digital yang tidak perlu datang lagi ke tempat gurunya. 

Kode konten: C399

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *