Bahasa Inggris

Sastra Inggris UNY (Amira)

Sastra Inggris UNY (Amira)

Halo sobat intipers! Aku Amira Bilqis dari Sastra Inggris UNY angkatan 2017, kebetulan sudah lulus. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Sastra Inggris UNY itu seperti apa?

Kita belajar tentang bahasa Inggris, penggunaannya di berbagai aspek baik itu karya sastra atau media cetak dll. Kita juga belajar tentang sejarah dan budaya orang Eropa di sana.

Alasan dulu milih jurusan Sastra Inggris UNY kenapa?

Sederhananya sih karena suka, tapi sebenernya dulu mau masuk HI karena pengen jadi diplomat, tapi gak dapet terus aku denger-denger kalau mau masuk Sastra Inggris bisa jadi diplomat gitu jadi aku masuk aja, tapi sebenernya suka juga.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan Sastra Inggris Universitas Negeri Yogyakarta?

Paling khas itu listening sama writing, karena ada mata kuliahnya dari semester 1 sampai 4 itu ada. Ada juga book reprtt jadi kita menganalisis dan mereview buku.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada 3 ya, yaitu linguistik. literature, sama translation. Dalam pemilihan konsentrasi itu berdasarkan nilai dan kemampuan. Alurnya, pertama kita diberi pilihan 2 konsentrasi terus pada akhirnya ditentukan oleh pihak prodi.

schooters

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Ada tiga jalur, SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri. Jalur mandiri ada 2 yaitu prestasi dan ujian tulis, tapi kalau tidak salah jalur mandiri yang prestasi sudah dihapus. Tahun kemarin di SBMPTN itu 1700-1800 orang dan kuotanya 32. Info lebih lanjut tentang ujian mandiri bisa diakses di website UNY.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan Sastra Inggris Universitas Negeri Yogyakarta?

Kita harus rajin baca kamus, perbanyak kosa kata karena semakin tinggi tingkatan itu semakin banyak teks yang harus dipahami dan bahasanya juga semakin ilmiah yang pastinya semakin sulit. Kita juga harus belajar pronouncation yang benar, kita bisa belajar dari film atau youtube juga. Gak semua mahasiswa Sastra Inggris itu udah pinter Bahasa Inggris, tapi kita punya kewajiban untuk mahir Bahasa Inggris. Satu lagi, penting banget untuk banyak membaca, bisa jadi koran atau buku, dan lain sebagainya.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kebanyakan prospek kerja anak sastra itu di media cetak, misal Gramedia, jadi editor di koran, jadi penerjemah atau interpreter juga bisa baik itu yang freelance atau yang di perusahaan. Jadi jurnalis juga bisa, bahkan jadi tour guide juga bisa karena memang ada mata kuliahnya. Menjadi penulis atau kritikus sastra juga bisa banget. Bekerja menjadi public relation dan diplomat juga bisa.

Apa rencana dan harapan ke depannya?

Aku masih pengen jadi diplomat, sesuai dengan cita-cita ku dari dulu.

Q&A

  1. Apa bener lulusan Sastra Inggris gak bisa jadi guru?

Untuk lulusan Sastra Inggris agaknya akan sulit untuk bisa ngajar di sekolah formal negeri karena ada persyaratan tertentu, mungkin untuk mengajar di lembaga pelatihan itu bisa. Baiknya kalau mau mengajar itu masuk ke yang pendidikannya.

  1. Kalau masuk Sastra Inggris harus udah jago Bahasa Inggrisnya? Terus pembelajaran waktu kuliah full bahasa Inggris gak?

Baiknya sudah, karena ada beberapa mata kuliah yang mengharuskan kita mahir Bahasa Inggris dari semester 1, misalnya book report karena kita harus mereview karya, untuk mereview kan kita harus punya skill sedikit-sedikit lah terutama writing. Jadi untuk yang pengetahuan Bahasa Inggrisnya 0% atau yang masih awam, tidak direkomendasikan masuk jurusan ini.

Tentang KBM sehari-hari itu memang pakai Bahasa Inggris tapi gak 100% mutlak, di semester 1 dan 2 kita masih boleh 75% pakai Bahasa Indonesia di kelas, tapi mulai semester 3 harus pakai Bahasa Inggris di kelas.

Kode Konten: Y248

Komen dibawah! 18

  1. Fika

    Kak, aku udah lulus SMA 3th lalu. Kalau mau masuk sasing UNY jalurnya apa ya??
    Bisa gak ambil beasiswa?

  2. ____

    Kak, aku udah lulus SMA 3th lalu. Kalau mau masuk sasing UNY jalurnya apa ya??
    Bisa gak ambil beasiswa?

    • Amira Bilqis

      kayaknya kalau mandiri masih bisa dek. coba buka info di web uny lagi karena biasanya keputusannya tiap tahun berbeda. kalau beasiswa bisa ambil dari luar misalnya beasiswa bank bca, laziz, atau semacamnya ?

  3. Elsa Espanto

    Kakak kan sudah alumni sekarang kakak bekerja jadi apa?

  4. Simple things

    Halo kak, kakak kan udh lulus, kalo boleh tau sekarang kakak lagi sibuk apa?

  5. Melvi Faliska A

    Kak jadi gini aku tuh dari luar kota dan pengen ambil jurusan sastra inggris di UNY tapi belum terlalu yakin karena aku gak tahu akan sanggup atau tidak untuk ngambil prodi ini tpi sebenarnya aku suka cuman belum yakin aja kak . Menurut kk gimana ?

  6. Maulani Zahra Febriyana

    Halo kak,saya mau tanya kira kira untuk masuk sastra Inggris itu emang harus punya modal dan skill bahasa Inggris ya kak? Terus kalo boleh tahu nilai IP dari sastra Inggris sendiri itu di UNY berapa kak, terimakasih.

    • Amira Bilqis

      minimal skill dasar bahasa inggris dek biar kedepannya tidak susah. karena sekarang ada pemadatan kurikullum. kalau sama sekali tidak punya skill berbahasa inggris takutnya tidak bisa mengikuti dengan baik atau harus kerja ekstra. maksud pertanyaan nilai ip gmn ya? ?

  7. Felyana Rahman

    Hai kak, aku dari luar kota tapi pengen ngambil jurusan sastra inggris di uny tapi aku ragu buat ngambilnya. aku takut nanti kalau ngga bisa mengikuti pembelajaran soalnya aku ngga terlalu bisa bahasa inggris dan kosa kata bahasa inggris ku kurang banget. menurut kakak bagaimana ya? tolong kasih aku solusi dan sarannya kak

    • Amira Bilqis

      saranku kamu harus suka dulu sebelum mulai memutuskan untuk ambil sastra inggris atau tidak. mulai improve skill bahasa inggris kamu minimal yang basic aja. gak perlu muluk-muluk. usaha yang kamu lakukan pasti akan selalu sebanding sama hasil. ketika kamu suka sesuatu, sesulit apapun itu pasti akan lebih enak menjalaninya kan?

  8. Fatika

    Kak mau tanya, itukan kk lagi skripsi nahh itu skripsinya juga pake bahasa inggris semua?

  9. Titi casniti

    Kk,saya ibu dri anak yg pengen ikut UTBK 2021 ke UNY yg mau mngmbil jurusan sastra(penulis),mau bertanya apkah ada peluang besar bisa masuk ke UNY ?
    Kuota Jrusn sastra bnyk gk ya di UNY ?
    Di tunggu info nya,terima kasih?

  10. Anon

    Kak aku pengen masuk sasing udah suka english juga, aku insyalloh paham kalo baca artikel tpi kalo ngomong blom bisa cascus itu cocok ga ya masuk sasing

  11. Raissa

    Kak, sastra inggris masuknya fakultas apa ya, sama gedungnya dimana?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *