Bahasa Jepang, Universitas Jenderal Soedirman

Sastra Jepang Universitas Jenderal Soedirman (Rizqa)

Sastra Jepang Universitas Jenderal Soedirman (Rizqa)

Halo sobat intipers! Aku Rizqa Refa Rajabania jurusan sastra jepang universitas jenderal soedirman angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Secara umum, Jurusan Sastra Jepang Universitas Jenderal Soedirman itu seperti apa?

Secara umum sastra jepang itu cakupannya luas, sastra sama pendidikan itu kan beda. Kalau sastra itu belajar tentang budayanya juga, jadi gak cuman bahasa. Mungkin orang itu banyak yang bertanya-tanya “kenapa masuk jurusan sastra jepang, mending kursus aja”, tapi menurut aku kalau misalnya les atau kursus gitu kita gak full seminggu jadi kurang efektif.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Kalau misalnya kuliah kan lima hari kuliahnya, jadi lebih efektif belajarnya. Kalau kursus kan cuman belajar bahasanya aja, kalau kuliah kan belajar busayanya juga. 

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Sastra Jepang Universitas Jenderal Soedirman?

Sebenernya karena aku suka banget belajar bahasa, karena bahasa kan suatu keahlian. Semua orang itu belum tentu punya keahlian berbahasa, bahasa juga skill aku yang bisa menunjang untuk  nanti misalnya aku cari pekerjaan. Aku sukaaja belajar bahasa jepang dan budaya jepang, dari disiplinnya, kalau bekerja itu bener-bener tepat waktu. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalau mata kuliah yang khas kita belajar bahasa lainnya, misalnya ada speaking, conversation, cuman bedanya pake bahasa jepang. Terus juga belajar kanji, soalnya kalau belajar bahasa itu gak cuman ngomong doang, kita juga belajar nulis juga. Kalau misalnya praktik kuliah lapangan paling ikut magang gitu, dari universitas udah disediain. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau konsentrasi ada tiga, yang pertama itu linguistik yaitu belajar tata bahasa, pola-pola bahasa. Kemudian yang kedua itu ada sastra, dan sastra itu lebih belajar tentang kajian film, jadi belajar bahasa itu seru, bisa nonton film, apalagi kalau yang suka anime cocok kalau masuk sastra jepang. 

Kemudian konsentrasi yang ketiga itu ada budaya. Di konsentrasi ini belajar budaya jepang, budaya corporate jepang, kaya gitu kurang lebih.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Kalau jalur masuk itu ada SNMPTN, SBMPTN, dan ada dari mandiri. Di unsoed itu kan mandirinya ada dua, ada yang non-tulis dan ada yang tulis. Kalau yang non-tulis itu biasanya dari nilai SBMPTN itu, jadi cuman masukin nomor pendaftaran SBMPTN. Kalau yang tulis itu biasanya tes lagi di Purwokerto.

Ada tips buat mahasiswa baru Sastra Jepang Universitas Jenderal Soedirman?

Tips dari aku, tetap semangat buat belajar bahasanya. Kalau mau masuk sastra jepang itu, dan secara umumnya semua jurusan itu, yang terpenting kita belajar dasar-dasarnya dulu. Bedanya kalau di perkuliahan itu beda kan ya sama sekolah, kalau di sekolah SMA itu kan belajarnya banyak, sedangkan kalau di kuliah itu fokus. Kalau di sastra jepang itu pelajari aja dulu basic-basic huruf, hiragana, katakana, kaya gitu. 

Kegiatan Non Akademik Walk4SDGs

Kegiatan Non Akademik Walk4SDGs

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kalau sastra jepang itu prospek kerjanya banyak, selain mungin temen-temen yang udah tau kaya penerjemah, tapi gak cuman itu. Sebenernya kita juga bisa jadi tour guide, bisa masuk ke perusahaan, kedutaan. Alumni dari sastra jepang unsoed juga ada di shopee, ada yang ke luar negeri juga kerjanya.

Q&A

  • Tips mengerjakan jlpt dan lolos sampai M3?

Mungkin kalau yang belum tau, jlpt itu tes toefl nya jepang. Jadi itu salah satu syarat untuk lulus dari sastra jepang. Kalau untuk tipsnya, banyak belajar dan baca. Karena kalau kita belajar bahasa gak banyak latihan, nanti bakal lupa.

  • Tips biar gak stress di mata pelajaran jepang?

Sebenernya kalau stress atau pusing-pusing dikit sih pasti ada ya, tips nya ya nikmatin aja. Maksudnya ya pusingnya dinikmatin aja, kalau capek ya istirahat jangan dipaksain. Pokonya jangan patah semangat dan jangan menyerah.

  • Apakah di unsoed bisa melanjutkan dari diploma ke sarjana?

Bisa, bisa banget. Karena emang biasanya yang diploma lanjut ke sarjana biar bisa dapet gelar sarjana. Kayanya sih harus kuliah empat tahun lagi.

  • Kanji kan dibaca onyomi dan kunyomi, kemudian bagaimana perbedaan pembacaanya?

Kalau misalnya onyomi dan kunyomi itu kan dua yang berbeda kan. Misalkan kalau onyomi itu kanjinya suki, dan suki itu hari. Itu onyomi sama kunyominya itu beda gitu. Kaya tulisannya, cara bacanya sih yang lebih beda.

Kode konten: C344

Komen dibawah! 3

  1. Adistia

    Ka kalo boleh tau magangnya di mana ya?

    • rizqarefaa

      Haloo adistia! Terima kasih sudah bertanya🥰 Untuk magang biasanya kalo di unsoed ada yang program dari kampus, ada juga kalo mau pengalaman kerja di jepang juga bisa, atau sekolah di salah satu universitas di jepang. Untuk magang yang bukan dari kampus, bisa di start up ataupun perusahaan yang butuh di bidang sastra khususnya sastra jepang. Bisa di perusahaan milik jepang contohnya panasonic, yamaha dan lain lain.

  2. rizqarefaa

    Haloo adistia! Terima kasih sudah bertanya🥰 Untuk magang biasanya kalo di unsoed ada yang program dari kampus, ada juga kalo mau pengalaman kerja di jepang juga bisa, atau sekolah di salah satu universitas di jepang. Untuk magang yang bukan dari kampus, bisa di start up ataupun perusahaan yang butuh di bidang sastra khususnya sastra jepang. Bisa di perusahaan milik jepang contohnya panasonic, yamaha dan lain lain.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *