Sastra Inggris, Universitas Negeri Malang

Sastra Inggris Universitas Negeri Malang (Galuh)

Sastra Inggris Universitas Negeri Malang (Galuh)

Halo sobat intipers! Galuh Anggita dari Jurusan Sastra Inggris Universitas Negeri Malang. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Sastra Inggris Universitas Negeri Malang itu seperti apa?

Jadi jurusan sastra inggris secara garis besar itu mempelajari tentang bahasa inggris, mulai dari kaidahnya, budayanya, karya sastranya, ciri-ciri penulisnya, genrenya, bedanya sama yang lain itu apa, cuman dari penjelasan yang bahasa inggris itu masih banyak yang beranggapan kita tuh kuliah bahasa inggris kaya bimbel. Karena apa yang kita pelajari dari sekolah SD-SMA itu pun beda sama yang dipelajari di sastra inggris. Kalau di sekolah-sekolah tuh kan kita fokusnya ke tensesnya, teks, ngerjain soal, jawabannya gimana. Kalau kuliah tuh enggak ngerjain soal-soal gitu, jadi kita tuh enggak belajar tentang tenses yang bener-bener teoritisnya tensis, teksnya, jadi kita belajar how to pronounce kata yang bener, grammarnya kenapa kaya gitu, pembentukan kata di bahasa inggris itu variatif banget ya beda sama bahasa indonesia, itu kita pelajarin banget kaya gitu.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Sebenernya banyak sih konsep-konsep atau stigma yang kurang tepat, stigma sosial di masayarakat. Terus banyak yang beranggapan kalau kuliah sastra inggris itu kita bakal jadi guru gitu kan, sebenernya sih kita lebih luas dari itu, kita enggak cuman bisa jadi guru, kita banyak banget prospek kerjanya diluar sana yang melibatkan bahasa inggris, jadi kalau ada yang bilang kita sastra inggris jadi guru sih ya mungkin bisa, tapi masih ada opsi lain yang bisa kita ambil.

Alasan memilih Jurusan Sastra Inggris Universitas Negeri Malang?

Jadi awalnya tuh dari kecil itu ibu aku suka ngajarin bahasa inggris, jadi aku dari kecil enggak asing sama bahasa inggris. Terus SD, SMP, SMA itu enjoynya di bahasa inggris. Bahkan awal masuk SMA pun aku pengennya ada bahasa, cuman orangtua ku lebih ngarahain IPA, akhirnya yaudah aku nurut di IPA, tapi namanya hati kan gak bisa diboongin, akhirnya aku pengen cepet-cepet lulus, kuliah. Soalnya kalau kuliah itu orang tua aku udah janji kalau kuliah mau ambil apa aja boleh. Jadi pengen cepet-cepet lulus SMA, akhirnya aku ikutan akselerasi yang cuman 4 semester aja udah lulus. Akhirnya SMA cepet selesai, langsung kuliah. Langsung lulus jadinya.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalau kuliah sastra inggris itu awal semester 1-4 itu ada matkul yang fokus ke english skill kaya ada writing, listening, reading. Jadi kaya ada step-stepnya, mulai dari intensif, basic, intermediate, sampai advance, itu ibaratnya kaya udah menu utama. Terus yang lain lebihnya kaya ilmu misalnya morfologi, kata pembentukan kaya gimana, writing tuh gimmana dari paragraf, esay, argumentatif, jadi kita tuh belajar spesifikasinya disitu, cuman yang sebenernya jadi utama di sastra inggris itu di reading dan writing, karena kan namanya anak sastra gak bisa jauh-jauh dari karya sastra yang bentuknya tulisan ataupun kaya drama-drama, jadi tetep gak bisa jauh-jauh. Terus writing pun juga lebih challenging, karena pertama harus pake bahasa inggris, terus udah gitu ketentuan kaya kata nya, minimal 500 kata, maksimal ribuan, mulai dari bikin esai, itu tantangan banget.

intipkuliah-web1

Selain itu juga kita nganalisis karya sastra, nganalisis berupa kaya drama, puisi, prosa, macem-macem, dan yang spesial di sastra inggris UM itu ada matkul elektif course, jadi kita semacam spesifikasi dari matkul yang umum, kita jadi bisa belajar lebih luas sesuai interest masing-masing, jadi lebih banyak opsi-opsi matkulnya. Sialnya ada editing. Dulu aku semester 4 ada editing, di editing ini, kita belajar membuat suatu tulisan kaya berita, jadi berita itu bentuknya macem-macem, kaya teks yang ringan kaya di line today, meme, jadi meme itu enggak sekedar asal comot gambar kemudian dikasih tulisan, itu ada filosofinya, ada tekniknya juga biar enggak asal ambil gambar, videografis kaya gimana, infografis kaya gimana, jadi bener-bener di spesifikin.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Sebenernya kalau konsentrasi itu udah ada dari semester 2, cuman itu kaya masih pengenalan, nah bahkan sampe semester 5 nanti itu masih ada konsentrasi, cuman kalau kita di UM itu konsentrasinya bukan untuk dipilih. Konsentrasinya ada 2, ada literatur sama linguistik, itu konsentrasi umumnya ada 2 cabang, jadi lebih ke referensi fokus untuk nanti skripsi mau milih literatur atau linguistik. Jadi bukan pilihan, karena kita belajar dua duanya. Mungkin kalau untuk tugas akhir nanti sih lebih ke linguistik, karena sebenernya linguistik tuh kadang orang enggak sadar kalau ternyata di lingkungan kita itu melibatkan unsur linguistik, misal kita produk makanan, makeup dll. itu sebenernya itu unsur brandnya itu ada unsur linguistik. Jadi mungkin aku ambil linguistik.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Jadi aku waktu itu SNMPTN, cuman kebetulan karena aku IPA, guru BK itu kurang merekomendasikan gitu, kenapa enggak ambil yang linear, apalagi dulu ada yang bilang kalau lintas jurusan atau prodi itu kaya susah gitu, cuman karena aku emang dari awal ngincernya sastra inggris, aku nekat aja. Jadi sebenernya kalau di UM itu sama kaya universitas lain jalur masuknya, ada SNM, SBM, sama mandiri. Cuman kebetulan tahun ajaran ini udah tutup tanggal 17 juni. Untuk sastra inggris sendiri lumayan ketat, bahkan prestasinya pun udah sampai asia. Untuk SBMPTN juga ketat, untuk taun ini SBM itu daya tampung 28 tapi yang daftar 800 an.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Tips untuk mahasiswa baru?

Tips nya sih buat maba sasing UM, yang pertama jangan bosen baca, jadi jangan pernah bosen buat baca, kita misalkan kita nonton film aja gitu ya, kita gak mungkin suka sam semua genre film, tapi kalau kita jadi anak sastra itu kita harus lebih open minded, harus lebih netral, kita harus lebih nerima semuanya, dan berusaha untuk netral, jadi biar lebih gampang untuk studi lanjutnya.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Jadi sebenernya untuk prospek itu ibaratnya ada yang udah kita pegang itu transleter, jadi dipakenya itu bukan sekedar jasa penerjemah skripsi, tugas, tapi lebih dari itu, jadi banyak departemen atau perusahaan-perusahaan untuk bidang yang lebih luas, jadi ada semacam bidang di kejaksaan itu butuh translator dari bahasa inggris, jadi translator itu bukan jasa translate abal-abal yang menetap gitu, jadi kita bisa gabung sama perusahaan apa. Terus kita bisa jadi entrepreteur, kalau entrepreteur itu kita enggak harus mentranslate kan sesuatu melalui tulisan, misalkan kita interview itu pakai bahasa indonesia, nah entrepreter itu bisa kaya translate secara garis besar tanpa ditulis, itu banyak banget dibutuhin untuk organisasi nasional.

Terus kita bisa jadi diplomat yang peluangnya hampir sama kaya anak HI, terus writer, writer juga luas, bukan cuman novel, kita bisa gabung sama redaksi, naskah film, terus banyak juga departemen yang di Indonesia itu misal departemen pariwisata, imigrasi, itu butuh orang yang bisa bahas inggris. Apalagi di kehidupan nyata, jadi kita lebih ke bersaing di dunia kerja nantinya. 

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Kalau aku sih pinginnya berkecimpung kaya di departemen imigrasi dan pariwisata.

 

 

Kode konten: C662

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.