Bahasa Jepang, Universitas Sumatera Utara

Sastra Jepang Universitas Sumatera Utara (Krida)

Sastra Jepang Universitas Sumatera Utara (Krida)

Halo sobat intipers! Aku Krida Rizki dari Sastra Jepang Universitas Sumatera Utara. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Sastra Jepang Universitas Sumatera Utara itu seperti apa?

Selama kurang lebih 4 tahun di Sastra Jepang USU, kita belajar tentang percakapan (kaiwa), tata bahasa, kebudayaan Jepang, sastra maupun pranata. Terdapat 144-154 sks dengan berbagai mata kuliah yang bisa dipelajari sama mahasiswa. 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Sastra Jepang Universitas Sumatera Utara?

Waktu SMA memang ada basic pas SMA ada pelajaran bahasa Jepang. Jadi kaya ada minat, ditambah dari senior  saya banyak yang masuk ke Sastra  Jepang. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari Sastra Jepang Universitas Sumatera Utara ?

Mata kuliah yang paling susah tapi menantang itu, Kanji karena bentuk tulisannya susah dan hampir mirip sama bahasa Mandarin. Kalau mata kuliah yang paling saya sukai itu linguistik, tentang sintaksis, fonologi, sosiolinguistik. Mahasiswa Sastra Jepang, pada umumnya sama belajar teori, praktik di kelas dan diskusi bersama. 

Kalau bentuk tugasnya itu pada umumnya ada tugas kelompok, ada tugas individu dan terjun ke lapangan meninjau masyarakat yang bareng sama orang Jepang. Pengalaman saya waktu semester 3 dan 5, di situ kami didampingi beberapa dosen, kami langsung praktik berbahasa Jepang dengan orang Jepang dengan tema-tema yang berbeda tiap kelompoknya. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada 3 konsentrasi, yaitu linguistik, pranata dan kebudayaan, sama sastra. Itu diambil di semester 6. Saya waktu dulu ambil peminatan linguistik. Konteks pada dasarnya kan mahasiswanya dituntut untuk bisa berbahasa Jepang baik secara lisan dan tulisan. Kalau temen-temen yang lain gak terlalu minat ke linguistik, beberapa orang mikir banyak yang menghindar dari linguistik. Saya merasa tertantang untuk membandingkan sosiolinguistik bahasa Jepang dan bahasa Indonesia di masyarakat Medan.

Slide1

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Jalur masuknya itu saya sendiri masuk lewat jalur mandiri, bisa diakses ke usu.ac.id atau buka offical instagram @usuofficial. Ketetatan prodi ini tiap tahunnya berbeda tiap tahunnya. Kalau kuota SNMPT itu 20-25%, SBMPTN itu 50% dan 30% untuk jalur mandiri.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Gimana pun situasi dan kondisinya, kita harus semangat, jangan pernah mengeluh meskipun pembelajarannya daring. Di USU juga banyak organisasi yang bisa diikuti, nah manajemen waktu itu penting. Jangan lupa akademik selama berorganisasi. Tetap utamakan akademik, tapi tidak ada salahnya untuk ikut berbagai organisasi sesuai minat dan bakat. 

Kalau untuk camaba, adik-adik mahasiswa, tanyakan pada diri sendiri minat dan bakat kalian sebelum menentukan jurusan, supaya yakin dan bisa bertanggung jawab dengan pilihan kita. Jangan ikut-ikutan teman, cari informasi atau tanya ke kakak kelas yang sudah masuk jurusan yang kita inginkan. Jangan sampai hanya melihat background jurusannya tapi pas udah masuk bingung mau ngapain dan apa yang akad dipelajari. 

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerja jurusan ini, bisa menjadi guru Bahasa Jepang, bisa menjadi interpreter, jurnalistik, dosen, kerja di perusahaan luar negeri khususnya di Jepang. Kalau dari kakak tingkat banyak yang bekerja di beberapa sekolah dan melanjutkan studi. Banyak juga yang menjadi jurnalis dan maskapai penerbangan atau travel. 

Harapan dan rencana ke depannya?

Harapan jangka pendeknya itu pengen lanjut S2 baik di Indonesia atau di Jepang. Jangka panjangnya pengen apa yang saya dapat selama kuliah ini bisa bermanfaat untuk masyarakat. 

Kode konten: C233

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Left Menu Icon
Instagram @intipkuliah