IPB University, Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat

Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat IPB (Nurul)

Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat IPB (Nurul)

Hallo teman-teman intipers! Perkenalkan namaku Nurul Amirah biasa dipanggil Nuyung. Sekarang aku masih menempuh pendidikanku di IPB University, jurusan Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (SKPM). Aku masuk IPB tahun 2018 dan menjadi bagian dari keluarga IPB angkatan 55 “Saga Agrisatya”. Di artikel kali ini aku mau membagikan pengalaman aku yang telah aku dapatkan setelah melewati empat semster di jurusan Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat. Oke langsung aja, yuk simak pengalaman aku, selamat membaca teman-teman intipers.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat IPB itu jurusan yang seperti apa sih?

Sesuai dengan namanya nih, di jurusan Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat mempelajari “Komunikasi” dan “Pengembangan Masyarakat”. Ada bedanya Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat dengan Ilmu komunikasi. Di jurusan ini kita nggak hanya belajar bagaimana cara menyampaikan sebuah pesan atau informasi dengan baik. Kita juga belajar bagaimana menjadi pendengar yang baik sehingga akan membentuk komunikasi dua arah saling pengertian.

Kita akan cenderung mempelajari ilmu sosial yang cakupannya secara garis besar yakni pengembangan masyarakat, ekologi politik,  agraria, komunikasi dan penyuluhan. Letak ‘Sains’nya dimana? Nah jurusan ini meskipun sosial banget tapi teman-teman intepers akan diajarkan ilmu pertanian secara umum dan tentunya dari kacamata sosial karena mereka sangat berhubungan dengan nyata. Jurusan ini pula akan sangat dekat hubungannya dengan pedesaan dan masyarakat, kenapa pedesaan? Karena pedesaan adalah potensi terbesar adanya pertanian dan harapanya untuk mendorong pemberdayaan masyarakat (pertanian, peternakan, kehutanan, perikanan, dan pesisir).

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Mata kuliah dan bakal ngapain aja di Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat IPB?

Matkulnya banyak banget. Seperti Dasar-Dasar Komunikasi Pembangunan, Berfikir dan Menulis Ilmiah, Ilmu Penyuluhan dan Komunikasi Inovasi, Kependudukan dan Pembangunan, Ekologi Manusia, Pengembangan Masyarakat, Sosiologi Pedesaan, Antropologi Sosial, Psikologi Sosial, Pendidikan Orang Dewasa dan Manajemen Pelatihan, Ekologi Pedesaan dan Pertanian, Gender dan Pembangunan, dan masih banyak lagi.

Mata kuliah yang paling berkesan buat aku adalah Pengembangan Masyarakat dan Ekologi Pedesaan dan Pertanian. Mata kuliah Pengembangan Masyarakat, menurut aku seru karena sesi UTS kita akan mempelajari berbagai teori, kemudian sesi UAS kita akan melakukan turun lapang ke desa setiap minggu. Setiap kunjungan kita harus melaporkan hasil turun lapang serta membuat catatan harian dan di akhir pertemuan kita melakukan sidang hasil lapang yang dipresentasikan di depan dosen. Banyak sekali pengalaman yang aku  dapatkan selama turun lapang di mata kuliah Pengembangan Masyarakat.

Mata Kuliah yang menarik selanjutnya versi aku adalah Ekologi Pertanian dan Pedesaan. Kita bisa mengenal potensi desa baik dari agroekosistem, landscape, tanaman, pola nafkah, dll yang ada di pedesaan. Meskipun mata kuliah ini baru diajarkan di tahun aku, bagiku mata kuliah ini paling dekat dengan pertanian dan seru pastinya.

Pada umumnya praktikum yang ada di jurusan Sains komunikasi dan Pengembangan Masyarakat biasanya kita akan studi kasus sesuai dengan mata kuliah. Kemudian dipresentasikan, selanjutnya diskusi bersama. Di sinilah kita akan melatih berfikir kritis terhadap suatu masalah. Biasanya juga kita ada kuis seperti ulangan harian tapi tergantung mata kuliah yang menyelenggrakan. Paling asiknya, kita ada agenda turun lapang ke desa di akhir semester bersama gabungan dua angkatan selama 2-3 hari. Pastinya akan ada lokakarya setelah melakukan turun lapang.

Di jurusan Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, apakah masih belajar yang berbau hitung-hitungan?

Iya, masih nih. Pada tahun pertama kita akan bertemu dengan mata kuliah Landasan Matematika (interdep), Ekonomi Umum (interdept) dan Fisika Umum (interdept). Tahun kedua, kita akan ketemu mata kuliah Kependudukan dan Pembangunan (mayor) dan Metode Statistika (interdept). Pada tahun ketiga akan bertemu dengan mata kuliah Metodologi Penelitian Sosial (mayor). Dari mata kuliah yang disebutkan tadi akan cenderung menggunakan keterampilan hitung-menghitung, jangan khawatir buat teman-teman intipres yang nggak suka hitung-hitungan tapi punya tertarikan sama jurusan ini karena di sini kita akan diajari secara detail oleh kakak asisten praktikum sampai bisa, hore…

Konsentrasi yang ada di jurusan ini ada apa aja?

Ada tiga konsentrasi yang ada di jurusan Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat:

  1. Komunikasi Pembangunan dan Penyuluhan

Konsentrasi ini cocok banget buat temen-temen intipers yang dari awalnya ingin mendalami keahlian komunikasinya. Di konsentrasi ini, kita akan belajar mata kuliah antara lain Dinamika dan Komunikasi Kelompok, Jurnalistik Pembangunan, Media Siaran dan Komunikasi Digital, Komunikasi Bisnis dan Hubungan Masyarakat, dll. Harapannya dari adanya konsentrasi ini dapat mengasah kemampuan merancang dan menerapkan metode komunikasi untuk mendorong pemberdayaan masyarakat.

  1. Tata Kelola Sumber Daya Alam dan Lingkungan

Konsentrasi ini punya daya tarik tersendiri karena akan belajar hubungan manusia dengan lingkungan dan bisa dibilang paling dekat dengan dunia pertanian terutama agraria (pertanahan). Di sini, kita akan mempelajari Kajian Agraria, Tata Kelola Sumberdaya Alam, Pengelolaan Kolaboratif Sumberdaya Alam, Reforma Agraria, dll. Harapan setelah masuk konsentrasi ini mampu merancang dan menerapkan metode pengelolaan kolaboratif sumberdaya alam yang mempertimbangkan kondisi agraria, gender, dan kependudukan.

  1. Sosiologi Pedesaan dan Pengembangan Masyarakat

Konsentrasi ini cocok buat temen-temen intipers yang memiliki jiwa sosial yang tinggi karena kita akan banyak melakukan turun lapang ke desa, interaksi dengan banyak orang, dan pengembangan komunitas dengan mengembangkan masyarakat melalui aksi komunikatif. Konsentrasi ini mempelajari mata kuliah Teori-Teori Sosiologi dalam Praktik Pengembangan Masyarakat, Kapital dan Investasi Sosial, Masyarakat dan Teknologi, Reselensi Komunitas, dll. Harapannya, memiliki kemampuan merancang dan menerapkan metode partisipatoris untuk mendorong pengembangan masyarakat dengan mempertimbangkan struktur dan tipologi masyarakat.

Tips buat mahasiswa baru jurusan Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat?

Pada tingkat pertama kita tidak langsung masuk ke jurusan tetapi menjalani masa Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) yakni penyetaraan ilmu-ilmu waktu SMA, bisa dibilang masa ini masa SMA kelas empat. Jadi buku SMA jangan di buang dulu soalnya masih kepakai. Pada tingkat dua dan selanjutnya di jurusan Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat itu belajarnya banyak banget terlebih lagi  teori-teori sosial yang setiap mata kuliah ada teorinya sendiri. Saran aku jangan di hapal tapi dipahami, usahakan jangan belajar sistem kebut semalam (SKS) baiknya sudah menyiapkan jauh-jauh hari tetapi yang terbaik adalah teman-teman harus  cepat menemukan cara belajar yang  ternyaman versi teman-teman. Selain itu, perbanyak relasi pertemanan dengan banyak orang termasuk menjaga hubungan baik dengan kakak tingkat, bisa melalui kepanitian, volunter, maupun organisasi. Karena itu sangat membantu sekali terutama untuk sarana belajar dan mencari pengalaman.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Prospek kerja jurusan Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat?

Berdasarkan penelitian yang datanya diambil dari para alumni, 70,59% bekerja di lembaga swasta. Sisanya 29,41% bekerja di pemerintahan dan BUMN dengan masa tunggu rata-rata kurang dari 3 bulan. Karena prospek kerjanya fleksibel banget, biasanya alumni CSR (Corporate Social Responsibility) di berbagai perusahaan, aktivis penggerak di bidang sosial di masyarakat, NGO, PSN di kementerian, dosen, jurnalis, wartawan, perkerja kreatif di media televisi maupun cetak, peneliti di lembaga penelitian, dll.

Rencana dan harapan aku setelah lulus?

Rencana aku ingin melanjutkan pendidikan S2 ku dan juga ingin mendaftar PNS. Harapannya aku bisa menjadi penyuluh pertanian, yang akan berdampak bagi banyak orang. Juga, dapat bersama pemerintah membangun kemandirian di masyarakat lokal melalui pertanian. Mohon doanya ya teman-teman intipers.

Kode konten: C138

Komen dibawah! 10

  1. Farida

    Kakak dulu lulus dari jalur apa kak?

  2. shila

    rata-rata rapot kakak diterima snm berapa?

  3. Clara

    Kaka kan lulus jalur SNM nah pas itu kk nyantumin sertifikat apa gk? Klo nyantumin apa aja ka?? Trus nilai rata rata kk pas snm thn kk brp??

    • nuyung27

      Hallo Clara✨ Aku waktu daftar nggak nyantumin sertifikat sama sekali, karena menurut aku sertifikat yang aku punya kurang mendukung jika dilampirkan. Jadi aku murni nilai. Semisal kamu mau melampirkan sertifikat saran aku baiknya yang mendukung dan relevan dengan jurusan yang kamu pilih. Rata-rata semester 1-5 nilai ku secara keseluruhan 86an, tapi rata-rata 1-5 matkul tertentu (kimia,bio,fis, mtk, bahasa indo dan bahasa ing) sekitar 87an. Termasuk nilai yang biasa-biasa aja sih. Kemarin aku ikut tabel-tabel saran jurusan berdasarkan mata pelajaran yang terbesar gitu dari sekolah. Kebetulan nilai yang gede aku itu matematika sama kimia, akhirnya ketemu sama jurusan SKPM.
      Sebenernya rata-rata nilai juga nggak menjamin akan lolos snmptn tapi harus pinter-pinter cari peluang, banyak faktor gitu baik dari wilayah, rekam jejak alumni kamu di IPB, daya tampung, peminat jurusan tsb dll. Kalau kamu mau tabel-tabel itu aku masih simpan dan silakan DM ig ku @nuyung27, nanti aku kirim. Semoga menjawab ya, semangat?✨

  4. Nikmah Kartika

    Hallo ka, sebelumnya saya ingin bertanya untuk uang kuliah dinjurusan SKPM itu pke uang ukt gk? dan kira² kisaran biayanya berapa? terima kasih

    • Nurul Amirah

      Hallo Nikmah✨ sebelumnya aku minta maaf baru balas komentar kamu karena komentar kamu tidak masuk ke email ku. Aku berusaha untuk menjawab jadi di IPB mengunakan sistem UKT (Uang Kuliah Tunggal) artinya uang kuliahnya berdasarkan kemampuan membayar nantinya dilihat dari beberapa indikator seperti gaji ortu, uang listrik, tanggungan keluarga dan lain-lain. IPB membagi kedalam 5 golongan, pada jurusan SKPM paling 2,4 juta sedangkan paling tinggi 10 juta. Untuk info lebih lengkap nya dapat mengunjungi web resmi IPB https://admisi.ipb.ac.id/biaya-pendidikan/ .

  5. Muhammad Aprilian

    hai kak, saya mau nanya nih. kebetulan saya smk dan jurusan rekayasa perangkat lunak, apakah saya bisa mendaftar jurusan komunikasi dan pengembangan masyarakat melalui sbmptn? terimakasih.

    • Nurul Amirah

      Hallo Muhammad Aprilian, salam kenal ya✨ Terimakasih sudah membaca artikel ku. Untuk persyaratan SBMPTN secara umum dapat diikuti oleh SMA/SMK/MA info lebih lengkap https://ltmpt.ac.id/?mid=8#a4 . Jadi SMK Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak memiliki kesempatan ke jurusan SKPM IPB, namun perlu diketahui bahwa seluruh jurusan di IPB termasuk jurusan SKPM masuk rumpun ilmu Saintek, jadi nanti kamu harus mengikuti kelompok ujian UTBK Saintek ya💪 sekedar informasi jurusan SMK kamu termasuk dalam jurusan SMK yang disarankan masuk IPB juga loh di Ujian Talenta Mandiri (UTM-BK) (Jalur seleksi mandirinya IPB) info lebih lanjut silakan cek web resmi IPB https://admisi.ipb.ac.id/ujian-tulis-mandiri-berbasis-komputer-ipb/ . Nah sekarang nggak perlu ragu lagi untuk mendaftar SKPM, saran aku, kamu harus belajar lebih ekstra ya untuk sbmptn nantinya 🔥💪 semangat. Semoga menjawab pertanyaan kamu ya, kalau kurang jelas boleh DM @nuyung27 🙏😊

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *