Bahasa Inggris

Sastra Inggris Universitas Jember  (Naria)

Sastra Inggris Universitas Jember  (Naria)

Halo sobat intipers! Aku Naria Nur Iftitar jurusan Sastra Inggris Universitas Jember angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Sastra Inggris Universitas Jember itu seperti apa?

Kalau sastra inggris secara umum lebih mempelajari bahasa inggris. Kalau di sastra inggris itu ada dua konsentrasi. Ada dua konsentrasi ada sastra dan linguistik. Kalau di sastra itu kajiannya lebih ke area sastra kaya novel, drama, puisi. Kemudian kalau linguistik spesifik mempelajari tentang kebahasaan. Memang mahasiswa sastra inggris minimal bisa reading, speaking, grammar, dan basic skill yang lain.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Kemudian stigma dan mitos seputar sastra inggris. Mungkin bukan sastra inggris aja tapi sastra –sastra lainnya. Banyak orang yang bilang kalau masuk sastra itu gampang tapi keluarnya yang susah. Padahal sebenernya itu kembali ke diri masing-masing ya. Gak ada jurusan yang gampang atau susah, tergantung kita mau serius dan bener-bener gak didalamnya. Termasuk aku di semester akhir banyak yang bilang skripsinya anak sastra inggris tuh lama. Makanya gak bisa lulus 4 tahun, padahal ada beberapa kakak tingkat 4 tahun kurang. Hal yang penting berusaha dulu, sebenernya itu tergantung kurikulum yang ada di jurusannya sih. Dari mulai tahun 2018, kurikulum di sastra inggris udah diubah jadi bisa lulusnya lebih cepet.

Kemudian mitos yang kedua, mahasiswa sastra inggris itu kerjaannya cuman baca novel dan nonton film. Enggak padahal! Mahasiswa sastra inggris memang bahan kajiannya itu. Cuman kita tuh di kelas ya enggak nonton film, tapi kita mengungkap dibalik novel, film, pidato, jadi gak terbatas di film, novel, drama, puisi. 

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Sastra Inggris Universitas Jember?

Sebenernya aku masuk sastra inggris disuruh sama orangtua, karena waktu itu aku masuknya kan lewat SBMPTN ya, jadi mikirnya yaudahlah masuk sastra inggris aja yang dianggapnya gampang. Tapi sebenernya ya gak gampang juga, karena kita harus bersaing sama banyak orang di jurusan ini. Orang tua nyuruh aku bukan sekedar nyuruh aja gitu, tapi memang karena aku udah punya passion dari SMP terus pas SMA aku suka ikut debat dan speech

schooters

Waktu awal semester masuk sastra inggris happy banget sih, ternyata gak semenakutkan itu semakin kebelakang semakin tertantang, ternyata sastra itu asik, proses didalemnya itu yang seru sih.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalau mata kuliah yang spesial buat aku itu jelas drama, kalau di sastra inggris tuh kenal Shakespare, dan mereka itu punya drama, dan pasti di pentaskan, aku dapet mata kuliah ini di semester 6 kemarin, tapi karena pandemi jadi show nya dibatalkan, sebenernya itu sih yang aku tunggu tunggu di drama itu kita bisa show up, misalnya aku ini orang yang seneng berbicara tapi perannya yang jahat ataau apapun gitu, jadi bikin tertantang, nah disitu serunya. Kemudian yang kedua adalah amata kuliah creative writing, kita dibebaskan untuk menulis apa aja, cerpen yang sesuai dengan minat kita, jadi kita punya satu konsep ya kita tulis aja apa yang kita pikirkan, di mata kuliah ini aku bisa menyalurkan aspirasi dan apa yang aku pikirkan, jadi aku suka gitu.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada dua, ada sastra dan linguistik. Kalau sastra lebih fokus mengkaji karya sastra, kalau linguistik lebih luas sih kalau menurut aku, karena anak linguistik juga bisa mengkaji film, novel, puisi, tapi teorinya sastra dan linguistik beda. Dua-duanya menurut aku menantang, kalau aku masuknya di sastra. Konsentrasi kalau di angkatan aku dipilihnya antara semester lima atau enam, kita nanti milih mata kuliah yang merujuk ke sastra atau linguistik.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Kalau jalur masuk itu kurang lebih sama kaya universitas yang lain ada tiga yaitu ada SNMPTN, SBMPTN, dan SBMPTR atau Mandiri. Untuk informasi lebih lanjutnya, bisa di website unej.ac.id atau bisa follow di instagram universitas jember. 

Ada tips buat mahasiswa baru Sastra Inggris Universitas Jember?

Ini tips buat mahasiswa baru, mungkin suatu hari ada mahasiswa baru yang mampir ke video aku atau mungkin suatu hari temen-temen yang akan masuk jurusan sasta inggris di universitas manapun, yang penting buat aku tuh baca, mau gak mau harus lebih banyak baca karena perkuliahan tuh cuman sedikit dari ilmu yang kita peroleh. Kita sebagai mahasiswa juga sebagai we should be independent learner jadi kita harus bisa belajar mandiri kalau di kelas kita daept 30% materi, 70% nya kita cari diluar dari banyak baca.

Kemudian yang kedua harus aktif sih baik didalam dan di luar kelas, kalau kita ada yang gak ngerti itu jangan sungkan buat tanya, entah temen ke temen atau ke dosen, jadi jangan terus gak ngerti nanti susahnya pas skripsi, jadi emang harus biasain baca dan aktif, dan time management, kalau kalian aktivis, banyak aktif di organisasi kampus, kalian harus bisa atur waktu, jangan mengesampingkan kuliah. 

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Ini sering juga ditanyakan kalau aku di undang sosialisasi di sekolah-sekolah. Sebenernya sekarang tuh apa sih yang bgak mungkin? Anak sastra inggris bisa kerja di bank, kementrian luar negeri, jadi buat aku sih gak bisa menspesifikkan apa aja yang jadi prospek kerja, tergantung masing-masing orang. Tapi sejauh ini, alumni sastra inggris ada yang di perbankan, diplomat, kerja di beberapa sektor pariwisata, kantor, tapi gak terbatas disitu aja, kalau kalian bisa cari peluang lain, kalian bisa juga lebih dari apa yang kalian harapkan.

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Harapan aku sekarang karena aku lagi skripsi, aku berharap cepet lulus dan segera melanjutkan hidup. Masalah lanjutannya mau kemana, masih ada beberapa opsi sih, tapi aku memprioritaskan untuk lanjut S2, udah ada universitas dan jurusan incerannya untuk memperdalam jurusan.

Q&A

  • Universitas mau jadi pilihan kedua gak kak?

Sebenernya untuk pertanyaan ini, kemarin udah dibahas, jadi sebenernya mana sih yang mau dijadiin pilihan kedua? Tapi buat info lebih pastinya, kalian bisa langsung kontak Universitas Jember, dan kontaknya ada di website unej.ac.id 

  • Jurusan di sastra inggris apakah orang-orangnya semua pinter bahasa inggris? Atau ada yang enggak juga?

Kalau di jurusan sastra inggris mungkin enggak semua pinter bahasa inggris dalam artian grammar, speaking, dan writingnya gak jago banget, tapi buat temen-temen yang mau masuk jurusan sastra inggris, saranku paling enggak kuasai basic aja, kalau grammar basic, kuasai present tense, past tense, pokonya grammar yang basic banget, dan kalau reading seenngaknya kalian bisa mensintesa satu paragraf itu isinya apa, jadi memang kita gak expert-expert gimana, untuk menghindari insecuritas lebih baik punya basic aja dulu, dan jangan pernah puas untuk belajar.  

Kode konten: C389

nainaritaaa
I am a final year student of English Department, Faculty of Humanities Universitas Jember. I was active as member of student organization concerning with debating. I also actively engage to public speaking activity such as being master of ceremony and invited speaker.

Komen dibawah! 2

  1. Cinta

    Kak , jurusan sastra inggris ngasih penjelasan mengenai grammar , listening , speaking atau enggak?
    Dalam artian , kalau misalnya saya enggak bisa bahasa inggris samsek , masih bisa ngikutin ga sih ??

    Semoga dibalas ,
    Thank u:)

  2. nainaritaaa

    Hai Cinta, maaf yaa atas keterlambatan responnya. Kalau di Universitas Jember khususnya di angkatanku (2017), masih ada mata pelajaran yang menjelaskan seputar grammar, speaking, writing dan reading dari yang paling dasar, seperti kalau di grammar ada 5 tenses dasar. Untuk tahun dibawahku (2018-sekarang), mata pelajaran dasar itu tetap diajarkan, hanya saja formatnya berbeda yang disebut Integrated English. Untuk bobot pengajarannya sama, hanya saja pengemasan mata kuliahnya yang berbeda.

    Menurutku, kalau memang kamu berminat masuk di jurusan Sastra Inggris, kamu bisa mencicil dari sekarang untuk belajar tentang ilmu-ilmu dasarnya. Pelan-pelan aja ngga papa. Cari mentor dan atau metode belajar yang terbaik untuk kamu.

    Kalau ada pertanyaan lagi bisa ditanyakan lewat media sosial Instagramku @nainaritaaa ya:) Terima kasih telah bertanya. Semangat belajar! ❤️

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *