Tips

Salah Jurusan Kuliah? Lakukan 5 Hal Ini!

Salah Jurusan Kuliah? Lakukan 5 Hal Ini!

Berdasarkan hasil penelitian Indonesia Career Center Network (ICCN), menunjukkan bahwa sebanyak 87% mahasiswa merasa salah jurusan. Menjalani perkuliahan di jurusan yang tidak sesuai minat bukanlah hal yang mudah. Karena jurusan kuliah berpengaruh pada karir di masa depan. Lantas, mengapa ada banyak mahasiswa yang merasa salah jurusan?

Alasan Mahasiswa Merasa Salah Jurusan

Banyak mahasiswa merasa tidak cocok dengan jurusan kuliahnya. Hal ini terjadi karena beberapa alasan, diantaranya

1. Tidak Paham Dengan Minat Diri

Salah satu alasan banyaknya mahasiwa yang merasa terjerumus dalam jurusan yang tidak sesuai adalah karena kurangnya pemahaman terhadap minat dan bakat diri sejak awal.

Jika sejak awal sudah mengetahui dan memahami minat dalam dirinya, tentu akan mudah dalam memilih jurusan yang sesuai.

2. Kurang Riset

Banyaknya jurusan yang ada memungkinkan pelajar atau mahasiswa kurang riset dan masuk dalam jurusan yang tidak sesuai minatnya.

intipkuliah-web1

Riset jurusan penting dilakukan sebagai tahap pendekatan agar lebih memahami jurusan yang akan diambil. Kamu bisa intip banyak jurusan dari berbagai universitas di Indonesia melalui akun instagram intip kuliah. Jangan lupa juga untuk baca pengalaman teman-teman mahasiswa dari berbagai jurusan melalui website intip kuliah 

3. Mengikuti Teman

Alih-alih mempertimbangkan jurusan yang sesuai dengan minat, masih banyak pelajar yang memilih jurusan yang sama dengan temannya agar bisa kuliah bersama.

Faktanya, jurusan yang dipilih karena mengikuti teman belum tentu sesuai dengan minat dan passion yang dimiliki.

4. Terpaku Pada Peluang Kelolosan

Setiap jurusan memiliki kuota mahasiswa baru yang berbeda. Melihat adanya peluang lolos di suatu jurusan memang bagus, akan tetapi pemilihan jurusan berdasarkan peluang lolos juga harus disesuaikan dengan minat dan bakat.

5. Keinginan Orang Tua

salah jurusan

Banyaknya orang tua yang menaruh harapan pada anaknya menjadi salah satu faktor  pelajar atau mahasiswa terjebak dalam jurusan yang tidak sesuai minatnya.

Hal yang Dapat Dilakukan Saat Salah Jurusan

Terjebak dalam jurusan yang tidak sesuai bukanlah hal yang mudah. Jika kamu mulai merasa jurusan yang kamu ambil tidak sesuai, kamu dapat melakukan hal-hal berikut

1. Tetap tenang, kamu tak sendirian

Sebanyak 87% mahasiswa terjebak dalam jurusan yang tidak sesuai. So, jangan pernah merasa kamu seorang yang terjebak di dalam jurusan yang tidak sesuai.

Mulailah belajar untuk mengendalikan dan menghilangkan pikiran-pikiran negatif yang ada, dan jangan berlarut-larut dalam perasaan bersalah karena memilih jurusan yang kurang sesuai.

2. Ikut UKM atau organisasi yang sesuai dengan minat dan passion

Ada berbagai UKM dan organisasi yang memungkinkan kamu untuk mengembangkan minat dan bakat yang terpendam selama kuliah. Selain mengasah minat dan bakat, mengikuti UKM dan organisasi dapat menambah relasi dari berbagai background.

Dengan begitu, pikiran mengenai jurusan yang tidak sesuai tidak selalu menghantuimu.

3. Ikut kursus atau magang yang sesuai

Terjebak dalam jurusan yang tidak sesuai tidak menjadi alasan untuk berhenti mengejar mimpimu. Karena kamu bisa terus menambah wawasan maupun ilmu di luar jurusan kuliahmu dengan mengikuti kursus atau magang yang sesuai passion.

Kesempatan mengikuti kursus dan magang terbuka lebar, jangan sampai kamu melewatkan kesempatan berhargamu.

4. Cari prospek dan peluang jurusan

Mencari prospek dan peluang kerja menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan saat merasa terjebak dalam jurusan yang salah. Kemungkinan peluang dan prospek kerja di masa depan yang bagus dapat meningkatkan semangat belajarmu.

5. Tetap bersyukur dan terus belajar

Meskipun berat, kamu tetap harus bersyukur dapat mencicipi bangku kuliah meski tak sesuai dengan keinginan atau minatmu.

Terus belajar dan manfaatkan peluang yang ada agar tak ada waktu yang terbuang sia-sia.

Terjebak dalam jurusan yang tidak sesuai dengan minat dan passion bukanlah akhir dari segalanya. Jangan berlarut-larut dalam kesedihan, serta manfaatkan peluang yang ada.

 

 

Author : Anita Ayu Rst

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.