Farmasi, Institut Teknologi Bandung

Sains dan Teknologi Farmasi ITB (Atik)

Sains dan Teknologi Farmasi ITB (Atik)

Hai Intipers! Aku Atik Pereztia Sains dan Teknologi Farmasi ITB (Institut Teknologi Bandung). Banyak orang kira STF belajarnya tentang hanya tentang obat, tapi ternyata belajar juga tentang kosmetik, suplemen dan konseling ke pasien. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Apa aja yang dipelajari di jurusan Sains dan Teknologi Farmasi ITB?

Belajar tentang obat, belajar kimia, fisika sama biologi juga. Kalau di ITB, Farmasi itu ada dua jurusan yaitu Sains dan Teknologi Farmasi sama Farmasi Klinis dan Komunitas. Sains dan Teknologi Farmasi itu products-oriented yang belajar tentang cara bikin obat. Farmasi Klinis dan Komunitas patient-oriented yang belajar cara menyampaikan obatnya ke pasien.

Konsentrasi yang ada di STF ITB

Ada 5 kelompok keahlian yang bisa kamu pilih, yaitu:

  1. Biologi farmasi yang belajar tentang cara mengefektifkan produksi obat.
  2. Farmasetika yang belajar cara mengembangkan produk obat.
  3. Farmasi kimia yang berfokus pada analisis dan pengujian obat.
  4. Olahraga yang berfokus pada obat di bidang olahraga bahkan atlitnya.
  5. Farmasi klinis yang berfokus pada cara obat tersampaikan ke pasien.

Tugas kuliahnya kaya gimana?

Tugasnya ada buat makalah, presentasi. Paling dominan itu praktikum yang menghasilkan laporan praktikum.

Apa mata kuliah dan dosen favorit aku?

Mata kuliah favorit itu farmasetika dasar yang belajar dasar-dasar membuat obat. Ada praktikumnya juga mata kuliah ini, uniknya itu satu-satunya praktikum yang sifatnya individual. Kalau dosen favorit itu banyak, ya.

Apa tantangan terbesar kuliah di jurusan ini menurutku?

Tantangan yang dirasa itu lebih pada time management apalagi iklim akademik STF itu padat. Kalau mau aktif di organisasi jadi harus bisa manajemen waktu yang baik.

Prospek kerja / alumni kerja dimana aja?

Alumni ada yang bekerja menjadi akademisi yaitu dosen. Ada juga yang bekerja di bidang industri kosmetik, obat, makanan. Nah, ada juga yang di instansi pemerintahan seperti Kementerian Kesehatan, dan BPOM.

Tips buat kamu yang udah masuk jurusan ini?

Tips nya buat maba itu harus belajar pinter-pinter membagi waktu dan jangan menunda-nunda tugas, ya!

Kode Konten: X164

 

 

Komen dibawah! 16

  1. Katherine Estrella

    Hai kak Atik! Kenalin aku Katherine. Banyak banget rasanya pertanyaan yang pengen aku ajuin ke kakak, tapi beberapa dulu deh yang paling penting hehe. Aku mau nanya kak, peluang masuk ITB Saintek Farmasi iti besar ga kak, lalu kak Atik kemarin masuk melalui jalur apa? Boleh sharing ga kak? Aku kepengen banget masuk ITB tapi nilai aku ga yang bagusss bangett. Terima kasih banyakk kak Atik, salam kenal.

    • atikpereztia

      Halo Katherine, salam kenal yaaa..
      Mungkin aku mau sharing sesuai pengalaman aku aja yaaa..
      Buat peluang masuk SF ITB sebenernya besar banget, siapa yang mau berusaha pasti bisaa. Jangan pesimis dulu perihal nilai, tetep berusaha yg terbaik aja.
      Dulu pas SMA, aku bukan juara kelas, nilaiku juga pas-pasan banget. Trus pas SNMPTN, aku coba daftar aja di SF ITB ga peduli sainganku seberapa pintar. Yang aku tanamin di diri aku, seengaknya aku udah mencoba daftar, daripada nanti menyesal karena ga daftar, soal hasil nanti Tuhan yang berikan yang terbaik. Sembari menunggu pengumuman SNMPTN, aku juga belajar buat SBMPTN buat worst case nya aku ga diterima SNMPTN. Tapi alhamdulillah aku diterima SF ITB lewat jalur SNMPTN.

      Saran aku, fokus aja sekarang kamu pengen masuk kemana, trus siapin buat persyaratannya. Jangan takut buat mencoba, dan hasilnya serahin ke Tuhan.
      Aku yakin Katherine pasti bisaa

  2. Vina

    Kak, aku pengen masuk farmasi. Tapi kadang aku suka lieur gitu kalo pelajaran kimia wkwkw. Pengen ambil tapi aku takut susah jalaninnya nanti. Menurut kakak gimana?

    • atikpereztia

      Halo Vina, lieur ketika belajar hal yang normal kok, pertanda kalo kita sedang belajar memahami sesuatu.. kalo memang Vina niat dan punya motivasi besar buat masuk farmasi, kesulitan buat belajar kimia pasti bisa dilewati.. bisa nanya ke temen, kating, atau dosen kalo misal Vina belum faham.. intinya asal ada kemauan pasti ada jalan..

      fyi di farmasi belajarnya ga hanya kimia ajaa lhoo ?

      • Vina

        Ooh gitu kak ya.. sipp kak.. makasih banyak sarannya ☺️?

      • Nazwa

        halo kak mau nanya, untuk masuk Farmasi ITB itu harus nonjolin matapelajaran kimia atau fisika juga ya? karena aku dgr2 farmasi di ITB tuh harus nonjolin fisika nya. terimakasih kak sebelumnya

        • Atik Pereztia Litanjuasari

          Harus seimbang ya antara kimia sama fisikanya soalnya saling berkaitan. Di farmasinya sendiri nanti bakal belajar tentang fisika dan kimia jugaa, jadi harus belajar semuanyaa..

  3. Fera

    Ada jalur ekstensi nya ga ya yg dr d3 ke s1

  4. Maula

    Halo ka atik,kenalin nama aku Maula Hehe aku pengen banget masuk ITB plus pengen keterima di jurusan farmasi nya?Ka atik mau nanya dong itu nilai rata rata ITB berapa ka?

    • atikpereztia

      Untuk nilai rata rata itu ga ada patokan standarnya, soalnya tiap sekolah juga punya patokan sendiri sendiri kan. Maula bisa belajar lebih tekun lagi, banyakin latihan soal supaya nanti nilainya bagus dan bisa masuk ITB.
      Ditunggu kabar baiknya yaa?

  5. Maula

    Oh iya ka atik satu lagi aku mau nnya?kalo kita ambil farmasi di ITB, fakultas nya masih fakultas kesehatan kan? Apa beda?
    Makasiihh Hehe:*

  6. Ajeng

    Assalamualaikum ka atik, ka aku mau tanya sekarang aku maba mtk di upi, itu bukan pilihan pertamaku, nah tahun depan saya mau coba lagi untuk masuk farmasi itb karena latar belakang keluarga. Namun, saya merasa sayang kalo jurusan sekarang ini dilepas. Saya berencana untuk kuliah dua jurusan di dua kampus, menurut kaka apakah mungkin bisa? Tapi saya ga pintar” amat ka, mungkin pernah ada cerita yang kuliah dua jurusan di itb dan kampus lain, makasih banyak ka

    • atikpereztia

      Halo Ajeng, selamat ya sudah merasakan indahnya menjadi mahasiswa baru.
      Berdasar pengalaman aku, di farmasi itu jadwalnya cukup padet, biasanya kuliah masuk jam 7 sampe siang, lanjut praktikum sampe sore. Ga menutup kemungkinan sih sebenernya untuk ambil double degree, asalkan dari diri kamu siap komitmen untuk bagi waktu. Semangaat ?

  7. Wegha Agustriyani

    Hallo Kak Atik, perkenalkan nama saya Wegha, sekarang saya kelas 12 bntr lg lulus nih hehee…bersekolah di SMK Farmasi di salah satu sekolah d Subang, mau melanjutkan tpi masih bingung.. Mau tanya lulusan SMK di ITB Khususnya di jurusan Farmasi peluang di terimanya besar tidak ya kak untuk tahun ini 2021? dan jika nnti lulus gelarnya S. Farm apa gimana kak? Terus bisa jelaskan perbedaan antara PTS dan FKK dari mulai matkul, cara belajar, prospek kerja kedepanya dan lainya? Semoga di jawab semua pertanyaanku. Terima kasih ?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *