Bahasa Inggris, Universitas Respati Yogyakarta

Sastra Inggris Universitas Respati Yogyakarta (Pegita)

Halo sobat intipers! Pegita Rianinda Putri Jurusan Sastra Inggris Universitas Respati Yogyakarta. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Sastra Inggris Universitas Respati Yogyakarta itu seperti apa?

Jadi kalau jurusan sastra inggris secara garis besar itu kita belajar bahasa inggris dari segi bahasa, sastra, juga penerjemahan.

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Kalau dari sisi bahasa kami belajar unsur kebahasaan, dari sisi sastra kita melakukan kajian terhadap karya sastra seperti puisi, prosa, atau drama, lalu dari penerjemahan kami belajar teori-teori penerjemahan, dan kami belajar praktek penerjemah.

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Sastra Inggris Universitas Respati Yogyakarta?

Kalau alasan saya sendiri, kebetulan saya dari SD menyukai pelajaran bahasa inggris, dan berlanjut pada SMA saya mulai tertarik dengan hal-hal yang berhubungan dengan sastra inggris seperti penerjemahan.

Jadi karena memang saya menyukai hal ini, jadi saya memutuskan untuk menekuni yang saya sukai. Saya memilih sastra inggris di unriyo karena say atau di universitas ini ada kajian-kajian tentang penerjemahan, dan pembelajarannya juga berorientasi pada mahsasiswa, dan tugas-tugasnya juga menarik seperti pembuatan vidio, kemudian konten-konten media sosial, public speaking, drama, jadi melalui tugas-tugas ini, mahasiswa diwadahi untuk menyalurkan kreativitasnya.

pmb2-min

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Jadi untuk mata kuliahnya sendiri, kami belajar tentang bahasa inggris yang baik dan benar. Kami dibekali keterampilan-keterampilan seperti membaca, menulis, menyimak, dan juga tata bahasa inggris. Untuk menulis sendiri, kami diajari untuk menulis kalimat sederhana, bagaiamana penulisan kapitalisasi, tanda bacanya.

kegiatan table manner

Untuk speakingnya sendiri, kita diajari speaking daily life, dari kegiatan sehari-hari, kegiatan berkelompk, juga public speaking. Kami juga mempelajari menghargai karya sastra mulai dari karya sastra klasik sampai dengan populer, dari karya sastra tertulis, media, lagu, tren bahasa, kemudian bahasa yang digunakan di video, iklan, stand up comedy, poster. kemudian kami belajar penerjemahan dokumen resmi, karya sastra, ada juga tentang pemahaman lintas budaya.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Untuk jalur masuknya, bisa kunjungi langsung di instagram pmb unriyo, nanti disana ada informasi tentang jalur pendaftaran, atau bisa di websitenya di pmb.respati.ac.id, nanti disitu selain ada informasi jalur pendaftsran, ada juga informasi beasiswa, jadi buat temen-temen yang mau daftsr beasiswa juga ada di unriyo. Jadi untuk informasi pendaftarannya bisa diakses di websitenya.

Ada tips buat mahasiswa baru Sastra Inggris Universitas Respati Yogyakarta?

untuk tips, jadi mungkin untuk di sastra inggris itu ada 3 konsentrasi atau 3 peminatan, ada linguistik, sastra, dan juga penerjemahan. Untuk setiap konsentrasi punya kesulitannya sendiri, jadi mungkin untuk tips nya temen-temen bisa lebih banyak membaca tentang materi atau teori yang telah diberikan oleh dosen, kalau ada yang kurang dipahami bisa bertanya ke dosen, kakak tingkat, pasti dijawab.

Kemudian karena ini jurusan sastra inggris, bisa berbicara bahasa inggris dengan baik dan benar. Untuk tipsnya mungkin teman-teman bisa menggunakan bahasa inggris dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya di kampus, tapi juga di rumah. Kalau bahasa itu kan karena terbiasa bisanya, jadi harus sering digunakan.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Cukup bervariasi dan fleksibel. Mampu berperan di industri 4.0 seperti industri iklan, televisi, creator, dan tentu saja di industri penerjemahan, penerbitan, atau bisa menjadi tutor, atau pelajar bahasa inggris di berbagai tempat pendidikan. Atau bisa menjadi pengajar bahasa indonesia bagi orang asing. Kemudian alumni-alumninya sejauh ini ada yang jadi dosen, guru, PNS di kementrian pariwisata, penerjemah, ada juga yang melanjutkan studi di S2 dalam negeri maupun luar negeri. 

Konsentrasi di jurusan?

Jadi untuk konsentarasi di sastra inggris itu ada 3 yaitu sastra, linguistik, dan penerjemah. Sastra itu berfokus pada unsur kebahasaan, jadi dengan objek-objek penelitian berupa karya tulisan ataupun audiovisual. Kemudian linguistik itu kami mempelajari segala hal tentang kebahasaan mulai dari bahasa dalam konteks sosial, gaya bahasa dalam kehidupan sehari-hari, ujaran dalam sebuah kalimat, kemudian ada juga translation atau penerjemahan, meneliti hasil terjemahan baik itu bahasa inggris ke bahasa indonesia atau sebaliknya.

Dalam hal ini, kami mempelajari  teori yang digunakan, dan bagaimana menerjemahkan yang baik dan benar. Kemudian ada juga konsentrasi sastra, kami mempelajari karya sastra penciptanya, belajar menganalisis dan mengapresiasi karya sastra. Untuk mengambil konsentrasinya itu di semester depan, dan sekarang sedang fokus di 2 konsentrasi yaitu linguistik dan penerjemahan.

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Kalau saya sendiri, saya berharap, saya bisa bekerja linier dengan jurusan, karena dari mata kuliah yang saya dapatkan sudah memadai untuk keberhasilan atau keberlangsungan di dunia kerja nanti.

 

 

Q&A

  1. Apa yang paling bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari setelah kakak masuk jurusan ini?

Karena saya suka penerjemahan, say amembantu teman-teman lain dari kampus dan jurusan lain tentnag menerjemahkan abstrack, jadi sudah membantu juga, kemudain bisa mengaar kursus, adik-adik juga.

 

Kode konten: C751

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *