IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Sejarah dan Peradaban Islam

Sejarah dan Peradaban Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon (Fariz)

Halo sobat intipers! Aku M. Farizan Saputera dari Sejarah dan Peradaban Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagaimana gambaran umum program studi Sejarah dan Peradaban Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon?

Secara garis besar, prodi ini mempelajari sejarah tentang islam, baik dari awal zaman islam sebelum masuk ke bangsa arab hingga islam di zaman Rasulullah, lalu khalifah, dinasti dan keruntuhan di Turki Usmani. Selain kita belajar tentang sejarah islam, kita juga belajar dasar-dasar keilmuan sejarah, makanya kita bergelar S.Hum karena ada pembekalan tentang ilmu sejarah secara umum, bukan hanya sejarah islam saja. Kita juga mengulang kembali pelajaran sejarah Indonesia baik dari pra-aksara, hindu, buddha dan juga islam. Kita mengulang kembali pelajaran di SMA. Seru banget. Mitos orang-orang kan dari nama jurusannya ada islam-islamnya, otomatis mereka berpendapat lulusan jurusan ini jadi ustad. Padahal ga semuanya jadi ustad. Alumni kita banyak yang kerja di instansi baik pemerintahan maupun swasta.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa.

Apa alasan memilih jurusan Sejarah dan Peradaban Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon?

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Kalau dibilang saya pandai sejarah, sebenernya saya ga pandai. Saya memilih jurusan ini karena ada rasa penasaran ke sejarah keislaman. Dulu kan sehabis subuh suka ada film khalifah umar, nah saya tertarik mau mengetahui lebih dalam. Pas saya masuk jurusan ini ternyata dibahas juga pembentukan SDM, pengembangan manusia juga. Jurusan ini tuh bener bener menarik dan kita bisa tau kenapa sih umat islam sekarang mengalami kemunduran. Ternyata akarnya ada di sejarah dimasa lampau.

Apa mata kuliah favorit atau tugas yang ada di Sejarah dan Peradaban Islam?

Matkul favorit saya itu sejarah peradaban islam masa disintegrasi dan kejayaan. Disini dibahas kejayaan yg pernah diraih, berhasil dibangun umat islam. Di sekarang, proposal skripsi saya membahas mengenai keilmuan filsafat Ibnu Rasyid di Andalusia yang dianggap menyimpang tapi justru bisa menimbulkan pengaruh besar di peradaban barat. Jadi dilakukan penaklukan wilayah dari segi keilmuan, barat belajar dari bagaimana islam menaklukkan wilayah dulu. Dari suku nomaden bisa menghasilkan sebuah peradaban yang luar biasa. Kalau misal ditanya apa matkul favorit dilapangan, saya suka etnografi. Saya pernah disuruh bikin kelompok untuk menganalisis suatu kegiatan, akhirnya saya meneliti tentang budaya mengemis dikomplek makam sunan gunung djati.disana menjadi tradisi. Ini menarik dan kita juga bisa menggali lebih dalam dan mengetahui lebih dekat dengan mereka.

Apa saja konsentrasi dan keahlian di Sejarah dan Peradaban Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon?

Konsentrasi dijurusan Sejarah dan Peradaban Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon nanti akan diarahkan di semester 6. Untuk konsentrasi terbagi menjadi beberapa, ada sejarah peradaban islam, sejarah islam kawasan yang terdiri dari sejarah dunia, Afrika-Asia, Asia-Eropa, Eropa-Amerika. Ada lagi dibidang kajian sejarah Indonesia mulai dari Indonesia kuno, masa Hindu, Buddha, Islam, Pra-kolonial dan pascakolonial. Kajian budaya juga masuk ke konsentrasi. Karena disana ada antropologi, etnografi dan sosial budaya dasar. Jadi konsentrasi jurusan ini bisa kemana saja. Saya sendiri ambil konsentrasi sejarah peradaban islam bagian disintegrasi atau masa-masa kemunduran.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Apa saja jalur masuk yang ada dijurusan ini?

Saya masuk Sejarah dan Peradaban Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon lewat jalur SPAN-PTKIN, mirip SNMPTN namun dikhususkan untuk perguruan tinggi keagamaan. Selain itu juga ada jalur UM-PTKIN yang sejenis dengan SBMPTN, jadi kita tes tulis. Lalu ada juga SPMB 1 dan SPMB 2, mirip juga dengan UM-PTKIN, terbuka lebar banget bagi kalian yang mau masuk IAIN, banyak sekali jalur masuknya. Di IAIN banyak beasiswa juga seperti bidikmisi, KJMU, KIP, JFLS. Di setiap semester, dari IAIN juga ngeluarin beasiswa non-akademik dan akademik bagi teman-teman yang kurang mampu. Bahkan dikampus saya juga ada beasiswa dari Bank Indonesia. Jadi jangan bingung terkait pembayaran UKT.

Apa urgensi jurusan Sejarah dan Peradaban Islam?

Kalau dari perspektif islam, pasti kan kita bertanya tanya kenapa sekarang peradaban barat justru lebih maju. Kita seharusnya kan bangga terhadap peradaban yang maju sekarang. Ternyata dari situ ada rasa semangat dari kaum muslim dizaman dahulu untuk menuntut ilmu, mencari hal yang baru. Urgensi masuk jurusan Sejarah dan Peradaban Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon ini adalah kita bisa lebih semangat lagi menuntut ilmu karena berkat ilmu lah kita mencapai puncak kejayaan. Ternyata semua yang ada didunia ini merupakan hasil karya kita. Harusnya kita bisa berbangga diri.

Adakah tips untuk calon mahasiswa baru?

Temen saya banyak banget yang asalnya selain dari pesantren. Bahkan saya dari jurusan IPA dulunya. Untuk teman-teman semua yang akan masuk IAIN Cirebon, yang harus temen-temen persiapkan yaitu Bahasa Arab. Karena bakal ada matkul khusus Bahasa Arab di semester 1 dan 2. Disini juga ada program BTQ dimana kita bisa mempelajari tilawatil quran. Di IAIN juga ada program kajian kitab kuning. Kita yang sekolah diselain pesantren pasti bakal kaget kan. Sebenernya kita tetap pakai kitab yang ada harakatnya yang akan diterjemahin sama dosennya sih, tapi ini kan awam banget untuk kita yang berasal dari luar sekolah-sekolah islam. Teman-teman didaftar hadir juga jangan banyak kosongnya ya. Jadi bisa mengikuti dengan baik tentang pelajaran agama-agama yang ada. Kita juga aka nada bimbingan khussus, Namanya program mahad. Bisa dibilang kita ikut pesantren pra kampus gitu lah. Ini untuk temen temen yang dari luar sekolah keagamaan. Jadi teman-teman bisa ikut program ini untuk menambah pengetahuan baru. Saya pribadi gaterlalu sulit beradaptasi, karena teman-teman saya berasal dari jabodetabek yang berasal dari madrasah. Jadi saya dapat berbaur dengan mudah dan sekalian mendapat ilmu baru. Kalian bisa cari teman-teman yang satu frekuensi dengan kita yang nantinya akan membantu kita dalam menghadapi perkuliahan.

Prospek kerja dan alumni jurusan Sejarah dan Peradaban Islam seperti apa?

Prospek kerja bisa dibilang luas sih. Kita bisa menjadi pengajar. Kita juga bisa ke ranah lain, misalnya multimedia, menjadi seorang peneliti, atau kita juga bisa lanjut studi ke S2 dan kemudian menjadi tenaga akademisi. Bisa juga loh penjadi penulis. Balik lagi ke skill yang mau teman-teman kembangkan.

Rencana dan harapan setelah lulus?

Dari saya pribadi, dengan ilmu yang saya punya, saya akan kembangkan menjadi sebuah karya tulis. Saya ada rencana menjadikan skripsi saya menjadi buku yang bisa disebarluaskan dan menjadi kebermanfaatan. Kalau dari segi karir, saya akan membawa kearah pendidikan. Entah itu jadi guru ataupun dosen. Syukur-syukur saya bisa menjadi narasumber dari sejarah. Saya pengen banget ngisi jadi narasumber program keislaman di TV. Menjadi content creator juga menarik, untuk menceritakan seputar sejarah. Kalau ga ada kendala dan ada rezeki saya mau lanjut S2, ibaratkan keilmuan sejarah islam ini kan harus bisa dikembangkan. Jadi saya mau lanjut S2 di UI mengambil kajian timur tengah. Ketika S2 selesai saya akan mendaftar menjadi dosen.

Sejarah akan membawa kita ke sebuah arah. Walaupun banyak yang berkata sejarah harus dilupakan, pada nyatanya sejarah itu penting. Inget kata Ir. Soekarno, jangan pernah melupakan sejarah.

Kode konten: C935

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.