Bahasa Inggris

Sastra Inggris UNISSULA (Angga)

Sastra Inggris UNISSULA (Angga)

Hi Intipers! Glad to see you.

Sebelumnya, kita kenalan dulu ya. Perkenalkan, namaku Dewangga Nurwahyu Rizki, mahasiswa Sastra Inggris UNISSULA (Universitas Islam Sultan Agung) 2016. Saat ini aku sedang menyelesaikan semester akhir / semester 8. Pada kesempatan kali ini, aku akan memperkenalkan jurusan Sastra Inggris kepada teman-teman semua. Yuk, kita simak.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Slide5

Gambaran umum jurusan Sastra Inggris UNISSULA seperti apa ya?

Kebanyakan dari teman-teman mungkin ragu untuk memilih jurusan ini ya? Apakah karena banyak pendapat kalau lulus dari jurusan ini akan sulit mencari pekerjaan? Akan menjadi guru? Ataukah….? Ahhh, jurusan Sastra Inggris itu tidak seperti itu teman-teman. Kalau menurut aku ya teman-teman, jurusan Sastra Inggris ini memiliki cakupan pekerjaan yang luas loh, bisa menjadi translator , tour guide, interpreter, dan lain sebagainya. Kalau untuk pekerjaan menjadi guru, “menurutku” itu lebih ke jurusan Pendidikan-nya ya, tapi tidak semuanya atau “pasti” yang kuliah di Pendidikan Bahasa Inggris akan menjadi guru kok. Jadi, di jurusan ini kita akan belajar tentang dunia sastra, baik sejarah, maupun analisis seperti puisi, drama, film, short story/cerpen, novel, dan lain sebagainya. Eitts, jangan kita bilang susah dulu ya, karena nanti akan aku bahas seperti apa kuliahnya. Sebelum itu, aku akan lanjutkan ke bagian…

Nah ini menjadi salah satu hal penting untuk menjadi pandangan teman-teman. Karena aku sudah suka dan mungkin sudah menguasai Bahasa Inggris, jadi aku memilih jurusan ini? Jawabannya “tidak” teman-teman. Karena aku memilih yang sesuai dengan passion-ku. Bagi teman-teman yang belum memiliki basic atau dasar pun, nantinya bisa menguasai bahasa Inggris. Kok bisa? Jawabannya ada di bawah ya, simak terus!

Mengapa memilih jurusan Sastra Inggris UNISSULA ?

Jadi memang sejak sekolah dasar/SD aku sudah dikenalkan dengan bahasa Inggris, seperti kursus. Jadi sampai SMA pun bahasa Inggris sudah seperti sahabat hidup. Pada saat masa-masa pendaftaran Perguruan Tinggi, aku memilih jurusan yang berkaitan dengan bahasa Inggris. Aku tidak mau dipusingkan dengan jurusan yang nantinya saat ditengah jalan, aku merasa tidak sesuai dengan jurusan yang aku pilih/ambil, ingin pindah jurusan ataupun lainnya. Jadi aku lebih memilih jurusan yang sesuai dengan passion, dan keyakinan yang kuat. Sehingga saat kuliah pun aku menjalani dengan sepenuh hati, beban atau kesulitan pun ada, tetapi aku tetap enjoy, atau menikmati nya. Karena aku bertanggung-jawab pada jurusan yang sudah aku pilih. Terkait pekerjaan, aku tidak terlalu memusingkan-nya, pekerjaan apa yang cocok/sesuai dengan jurusan ku, aku akan memikirkannya saat aku sudah kuliah nanti.

Apa saja yang dipelajari di jurusan Sastra Inggris UNISSULA ?

saat awal kuliah, selama 2 semester, kitaakan belajar dari dasar Speaking (berbicara), Reading (membaca), Writing (menulis), Listening (mendengarkan). Untuk Structure (seperti tenses, verb, dsb) sudah masuk diĀ bagian Writing ya. Aku yakin teman-teman pasti akan bisa paham dan menguasai nya šŸ™‚

Nanti saat masuk ke semester 3 dan 4, teman-teman akan belajar tentang Pronounciation (lebih dalam membaca kata bahasa Inggris dengan benar), belajar tentang cara menulis Essay atau esai, mereview dan membuat Summary dengan bahasa kalian sendiri (membaca novel atau short story), tapi tetap dalam bahasa Inggris, lalu sejarah dunia sastra seperti drama, poem/puisi, dan lainnya, belajar menerjemahkan (Inggris-Indonesia, Indonesia-Inggris) serta belajar teori-teori. Jadi teori-teori disini ialah pedoman kalian untuk menelaah dan memahami maksud dari isi puisi-puisi lampau dari karya terkenal, seperti Shakespeare, dan lain-lain. Jadi nanti kita bisa mengerti maksud, dan kondisi yang terjadi ataupun perasaan yang dirasakan oleh Author atau karya sastrawan tersebut. Tidak sulit kok jika teman-teman ada kemauan dan usaha untuk mempelajarinya. Dan ini sangat asyik loh.

Masuk ke semester 5 dan 6. Teman-teman akan lebih ke praktik-nya. Seperti membuat drama, puisi, short story, essay dan juga Interpreting. Dan teori-teori yang kalian pelajari di semester lalu, akan lebih diperdalam di semester ini. Kalau di semester 3 dan 4 kita mereview buku, disini kita akan belajar mereview short movie atau film ditambah dengan teori-teori yang sudah dipelajari. Penerjemahan di semester 3 dan 4 yakni dalam bentuk teks, untuk Interpreting disini ialah secara lisan. Magang dan KKN juga dilaksanakan. Lalu di semester ini, kalian akan mulai menyusun Proposal Writing atau Proposal. Dan bisa dibilang, kuliah di Sastra Inggris kalian bisa menempuh studi hanya 3,5 tahun saja. Kenapa bisa? Karena untuk Bab I, kalian bisa membuatnya di semester 5, dilanjutkan BAB II dan III di semester 6, dan memasuki semester 7 kalian bisa menyelesaikan seluruhnya.

Apakah ada konsentrasi atau kelompok keahlian?

Sejauh yang saya pahami, untuk konsentrasi atau kelompok keahlian sampai saat ini tidak ada.

Committe in cultural exchange – Korea (KOICA)

Adakah tips untuk mahasiswa baru yang mengambil jurusan ini?

Tentu saja ada. Yang pertama, awal-awal masuk kuliah ini sangat penting bagi teman-teman, karena kalian akan belajar bahasa Inggris dari basic atau dasar seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tentunya tidak ingin ketinggalan kan?. Yang kedua, serius dan jangan malas. Serius untuk memahami, ada keinginan kuat untuk mempelajarinya, dan jangan malas untuk belajar. Ketiga, selesaikan dan kejarlah sebelum deadline. Maksudnya ialah jika tugas sudah ada batas terakhir pengumpulan, teman-teman sebaiknya menyelesaikannya sebelum tenggat waktu yang ditentukan. Keempat, ikut dan gabung dalam organisasi atau event-event. Selain aktif kuliah, teman-teman juga aktif dalam berorganisasi, mengikuti atau menjadi panitia dalam setiap event. Ini akan menambah relasi dan wawasan ketika sudah lulus nanti. Ini berlaku juga untuk luar jurusan atau luar kampus ya. Yang terakhir, tetapkan motivasi, tujuan (mau kerja dimana, kerja apa, dsb). Jika ada motivasi yang kuat dan tujuan yang jelas, maka teman-teman tidak hanya sekedar kuliah saja, tetapi sudah memiliki pandangan.

Bagaimana prospek kerja jurusan Sastra Inggris UNISSULA dan alumni-nya?

Untuk prospek kerja jurusan Sastra Inggris beserta alumni-nya seperti Translator, Interpreter, Tour Guide, Dosen, Pengajar BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing), Sektor Pariwisata, Perhotelan, Balai Kebahasaan. Translator dan Interpreter, itu berbeda ya, meski sama-sama penerjemah, Translator lebih ke bentuk teks, dan Interpreter lebih ke lisan. Sebagai nilai tambahan, untuk mendapatkan prospek kerja yang teman-teman inginkan, maksimalkan ketika teman-teman kuliah ya, seperti ikut dan aktif organisasi, event-event/competition, dan lain sebagainya.

Apakah rencana dan harapan untuk kedepan setelah lulus?

Mencari pekerjaan yang mungkin sesuai dengan jurusan atau lintas jalur, sambil bertahap mengumpulkan penghasilan untuk melanjutkan ke S2. Rencana untuk bekerja juga membuka usaha, untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan mengurangi tingkat pengangguran. Menciptakan sebuah kelompok atau gerakan di bidang pendidikan agar bisa menyalurkan pengalaman dan ilmu.

Cukup sekian ya teman-teman, mungkin jika ada kesempatan aku akan membahas hal yang belum tercantum terkait Sastra Inggris. Semangat! Thank You.

KodeĀ  konten: X283

Komen dibawah! 1

  1. Review Jurusan & Pengalaman Kuliah > Sastra Rusia Unpad (Rifqi)

    […] Sastra Inggris Universitas Islam Sultan Agung (Angga) […]

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *