Geografi, Universitas Pendidikan Indonesia

Sains Informasi Geografi UPI (Ghefira)

Sains Informasi Geografi UPI (Ghefira)

Hai intipers! Aku Ghefira Faza Salsabila dari jurusan Sains Informasi Geografi UPI

Apa aja yang dipelajari di jurusan Sains Informasi Geografi UPI?

Jurusan ini sering juga disebut SAIG dan termasuk baru karena berdiri pada tahun 2018, kita secara garis besar belajar tentang geografi, khususnya belajar mengolah data geospasial menjadi sebuah informasi yang divisualisasikan menjadi peta. Ada 4 konsentrasi yang bisa dipilih di semester 6:

  1. Sistem informasi geografi, mempelajari mengolah informasi pada sebuah sistem
  2. Penginderaan jauh, belajar cara mendapatkan data tanpa kontak langsung dengan objek
  3. Kartografi, belajar membuat peta yang baik dan benar sesuai kaidah
  4. Survey pemetaan, belajar mempelajari pengukuran yang ada di permukaan bumi

[Versi video artikel]

psikologi uin

Tugas kuliahnya di Sains Informasi Geografi UPI kaya gimana?

Tugasnya membuat paper, analisis jurnal internasional dan laporan praktikum. Laporan praktikum sehubungan dengan banyaknya observasi ke lapangan.

Apa mata kuliah dan dosen favorit aku?

Dosen favorit itu Pak Lili, yang mendirikan prodi SAIG jadi yang mengetahui semua tentang prodi SAIG di UPI itu beliau. Mata kuliah favorit Fotogrametri yang hampir sama seperti penginderaan jauh, jadi kita belajar fotografi dalam hal pemetaan. Kita belajar mengukur suatu objek menggunakan foto, jadi bisa rekonstruksi 3 dimensi, memetakan objek-objek dengan foto begitu kurang lebih.

Apa tantangan terbesar kuliah di jurusan ini menurutku?

Tantangannya itu lebih pada fisik, karena banyak terjun langsung di lapangan. Selain fisik, waktu menganalisis, terus karena gak hanya belajar tentang ilmu alam, ilmu fisik, tapi ada sosialnya juga ada juga seni dalam membuat peta, nah itu tantangannya.

Prospek kerja / alumni kerja dimana aja?

Prospek kerjanya luas karena informasi lokasi dimana-mana dibutuhkan. Bisa bekerja di BIG atau LAPAN atau sektor lainnya yang di bidang pemetaan lokasi.

Tips buat kamu yang mau masuk jurusan ini?

Tips harus niat dan tekad yang kuat. Harus mengenal terlebih dahulu jurusan yang dipilih, jadi pas masuk jurusan gak kaget dan sudah siap menerima segala konsekuensi.

Kode Konten: Y156

Komen dibawah! 6

  1. Dita Adianto

    Kak, jurusan SAIG kan belum terakreditasi, apakah kk khawatir bagaimana kerjanya setelah tamat nanti? Terimakasih kak

  2. Teguh Budiman

    Kak, apakah prodi SaIG sudah dapat menerima calon mahasiswa penerima KIP-Kuliah? Terima kasih kak)

  3. Alvian Aji

    Bismillah bantu jawab ya, saya Alvian Aji mahasiswa SaIG angkatan 2018. Izin menjawab terkait akreditasi. Alhamdulillah prodi SaIG sudah terakreditasi internasional dari Agency for Quality Assurance by Accreditation of Study Programs (AQAS) dari Jerman (dapat dilihat di website SaIG). Walaupun prodi baru, prodi SaIG sudah diakreditasi internasional dan kategori unggul. Untuk akreditasi nasionalnya (BAN-PT) tahun 2021 akan keluar akreditasinya. Untuk prospek kerjanya, khawatir atau tidaknya pasti khawatir ditengah pandemi seperti ini. Melihat tejadinya kelesuan ekonomi di Indonesia di kondisi pandemi. Tetapi prodi SaIG untuk mengatasi hal tersebut, mempromosikan diri, mengadakan kerjasama, dan menjalin program ke asosiasi profesi, lembaga sertifikasi, dan instansi pemerintah. Sehingga dari hal tersebut, dapat membuka peluang untuk kerja di bidang informasi geospasial. Lebih lengkapnya silakan cek website saig.upi.edu ya:)

  4. Aa

    Halo ka, masuk SIG ini termasuk Saintek atau soshum ya untuk masuknya?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *