Bahasa Perancis, Universitas Gadjah Mada

Sastra Perancis UGM (Fatah)

Sastra Perancis UGM (Fatah)

Halo sobat intipers! Aku Teuku Agam Fatahillah dari Sastra Perancis UGM angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Secara umum, jurusan Sastra Perancis UGM seperti apa?

Kuliah sastra itu kita gak cuma belajar bahasa dan sastranya tapi juga budaya, politik dan aspek lainnya yang menyangkut budaya. Jadi di Sastra Perancis kita gak hanya belajar bahasa, tapi budaya Perancis juga di semester awal-awal, terus di semester 3 atau 4 itu udah mulai membahas politiknya. Belajar aspek sosialnya juga, jadi gak melulu sastra. Kita senantiasa diberikan pengenalan budaya Perancis sama dosen jadi nanti akan terinternalisasi dengan sendirinya sih sama mahasiswanya. Bahkan dosen kami orang Perancis kan jadi kuliahnya full pake bahasa Perancis.

Sedikit cerita, saya itu termasuk yang masuk Sastra Perancis tapi belum belajar bahas Perancis sama sekali, jadi modal nekat. Ngiranya bakal parah karena belum pernah belajar sama sekali, tapi rupanya dengan kurikulum Sastra Perancis UGM ini selama 2 semester kita belajar bahasa Perancis dari awal. Kita gak bakal ambil mata kuliah apapun kecuali 20 sks khusus belajar bahasanya, jadi 2 semester total 40 sks full belajar bahasa Perancis aja biar nanti semester selanjutnya itu bisa ikut kuliah karena tugas, presentasi itu pake bahasa Perancis.

Menariknya adalah kita belajarnya gak kaya pas SMA, dosen akan berinteraksi dengan mahasiswa menggunakan Bahasa Perancis mulai dari pelan-pelan sampai tanpa sadar kita bisa, melalui kurikulum itu. Menurut saya yang ngajarinnya pun dosennya berkualitas karena kalau gak alumni sastra Perancis dan S3 belum boleh jadi dosen di sini, kecuali dosen native ya yang dari Perancis.

Jangan khawatir juga untuk temen-temen yang belum pernah belajar Bahasa Perancis tapi minat ke jurusan ini karena biasanya 7-8 dari 10 mahasiswa belum pernah belajar bahasanya sama sekali. Secara fakta di perkuliahan itu pasti semuanya dimulai dari basic.

schooters

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Sastra Perancis UGM?

Saya memang basicnya di bahasa, dulu sempet kepikiran ambil sastra Jepang atau Sastra Inggris abis itu kepikiran ambil Jerman. Kepikiran kalau saya agak males kalau belajar aksara baru yang bukan latin, jadi saya kepikiran untuk ambil jurusan bahasa yang susah sekalian gitu yang menantang sekalian. Modal nekat saya belum pernah belajar bahasa Perancis sama sekali bahkan saya dulu bonjour aja dulu gak ngerti, ya separah itu. Sampai dimana pengumuman SNMPTN saya cuma ngisi jurusan ini aja dari 3 pilihan jurusan. Ternyata diterima, dan memang beda banget dari ekspektasi awal, ada shocknya juga tapi bersyukur juga.

Dulu ekspektasinya tiap hari buku, kan nama jurusannya juga sastra. Ekspektasi aku dari semester 1 udah dipegangin buku sastra apa gitu yang tebel pake bahasa Perancis dan harus bisa gitu. Ternyata enggak, emang dari awal lah kaya anak TK gitu.

Kurikulum itu di semester 1 dan 2 kan kita cuma belajar bahasa Perancis. Kita ambil 20 sks per semester yang dibagi jadi 4 mata kuliah, Pemahaman lisan itu kita listening, Produksi lisan itu kita ngomong. Terus pemahaman tulis ya kita belajar grammar dan produksi tulis itu kita memproduksi melalui tulisan. Bener-bener kaya anak kecil belajar dari awal banget. Emang kadang bosen, tapi bener-bener ajaib di semester 3 aku udah bisa secara aktif bahasa Perancis.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Aku suka mata kuliah Pengantar Sejarah Kesusastraan Perancis itu didalamnya belajar sejarah Prancis. Kita belajar perang salib, perang ini dan itu gitu, jadi belajar sastra perancis, sejarah, antropologi sama filsafatnya juga iya. Ada satu mata kuliah lagi yang aku tunggu-tunggu itu Pengantar Gender. Pas mau KRS-an itu sampai udah penuh terus kuotanya.

Kalau tugas itu kayanya temen-temen bakal suka, karena termasuk sangat manusiawi karena gak ada praktikum, kuis waktu itu cuma sekali. Tugas di semester 1-2 itu cuma ngerjain semacam buku paket aja. Semester 3 ke sana mulai bikin presentasi, mereview film. Itu beberapa pake bahasa Perancis.

Di sastra perancis itu kalau UTS atau UAS itu gak ada kaya dikasih paper terus ngerjain di kelas. Jadi mengikuti mata kuliah ada produksi tulis, pemahaman tulis, produksi lisan dan pemahaman lisan. Pemahaman lisan itu kaya listening TOEFL lah tapi Bahasa Perancis, pemahaman tulis itu dikasih soal terus kita jawab. Kalau produksi lisan itu wawancara sama dosen, ini yang bener-bener seru. Wawancara kaya pura-pura kita ambil lotre gitu dan dapet perannya. Misalnya aku dapet peran pedagang, nanti dosen jadi pembeli, jadi kaya main drama tapi dalam bahasa Perancis. Produksi tulisnya itu nanti kita bikin surat-suratan pake Bahasa Perancis. Jadi ujian gak kerasa ujian.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di Sastra Perancis UGM?

Ada, sastra dan linguistik, namun di kurikulum baru ini dari angkatan 2017 kita akan dikenalkan dua-duanya, gak harus milih. Kemarin aku udah dapet linguistik dan sastra perancis klasik jadi campur gitu. Paling nanti pas skripsi bisa milih mau konsentrasinya ke mana.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Setahuku ada SNMPTN, SBMPTN sama UTUL UGM. Standarnya UGM lah gitu.

Penerimaan seangkatan UGM itu cuma 30 orang. Angkatan 2017 itu 18 orang, di 2018 25 orang, nah di 2020 ada 29 orang. Yang daftar banyak sih tapi yang diterima cuma segini. Aku mikirnya sih kalau belajar bahasa itu dosen mesti hafal mahasiswa 1-30 biar bisa paham dan monitor kompetensi masing-masing mahasiswa.

Aku spill the tea ya waktu SNMPTN kenapa aku cuma isi satu slot pilihan jurusan karena banyak yang gak ngerti entar sastra perancis nanti ngapain, mungkin nanti yang daftar pasti gak segila-gilaan jurusan lain. Yakin sih peminatnya ratusan gitu nanti diambilnya 30an ya.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Selain harus rajin kuliah gak boleh bolos ya tipsnya itu penting banget!
dulu saya sendiri gak ngerti saya ambil sastra jaminannya apa, tapi karena saya yakin dengan keputusan saya, buahnya adalah saya punya akses untuk pemikiran-pemikiran saya yang mungkin gak pernah keakses kalau gak di jurusan ini karena belajar bahasa mau gak mau membuka wawasan kita lebih luas. Dengan belajar itu secara gak langsung kita belajar bahasa dan sedemikian dengan orang yang menuturkan bahasa tersebut. Untuk belajar bahasa itu pasti ada fase kita merasa down karena gak bisa terus karena berusaha nanti akan tiba-tiba bisa dan euforia, di masa euforia itu kita merasa kurang cukup dan kita tahu kompetensi kita tidak setinggi yang kita kira terus kita belajar terus menerus dan sampai merasa mending. Itu proses yang melelahkan namun normal. Pesanku adalah kalau kamu udah mengambil sesuatu dan yakin itu jalanmu, kalau udah cape itu istirahat bukan berhenti karena sayang banget waktu, tenaga dan materi. Semangat buat kalian yang sedang berusaha.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Jadi anak sastra asing pasti ditanya nanti kerja apa gitu. Orang-orang ngertinya jadi tour guide, penyair tapi kan gak semua passionnya di situ. Dengan kalian punya kompetensi bahasa Perancis, lapangan kerja kalian itu gak terbatas, kalian bisa kerja di perusahaan manapun asal punya cabang dengan perancis atau foundernya perancis.

Cerita katingku itu fresh graduate itu jadi HRD perusahaan perminyakan Perancis, manager hotel punya perancis. Kalau kalian ambil sastra perancis bisa kerja mandiri seperti penulis, translator, interpreter. Kalau kerjanya ikut orang itu bisa kerja di pemerintahan misalnya departemen luar negeri terus kalau ke perusahaan bisa ke perusahaan percetakan, perkantoran yang ada hubungannya dengan perancis. Jadi emang banyak banget gitu, luas banget.

Q&A

  1. Akreditas sastra Perancis UGM itu apa?

Akreditasnya A, dosennya keren-keren juga.

Kode Konten: C154

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *