Bahasa Inggris, Universitas Hasanuddin

Sastra Inggris Universitas Hasanuddin (Chairul)

Sastra Inggris Universitas Hasanuddin (Chairul)

Halo sobat intipers! Aku Muhammad Chairul Aris dari Sastra Inggris Universitas Hasanuddin angkatan 2016. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Sastra Inggris Universitas Hasanuddin seperti apa?

Salah satu jurusan di fakultas seni budaya UNHAS, karena ada 9 jurusan lainnya. Akreditasinya A, sudah terakreditasi internasional.  Jurusan satsra inggris orang berpikir jadi guru, kita harus ketahui bahwa ada perbedaan sastra inggris dan pendidikan bahasa inggris, kalo sastra inggris sendiri itu kita belajar bukan pendidikan, sejarah, sastar, linguistik, dan kita dipersiapkan tidak hanya paham satu hal, contoh kita suka drama, novel cocok banget kalian masuk jurusan ini. Kalo kalian mau jadi peneliti bahasa kalian harus bisa linguistik, terus kaya bagsa viking itu sejarah inggris. Ada satu mata kuliah juga agar bisa menjadi pengajar yang baik. ketika masuk sastra inggris kita belajar basic gramer, speaking dan saya punya teman yang tidak terlalu bisa bahasa inggris, dan setelah masuk kemapuan bahasa inggrisnya meningkat.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Sastra Inggris Universitas Hasanuddin?

Dulu pas SMA mau masuk Hubungan Internasional, karena dulu saya suka debat bahasa inggris membahas hukum internasional, politik, saya akhirnya inggin jadi diplomat. Tapi pas SNMPTN saya ga lulus, kemudian saya coba di SBMPTN ga lulus, saya masuk lewat prestasi ke UNHAS, untuk mengembangkan diri saya, pas saya masuk saya ga ambil hubungan internasional karena om saya bilang kalo masuk hubungan internasional peluangnya kecil karena banyak saingan, akhirnya saya ga mau ambil resiko, dan ternyata masuk jurusan ini juga bisa jadi diplomat.

Slide5

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Ga akan jauh dari sastra, novel, drama. Salah satu ciri khasnya, ada tugas menelaah pusi, drama. Kita juga biasa meneliti bahasa, contoh meneliti bunyi dan tanda bahasa, saya pernah diminta membuat materi pembelajaran untuk orang yang punya pekerjaan perawat, harus buat materi bahasa inggris cocok untuk perawat, kita ga bisa sama anatara orang biasa dengan perawat yang melayani pasien. Kita juga ada mata kuliah corpodensi untuk persuratan, kita diminta buat surat ke perusahaan kita udah bisa.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada 3 konsentarsi, sastra, linguistik dan ada pendidikan. semester 1-4 kita belajar holistik secara general. Kalo sudah semester 5 atau 6 sudah masuk penjurusan, kalo evaluasi di semester sebelumnya suka novel bisa masuk sastra, bisa jadi penulis, pembuat naskah dsb. Linguistik itu fokus untuk meneliti bahasa, pada akhirnya yang bisa terjun langsung. Ketiga pendidikan tentunya yang mau jadi guru, teman-teman belajar cara mengajar dan membuat silabus dsb. 

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

SNMPTN, SBMPTN, dan mandiri. Saya masuk lewat mandiri jalur prestasi, buat adik-adik yang punya prestasi bisa banget masuk jalur ini, harusnya linear tapi tidak menutup kemungkinan yang tidak linear juga. Jurusan ini merupakan salah satu jurusan yang menerima mahasiswa paling banyak, karena banyak peminatnya dan cukup ketat.

Ada tips buat mahasiswa baru Sastra Inggris Universitas Hasanuddin?

Pertama kita harus ketahui masuk jurusan ini, ujungnya bakalan jago bahasa inggris, itu ga, karena kita tentunya harus bisa meningkatkan sendiri. Ada beberapa kampus, kemampuan bahasa inggrisnya ga bagus, karena pada saat kuliah tidak belajar meningkatkan karena banyak yang malu, jangan malu-malu, kita juga dilatih baca novel, cerpen yang mana bisa menjadi bahan penelitian atau skripsi kita juga nantinya, gali potensi dan kembangkan potensi diri.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Bisa jadi dosen, ngajar, bisa jadi editor. Kalo punya cita-cita kaya saya pengen jadi duta besar, diplomat, kemenlu juga bisa. Soalnya di CPNS kemenlu salah satunya ada dari bahasa atau sastra inggris, atau mau berkarir mandiri, bisa buka jasa terjemahan, pemandu pariwisata, bisa juga jadi staf di bandara jadi pramugari atau pramugara.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Karena sekarang saya masih S2, kalo sudah selesai rencanaya saya mau lanjut S3, karena cita-cita saya selain jadi diplomat atau duta besar, saya bercita-cita jadi dosen. 

Kode konten: C368

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *