S2 PGPAUD UPI (Ririn)

Halo sobat intipers! Aku Ririn Hunafa Lestari, saya lulusan S2 PGPAUD UPI. S1nya juga sama PGPAUD UPI. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Secara umum, jurusan S2 PGPAUD UPI itu seperti apa?

Pembelajaran S2 PAUD di UPI itu hampir sama kaya waktu PGPAUD di S1, cuma kita memperdalam lagi. Kalau di S1 kita cakupannya masih nasional, tapi kalau di S2 kita memperdalam lagi. Di S1, mungkin kita kalau nyaris buku itu yang terjemahan, kalau S2 kita memang harus mencari buku yang ditulis penulisnya langsung. Kita bener-bener memperdalam ilmu di PAUD. Mata kuliahnya sama sih, hanya konten mata kuliahnya lebih dalam dan menggali ilmu dari luar. Jadi, tidak ada mata kuliah yang berbeda jauh secara signifikan. 

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan S2 PGPAUD UPI?

Semenjak S1, dari dosen ada dorongan untuk lanjut ke S2. Kalau di jurusan kita, jadi lulusan yang banyak dicari. Saya merasakan ketika di awal masuk S2 saja lowongan itu sangat banyak, jadi saya melihat peluang yang besar. Banyak universitas yang memiliki jurusan PGPAUD itu butuh dosen lulusan S2 yang bener-bener linear. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari PGPAUD UPI?

Di S2, mata kuliahnya itu hampir sama dengan S1. Bedanya kalau S1 lebih spesifik, S2 lebih global. Misalnya mata kuliah bermain dan perkembangan anak, di S1 kita membahas perkembangan bahasa anak seperti apa, perkembangan kognitif seperti apa, dsb. Sedangkan, kalau di S2 kita udah Bener-bener mencakup keseluruhannya, dengan konten yang lebih luas, gak hanya secara nasional tapi internasional. 

Praktik di S2 pasti berbeda dengan S1. Kalau S1 biasanya observasi ke TK, sedangkan kalau S2 kita mengaplikasikan ilmu yang diterima ke guru. Misalnya, saya pernah di salah satu mata kuliah bermain dan perkembangan anak, tugasnnya itu saya harus membuat workshop untuk guru-guru. Jadi hal yang sudah kita pelajari di S2, dan sudah didapat di S1 kita gabungkan dan aplikasikan untuk diberikan kepada guru. Misalnya, kita nemu satu hal yang baru di luar, terus kita terapin di Indonesia itu bisa atau enggak. Jadi, kita menyampaikan dan terapkan hal itu kepada guru, nanti dari guru diterapkan ke anak. 

pmb2-min

Pembelajaran di S2 itu lebih banyak membedah jurnal internasional, karena targetnnya itu lebih bisa menglobal. Ketika kita punya satu masalah kita bisa cari solusinya dengan melihat referensi dari negara lain. Karena dosen kita itu banyak lulusan dari luar negeri, sehingga banyak juga dos tamu dari luar negeri yang berbagi ilmu dengan kami. Terkadang kita membedah tapi kita juga diskusi dengan dosen tamu juga. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Di S2 udah gak ada, biasanya lebih ke minat. Misalnya, saya lebih seneng tentang keterlibatan ayah dengan pendidikan anak usia dini. Jadi kita udah mengerucut ke bidang atau fokus yang akan kita tekuni dan minati masing-masing.  

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Proses pendaftaran S2 berbeda dengan S1, kalau S2 itu hampir sama jurusan S2 lain yang di UPI. Kita tetep mengikuti tes bahasa Inggris dan psikotes. Jadwal tesnya sendiri biasanya dimulai dari sekitar bulan Mei. Info lebih lanjut bisa search aja sekolah pascasarjana PAUD UPI. 

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Ketika kalian ingin belajar lagi ilmu tentang PAUD, lebih baik lanjut ke S2. Kita akan lebih diperkenalkan lagi dengan ilmu-ilmu yang tidak didapatkan di S1. Kalau ingin lebih dan punya mimpi silakan masuk ke S2 UPI. Dari segi pembelajarannya pun lebih memperdalam lagi yang kita pelajari. Misalnya, S1 itu dasarnya aja, S2 itu kita mencari maknanya. Peluang untuk menjadi lebih baik itu sangat banyak, khususnya di Indonesia. Di berbagai wilayah bener-bener membutuhkan lulusan yang linear PGPAUD. Kalau saya bermimpi tidak hanya menjadi guru, tapi menjadi guru dari calon pendidik. 

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerja lulusan S1 itu biasanya kalau tidak jadi guru itu jadi pengelola PAUD. Bisa mengelola kurikulum, tata kelola PAUD, baik itu media, pembelajaran dan metode. Kalau untuk S2, bisa jadi dosen. Ketika kita sudah punya fokus kajian, kita bisa menjadi istilahnya penasihat dari TK ketika guru-guru perlu untuk dibimbing. Kemudian, bisa menjadi pembicara dan ada yang jadi PNS dan menaungi satu organisasi untuk PAUD dalam lingkup ASEAN. 

Harapan dan rencana ke depannya?

Kalau untuk jangka pendek, ketika kita udah lulus S2, mencari pekerjaan dengan menjadi dosen, mengajar, melakukan penelitian. Untuk jangka panjang, saya melihat prospek di jurusan ini, ingin lanjut S3 karena masih minim juga yang linear dari PGPAUD dari S1 sampai S3nya. 

 

Kode Konten: C277

Komen dibawah! 2

  1. Cindy

    Kak apa persyaratan masuk S2 PGPAUD UPI?. Mohon jawabannya

  2. hunafaririn

    untuk persyaratan yang khusus gak ada, cuman tes bahasa inggris sama tkda yang diadain SPs UPI aja

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *