Bahasa Inggris

Sastra Inggris Unimed (Christian J)

Sastra Inggris Unimed (Christian J)

Hallo readers intipers :D. Perkenalkan, nama saya Christian Jourdan Tambunan, anak Medan yang berkuliah di salah satu Universitas di kota Medan, Universitas Negeri Medan, dengan jurusan Sastra Inggris Unimed. Ditengah pandemi yang terjadi di negeri tercinta ini, saya tertarik membagikan kisah perkuliahan saya kepada teman-teman semua. Jadi, izinkan saya menulis ini kepada teman-teman semua, so, here we go. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat saya balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok.

Tentang Sastra Inggris Unimed

Sastra Inggris pada umumnya adalah jurusan yang berkonsentrasi pada bahasa Inggris. Tapi, pertanyaannya, apakah hanya itu saja? apakah tidak ada perbedaan dengan jurusan yang memang ada konsentrasi dengan bahasa inggris, seperti jurusan Pendidikan Bahasa Inggris? Jawabannya, tentu saja ada, dan jelas, kedua hal itu berbeda satu sama lain. Sastra Inggris adalah jurusan yang bisa dikatakan berfokus pada karya sastra yang ada, seperti karya sastra puisi (poetry), prosa (prose), novel, dan drama, sastra inggris juga mendalami suatu budaya yang terus berkembang. Pada umumnya, orang akan berpemikiran dan mendapatkan seperti itu, tapi dewasa ini, seiring perkembangan zaman, jurusan sastra inggis yang ada di kampus saya tidak hanya mempelajari itu saja, tapi ada membahas juga ke bidang teknologi, kemudian tentang berbicara di depan umum, dan juga wirausaha.

Mengenai jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, banyak orang yang salah persepsi jika dihubungkan dengan jurusan Sastra Inggris. Jika Sastra Inggris membahas tentang karya sastra, maka Pendidikan Bahasa Inggris membahas tentang dunia pendidikan tentang bahasa inggris. Loh, bedanya apa? kan sama-sama tentang bahasa inggris? Jelas ada bedanya teman-teman. Pendidikan Bahasa Inggris berfokus ke ranah pendidikannya, seperti grammar, tenses, reading, writing. Memang, saya yang di jurusan Sastra Inggris juga mempelajari hal tersebut, tapi, kembali lagi, sastra tidak terlalu terfokus akan hal itu, melainkan lebih terfokus kepada karya sastra. Mengkritik karya sastra dewasa ini, bagaimana kita menghargai suatu karya tersebut. Tak jarang saya temukan banyak stigma pemikiran yang menunjukkan bahwa prospek ataupun output jurusan Sastra Inggris akan sama dengan Pendidikan Bahasa Inggris, padahal sebenarnya tidak, malah, bisa dikatakan lebih luas. Jadi jangan salah persepsi ya, cukup perasaanmu saja yang salah kepadanya, yuhuuu.

Slide5

Mata Kuliah Sastra Inggris Universitas Medan

Mata kuliah yang ada di jurusan Sastra Inggris sangatlah beragam. Di awal semester satu sama tiga, saya diperkenalkan terlebih dahulu kepada basic bahasa Inggris (reading, writing, speaking, listening), dan juga diperkenalkan kepada awalan sastra (seperti poetry, prose, drama). Mengenai tugas yang diberikan oleh dosen saya, di awal semester, saya merasa cukup memberatkan dan menghabiskan banyak tenaga dan waktu. UNIMED adalah kampus memiliki sistem KKNI yang mengharuskan setiap mata kuliahnya memiliki 6 tugas. 6 tugas ini terdiri dari tugas rutin, critical book review, critical journal review, mini research, idea enginnering, dan project. Jadi, sebagai mahasiswa awal yang belum tahu apa-apa, pasti akan terkejut batin, tapi lambat laun pasti akan mulai terbiasa.

Dua mata kuliah yang paling saya suka selama saya belajar di UNIMED, mata kuliah Advanced Speaking dan mata kuliah Poetry Musicalisation. Mata kuliah Advanced Speaking adalah mata kuliah lanjutan dari speaking, tentang bagaimana berbicara berbahasa inggris, dari diri sendiri, hingga nantinya bisa berbicara di depan umum. Sesuai dengan 6 tugas yang sudah direncanakan dari awal. Dosen pengampu akan memberikan tiap tugas relevan yang berhubungan dengan speaking. Seperti tugas rutin, dosen biasanya akan memberikan soal-soal terkait speaking, CBR dan CJR tentang bagaimana kita mengkritik dan menilai suatu buku dan jurnal, tentunya berhubungan mata kuliah speaking, mini research adalah penelitian kecil yang kita lakukan.

Untuk Advanced Speaking, MR yang saya lakukan adalah studi lapangan dimana saya langsung terjun berbicara dengan orang bule. Idea enginnering adalah rekayasa ide yang kita perbuat, dimana tugas itu diperbuat agar kita terbiasa memikirkan ide-ide kreatif agar kita bisa memecahkan suatu masalah yang kita hadapi kedepannya. Poetry Musicalisation (musikalisasi puisi) juga seperti itu penugasannya. Mungkin pada awalnya bakal berat, tapi kalau sudah dijalani, akan ada sesuatu hal yang teman-teman dapat jika berkuliah di UNIMED, maupun dikampus lain yang mengambil mata kuliah sastra inggris.

Konsenstrasi Jurusan di Sastra Inggris Unimed

Konsentrasi jurusan yang ditawarkan oleh jurusan sastra inggris saya ada beberapa, seperti :

  • Australian Studies/American Studies
  • English for Hotel and Travel / English for Maritim and Aviation
  • English for Science and Technology / English for Banking
  • Logic / Ethic

Daftar diatas adalah beberapa konsentrasi jurusan yang ada dikampus saya yang bisa teman-teman pilih. Rata-rata konsentrasi jurusan diatas dibuat agar teman-teman bisa mendalami bahasa inggris di satu bidang yang ada, seperti English for Science and Technology, tentang bahasa inggris di dunia ilmu pengetahuan dan teknologi, English for Banking, tentang bahasa inggris di dunia bank, English for Hotel dan Technology, tentang bahasa inggris di dunia hotel dan parawisata, Australian Studies tentang bahasa inggris di dunia Australia, begitu juga dengan American Studies. Logic dan Ethic lebih condong kepada pemikiran dan sikap seseorang.

Tips buat teman-teman MABA

Untuk tips yang bisa saya beri kepada teman-teman mahasiswa/i baru adalah :

  • FOKUS
  • NIKMATI PROSES, JANGAN KEBANYAKAN PROTES
  • PERLUAS KOMUNIKASI DENGAN IKUT BERBAGAI KEGIATAN ATAUPUN ORGANISASI YANG POSITIF, AGAR TEMAN-TEMAN BISA LEBIH BERKEMBANG, JANGAN JADI MAHASISWA/I KUPU-KUPU (KULIAH-PULANG).
  • KESEHATAN DIJAGA
  • TULUS DALAM MENGERJAKAN SESUATU
  • BERDOA

Tetap fokus untuk teman-teman yang baru akan memulai dunia perkuliahan, jangan langsung merasa rendah diri karena tidak berhasil masuk ke PTN/PTS favorit, atau yang teman-teman impikan. Banyak belajar, banyak bergaul dengan oranng-orang yang positif. Ketahuilah, orang hebat dihasilkan bukan dari kampus yang dinaunginya, tapi berasal dari dirinya sendiri, yang senantiasa berusaha dan berdoa untuk menjadi lebih baik lagi.

Prospek Kerja Sastra Inggris dan Sebaran Alumni

Seperti yang saya jelaskan diatas, prospek kerja jurusan Sastra Inggris sangat luas teman-teman. Adapun prospek kerjanya :

  • Pengajar
  • Penerjemah
  • Sastrawan
  • Ahli Bahasa
  • Diplomat
  • Leksikografer
  • Tour Guide
  • Etc…

Itu beberapa prospek kerja dari jurusan Sastra Inggris. Kamu bisa memilih mau jadi apa kedepannya, tapi dengan catatan, usaha dan kerja keras, serta doa. Jika teman-teman hanya bermalas-malasan dan hanya beriming-iming saja, yah, maka gak akan berhasil. Ini sama seperti memenangkan hati Doi, kalau gak ada usaha, ya gak akan berhasil kan? πŸ˜€

Terkait dengan Alumni jurusan Sastra Inggris yang ada di UNIMED, mereka rata-rata bekerja di pertelevisian, seperti reporter, jurnalis, ada juga sebagai tenaga pengajar, sebagai wirausaha, dan ada juga yang melanjutkan jenjangnya ke yang lebih tinggi.

Harapan setelah lulus

Harapan saya jika sudah lulus, saya bisa menjadi diplomat teman-teman, atau jadi penulis. Saya ingin saya bisa berguna bagi banyak orang, bisa membahagiakan keluarga saya sendiri di masa yang akan datang.

Kode Konten: X128

Komen dibawah! 22

  1. youni23

    Unimed sastra Inggris ada berapa sks?

  2. Nia

    Bg, kan katanya sasing ini dosen jelasinnya pakai bahasa inggris tuh,, nah kalau kita belum fasih dan kurang di bagian listening dan speakinnya apakah bisa survive di jurusan tsbt?

    • jourdanchristian

      Hai Nia, maaf baru balas hihihi. Kalau untuk awal-awal, gak semua dosen akan full memakai bahasa Inggris. Mereka akan menggabungkan dengan bahasa Indonesia agar kita bisa mengerti. Kalau pun misalnya kamu tidak paham, kamu bisa kok menanyakan maksudnya menggunakan bahasa Indonesia.

      Semoga membantu, ya.
      πŸ™‚

  3. lia kamalia

    bang maaf bertanya , kalau misalnya masuk sastra inggris tapi basic misal grammar gt masih kurang apakah bakal ketinggalan
    trimakasih

  4. LARAS SATI SINTANIA .

    Bang, kalok anak IPA bisa nggak masuk jurusan sastra Inggris?

    • jourdanchristian

      Halo Laras. Tergantung jalur masuknya dek. Kalau dia misalnya jalur undangan, kecil kemungkinannya. Tapi kalau dia jalur SBM dan mandiri, besar kemungkinannya.

      Karena abang sendiri dulu dari IPA.

      • Ester Deviana

        Berarti sulit dong melalui jalur undangan itu brpa persen bg bs masuk melalui jalur undangan?
        Omg sbnrnya niat gak niat bg soalnya aku msh bingung pilih jurusan 😌😁

  5. Ester Deviana

    Bang itu klo nyusun skripsi di wajibkan pakai bahasa Inggris gk?
    Trus kasih tips bg soalnya aku msh kurang di dalam bahasa Inggris hehehe sm kurangnya kasih syg diaaπŸ˜†

    • jourdanchristian

      Halo de Ester, maaf baru balas ya. Yup, wajib de. Mengenai tips, kalau abang biasanya main game yang berbahasa Inggris. Jadinya lebih cepat nangkap. Bisa juga dari dengar musik, nonton film, dan baca buku.

      Kalau tips tentang “dia”, abang gak bisa ngasih, hehehe.

  6. Glory Nethania

    Halo bang.. saya masi kls 11 sih hehe, tp pgn tahu.. berhubung krna pemahaman saya jg masih rendah ttg jurusan sasing.. saya mw bertanya
    unimed tu kan identik skali dgn spd (kalo mw jd guru kuliahnya d unimed) jadi.. kalau kita mau ambil sasing d unimed krn kita tertarik sm pelajaran2 nya yg membahas mengenai karya sastra menganalisis novel2 dll.. pkoknya luas lah gtu.. jd kita ambil sasing tp d sisi lain kita jg pgn jd guru (tp pns). pertanyaan saya.. apakah bisa kita jd pns guru bhs ing kalo kita tamatan sas ing? atau kita ttp bisa dgn ambil surat atau syarat tertentu dari unimed (apa unimed gak mengizinkan dgn mudah gt? secara kita kan sm2 anak unimed cmn beda jurusannya gtu hehe.. maafya bg klo kata2 saya dlm bertanya versi anak2 bgt njelasinya.. d jawab ya bg thankyou

  7. anna

    bang saya kan masi kelas 12 ya tahun ini lulus nya jadi saya niat nya mau kuliah di UNIMED jurusan sastra bahasa inggris,tapi saya ga terlalu lancar gitu loh bahasa inggris gimana dong

  8. jourdanchristian

    Halo de Glory, maaf baru balas ya! πŸ™‚
    Emm, kalau mengenai itu, sepengetahuan abang boleh saja. Ada dia namanya program akta 4, program itu untuk orang-orang yang ada keinginan menjadi guru tapi basiknya enggak jurusan pendidikan. Nah, masalahnya sekarang abang belum tahu info terkini mengenai itu, jadi gak bisa memastikan juga ya.

  9. Iyos Milo

    Hello bang
    I am Iyos Milo
    Saya angkatan 2021
    Udah daftar SNMPTN
    Jadi,Saya itu anak IPA Bg
    Saya ngambil Jurusan sastra Inggris di unimed di pilihan yang ke 2.
    Bagaimana peluang masuknya bang?
    Mohon direspon bgπŸ™
    Thanks So Much broth

    • Christian Jourdan

      Halo de Iyos. Untuk peluang masuknya abang gak tahu de, itu kebijakan antara kemendikbud dan pihak kampus.

      Semoga bisa masuk ya!
      πŸ™‚

  10. Laura TS

    Hai bg,
    Saya Laura, Saya mau nnya ni bg
    Bagaimana cara mempercepat masa kuliah & tips/trick agar dapat menyelesaikan mata kuliah tepat waktu dengan nilai yg memuaskan?

  11. Christian Jourdan

    Hi de Laura.
    Kalau mengenai cepat atau gak nya, itu tergantung dari dirimu.
    Abang gak punya trik khusus, karena menurut abang bukan tentang bagaimana kamu lulus tepat waktu, tapi bagaimana kamu menikmati perkuliahan tersebut, hihihi.

    Untuk masalah nilai, berikan aja yang terbaik, jatuh bangun pasti ada kok.

    Semoga membantu ya πŸ™‚

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *