Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Malang

S2 PAI Universitas Islam Malang (Rif’an)

S2 PAI Universitas Islam Malang (Rif’an)

Halo sobat intipers! Aku Rif’an Kholili dari jurusan S2 PAI Universitas Islam Malang 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan S2 PAI Universitas Islam Malang seperti apa?

Secar garis besar, jurusna pendidikan agama islam di S2 ini sebenernya yaitu menyambung dari jurusan pendidikan agama islam di S1 sih sebenernya. Jadi jurusan pendidikan agama islam sendiri kalau misalkan kalian tidak tau pandangannya ‘oh jurusan pendidikan agama islam mungkin tujuannya untuk ustadz ataupun pimpinan dan lain sebagainya’.

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Jadi sebenernya jurusan pendidikan agama islam sendiri iru mencakup secara luas baik didalam sosial ataupun kedalam pendidikannya, jadi nantinya bisa jadi guru ataupun dosen, bahkan bisa menjawab di KUA ataupun kemenag nantinya. Dan di jurusan pendidikan agama islam sendiri, yang dibahas tentunya tentang agama islam sendiri entah itu masalah sosial dalam fiqihnya, jadi lebih ke seharian, bagaimana sih peran masyarakat dalam sehari-hari iru hukumnya bagaimana, semacam itu untuk pendidikan agama islamnya sendiri.

Tapi disisi lain juga tidak mencakup hanya pendidikan agama islam saja, tapi ada pembelajaran secara umum, terdapat juga filsafat. Filsafatnya bukan hanya filsafat islam, ada juga filsafat umum, jadi membandingkan pemikiran-pemikiran dari orang-orang islam, dan juga tokoh filsafat umum, itu nanti titik temunya bagaimana. Jadi bukan hanya agama islam saja, tapi juga ada pembahasan tentang pemikiran, selain itu juga ada pembahasan tentang sosial, sosiologi secara umum, sosiologi secara islam, itu dipelajari di pendidikan agama islam.

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan S2 PAI Universitas Islam Malang?

Untuk alasan sendiri sih karena dulu saya mulai SMA memang basicnya lebih dominan di pendidikan agama islam sendiri, jadi untuk masalah pelajaran bahasa arab, fiqih, pelajaran agam islam sendiri itu sangat ingin mendalami. Jadi kemudian masuk perkuliahan ingin masuk pendidikan agama islam dan ingin mendalami apa itu yang agama islam secara sosial, maupun lain-lainnya. Untuk S1 sendiri saya mengambil pendidikan agama islam, jadi S2 ini saya nyambung dan agar linier, dan untuk kedepannya prospek kerjanya kalau linier lebih mudah.

pmb2-min

Untuk perbedaan S1 dan S2 pasti ada, tapi untuk pembelajaran dan mata kuliah sebenarnya hampir mirip, cuman untuk S2 nya itu lebih tinggi lagi tingkatannya, jadi lebih ke penelitian, jadi S2 itu lebih banyak tugas-tugas dan lainnya. Kalau dulu mungkin misal ada fenomena apa yang terdapat di masyarakat dan bagaimana hukumnya misal secara fikiah, dan kita ulas bersama-sama, dan dicari sumbernya bagaimana harus mengambil dari kitab dan lain sebagainya. Kalau S2 ini lebih banyak melakukan riset dan lain sebagainya, dan tugas-tugasnya banyak riset lapangan.

Mata kuliah dan tugas yang khas di jurusan ini?

Kalau menurut saya, kalau misal mata kuliah itu sendiri yang paling berkesan karena saya lebih suka pengamatan itu namanya mata kuliah mashailul fikiah, membahas tentang masalah-masalah di lingkungan, entah itu masalah adab, budaya, yang mungkin sedang dibincangkan, nah itu nanti diulas juga di mata kuliah itu sendiri, dan yang saya sukai juga mata kuliah filsafat, karena saya sendiri juga suka tentang pemikiran-pemikiran orang luar itu seperti apa, secara umum seperti apa, disitu nanti jika kita sudah menggabungkan dua pemikiran filsafat seorang filsuf, entah dari islam atau umum, nanti kita akan mempunyai titik temu itu sendiri, nanti kita udah tau tidak menyalahkan, kita bisa ambil jalan tengahnya dari pemikiran filosof itu sendiri.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau untuk S2 pendidikan agama islam itu sebenernya ada peminatan, untuk pendidikan agama islam sendiri nanti konsentrasinya lebih kaya mislan nanti terjunnya itu ke lapangan misal seperti pengawas madrasah atau kepala sekolah, atau bisa menjadi dosen, dan lain sebagainya. Nanti ada peminatan lain yaitu manajemen, manajemen itu nanti yang bisa mengelola suatu lembaga atau yayasan. Jadi ada manajemen dan pendidikan agama islam itu sendiri, tapi masih linier atau masih nyambung, nanti bedanya ketika di lapangan itu sendiri.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Kalau jalur masuk untuk S2 sendiri sih untuk di Unisma ada tes akademik, nanti tes akademiknya menyeluruh, nanti kita juga ada tambahan, kalau masuk melalui madrosah diniyah itu nanti ada tes baca kitab dan juga mengartikan atau memaknai kitab itu sendiri. Tapi kalau misal secara reguler nanti ada tes akademik mencakup macam-macam. Kalau S1 untuk masuknya hampir sama, nanti ada tes akademik, dan juga ijazah yang sudah memenuhi kriteria, kalau sudah masuk, nanti disaring lagi melalui bahasa arab, jadi nanti kalau udah masuk ada tes bahasa arab untuk penentuan kelas.

Ada tips buat mahasiswa baru S2 PAI Universitas Islam Malang?

Mungkin tipsnya untuk S2 maba, ataupun S1 PAI. Kalau di S1 PAI itu sendiri kadang di tengah-tengah perkuliahan itu merasa salah jurusan, karena mungkin tidak bisa bicara, untuk menjadi guru, tapi kalau untuk jadi S2 pasti sudah mengalami yang terjadi di S1 sendiri. Jadi untuk tipsnya tetap semangat, konsisten, karena kalau S2 itu pasti lebih full, karena kalau sudah lulus S1 pastinya kalau sudah lulus S1 sudah menyambi kerja, dan lain-lain, jadi harus bisa lebih memanage waktu agar bisa terkontrol agar bisa selesai tepat pada waktunya.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Prospek kerja jurusan?

Untuk prospek kerja sendiri sebenernya lebih banyak di pendidikan, jadi guru, kepala sekolah. Tapi untuk S2, prospeknya bisa luas, bisa jadi dosen, pengawas madrasah, pengawas lembaga, pimpinan yayasan, dan juga yang paling bisa untuk PNS nya bisa masuk kemenag, salah satu syaratnya jurusan PAI, dan juga bisa menjadi pembicara ataupun kaya sharing diskusi menjadi narasumber, atau kaya memimpin sesuatu pondok dan lain-lain.

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

 Kalau untuk setelah tesis selesai niatnya ambil dosen ataupun ingin jadi pengawas madrasah, ataupun ingin jadi pimpinan yayasan, ingin memenajaemen suatu lembaga.

 

Q&A

  1. Kesulitan-kesulitan seperti apa yang ada di S2 PAI? Kemudian, apakah ada kesulitan jika ingin melanjutkan PAI jika bukan lulusan pondok?

Untuk kesulitan kuliah di S2 terkadang yang seperti saya bilang tadi, itu kadang masalah manage waktu, soalnya di S2 sendiri kan saya sudah nyambi di instansi, dan juga untuk S2 nya sendiri didalam perkuliahan itu perihal riset kan mau gak mau harus terjun, kadang itu bentrok antara waktu di instansi dan kapan waktu penelitian, mungkin kadang kesulitannya disitu. Tapi untuk syarat masuk PAI sendiri gak harus luusan pondok pesantren, meskipun basicnya SMA umum, itu nanti secara otomatis kan sudah ada pengetahuan tentang islam, entah itu tentang dasar, nanti kalau di S2 bisa melanjtukna, nantikan ada bimbingan tersendiri, pasti bisa mengikuti ketika sudah masuk. Kadang kalau lulusan pondok pesantren itu pelajaran yang ada di perkuliahan dan di pondok ada yang berbeda, nanti akan lebih kritis lagi, banyak kok temen-temen aku ada yang dari SMA umum, masuk di jurusan PAI, jadi bisa aja.

 

 

Kode konten: C640

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *