Bahasa Inggris

Sastra inggris Unikom (Rima)

Sastra inggris Unikom (Rima)

Hallo intipers, nama saya Rima Mardiyani, Mahasiswa Universitas Komputer Indonesia jurusan Sastra Inggris, saya akan membagikan pengalaman saya selama 4 semester di jurusan ini.

Ngapain aja sih di Sastra Inggris?

Jika kalian sering denger “mending les aja” wah rasanya kalian salah besar, karena di jurusan ini tidak melulu dengan grammar atau how to talking with foreign. Pada umumnya memang kami belajar Bahasa Inggris namun kami belajar lebih dalam tentang Bahasa inggris tersebut, mungkin dalam bimbingan belajar bahasa inggis yang diajarkan hanya basic nya saja, sedangkan di sastra inggris kalian akan diajarkan dengan culture dan sejarah eropa dan amerika.

Mata kuliah

Mata kuliah di Universitas komuter Indonesia tidak melulu dengan yang bertema inggris, kami mendapatkan side lesson yang tak kalah penting untuk masa depan, kami dibekali dengan ilmu computer dan ilmu kewirausahaan tentunya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Semester 1

Semua disini membuka kembali dasar apa yang kami miliki, mulia dari grammar, speaking, listening. Oh iya! Di semester ini kalian pun akan mendapat pelajaran umum seprerti Agama, filsafat ilmu dan lain lain. Di kampus saya pada semester ini saya mendapat materi tentag HTML atau codding untuk membangun sebuah website dan juga pelajaran ms.office.  disemester ini saya ditekankan untuk menjadi gemar membaca hehe.

Semester 2

Disemester dua, masih seperti semester sebelumnya kami masih sama menrima dari grammar, listening dan speaking namun jenjang yang sudah menuju ke pertengahan, yang berarti sudah mulai susah, selain itu di semester ini saya sudah diajarkan membuat Essai.

schooters

Semester 3

Jika di semester sebelumnya masih terlihat biasa saja dan membosankan, di semester ini adalah titik baliknya, di semester ini mungkin bisa ddisebut permulaan perkuliahan, tidak ada aturan main-main lagi, di sini matkul yang saya dapat adalah introduction to literature dan introduction to linguistic yang menurut saya menarik. Di semester ini juga masih mendapatkan pengajaran seperti grammar, listening and speaking namun sudah di tahapan mahir, jadi kebayangkan kalo masih main-main hehe, di smester ini pula skill bisa membagi waktu sudah harus diterapkan, juga mengatur pengerjaan tugas karena di introduction to literature kami harus membaca minimal satu buku novel klasik untuk menjadi bahan tugas essai untuk minggu depan, setiap essai berbeda pembahasan, mulai dari perkembangan sastra dari zaman ke zaman , budaya eropa, sejarah perkembangan bahasa, sejarah eropa, sejarah amerika, perkembangan budaya dan sastra di amerika itu akan dibahasi di matkul ini. Dan untuk di matkul introduction to linguistic, kami mendapat pelajaran tentang morpologi, sintaksis, fonologi, semantik, pragmatik. Disini kami diasah untuk berpikir bagaimana sebuah kata dibentuk dan mempunyai arti spesifiks, bagaimana kata tersebut dikenali sampai kata tersebut bisa masuk ke kamus. Di semester ini pula kami sudah diarahkan ke peminatan masing masing namun hanya sebatas gambaran yaitu ke konsentrasi sastra ataupun linguistik.

Semester 4

Disemester ini semuanya menjadi spesifik, kami mendapat matkul puisi, prosa, menulis kreatif, morfologi, dimatkul puisi kami harus bisa menganalisis puisi, arti yang terirat dari puisi, penggunaan majas dam bagaimana cara yang benar untuk membuat dan membacakan puisi, lalu di kelas prosa kami mendapat bagaimana suatu novel dibagun, bagaimana cara penulis menyampaikan isi tersebut, bahasa apa yang dia gunakan, tahun berapa dia menulis karya tersebut, masuk kedalam pop atau high literature dan masih banyak lagi hal yang di gali di mata kuliah ini, lalu di menulis kreatif kami diarahkan dan dilatih untuk membuat novel pendekn namun padat isi, di matakuliah ini diajarkan bagaimana caranya menulis buku dengan baik dan benar, pengenalan tema, pengenalan gaya bahasa, cara menerbitkan, cara editing sebuah buku dan masih banyak hal.

Organsasi dan himpunan mahasiswa

Seperti halnya saat SMA, diperkuliahan pula terdapat ekstrakulikuler, namun dii perkuliahan namanya berbeda menjadi UKM, atau unit kegiatan mahasiswa, dikampus kami terdapat berbagai macam UKM salah satumya adalah fotografi danmasih banyak UKM untuk mengembangkan minat dan bakat, lalu ada himpunan mahasiswa atau HIMA, di himpunan ini kalian akan dikenalkan bagaimana caranya beorganisasi dalam lingkup jurusan, menyiapkan event jurusan atau mengurus ospek nantinya, HIMA ini bergerak dibawah BEM universitas atau badan eksekutif, BEM mewadahi mahasiswa dari berbagai jurusan.  Ikutilah UKM sesuai bakat dan minat kalian untuk mengisi waktu luang selama kuluah. Selain itu di oganisasi atau di himpunan kalian akan mendapat kenalan lain dari berbagai jurusan dan berbagai angkatan, menambah relasi dan menambah pengalaman.

Kegiatan Pensi

Mata kuliah favorit

Selama saya belajar 4 semseter di univeritas computer Indonesia, mata kuliah yang saya tempuh banyak sekali, namun selama ini yang menjadi favorit saya adalah pengantar sastra dan prosa, dari pengantar sastra inggris saya menemukan hal-hal yang baru bagi hidup saya, mengenal budaya eropa dan amerika, mengenal sejarah eropa dan amerika, menambawah wawasan dan menjadikan peka terhadap kehidupan social, dan di mata kuliah prosa yang saya sukai adalah menelaah isi buku, bagaimana buku ini dibuat dan isi buku tersebut yang biasanya menyimpan banyak moral lesson atau kritikan keras terhadap pemerintah pada masa buku itu dibuat.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Tips untuk calon mahasiswa sastra inggris

Learning English literature is really fun! Setiap semester kalian akan ditantang menjadi orang yang kritis dan mau berfikir secara terbuka, tips yang akan saya bagi untuk kalian adalah, point utama jangan mendengar mitos-mitos tentang sastra inggris karena iu akan menghambat kinerja belajar kalian, kedua sering-sering membaca agar saat menjadi mahasiswa sastra inggris kalian tidak shock saatt dikasih tugas bacaan novel yang tebal hehe.

Prospek kerja lulusan sastra inggris

Lulusan sastra inggris biasanya banyak diserap oleh berbagai intansi luar atau dalam negeri, banyak dibutuhkan untuk perusaaan multinasional atau perusahaan agen perjalanan, disamping itu lulusan sastra inggris bisa menjadi translator, interpreter, jurnalis, penulis, sastrawan maupun diplomat.

Kode konten: X412

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *