Sejarah, Uncategorized, Universitas Islam Negeri

Sejarah UIN Bandung (Hasbi)

Sejarah UIN Bandung (Hasbi)

Halo sobat intipers! Aku Hasbi Yasyalloh dari jurusan Sejarah UIN Bandung angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Sejarah UIN Bandung itu seperti apa?

Secara garis besar itu jurusan sejarah akan mempelajari mengenai segala bentuk peristiwa di masa lalu dari mulai zaman kuno seperti romawi, india, dan juga mesir hingga zaman modern contohnya perang dunia I dan II.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Kemudian antara jurusan ilmu sejarah dan pendidikan sejarah itu sangat berbeda, karena di pendidikan sejarah itu lebih kepada menanamkan dan mengembangkan tentang kesadaran sejarah kepada generasi muda, sedangkan ilmu sejarah itu lebih kepada eksplanasi mengenai peristiwa dimasa lalu.

Mitos dan fakta jurusan Sejarah UIN Bandung?

Kita anak sejarah itu banyak sekali yang bilang membosankan karena banyak cerita, terus yang lain mendengarkan jadi bosen cerita melulu. Kemudian banyak juga yang bilang sejarah itu susah move on dari masa lalu nya.

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Sejarah UIN Bandung?

Untuk alasannya waktu itu kelas 5 SD, saya itu awalnya disuruh maju kedepan kelas untuk menceritakan kenapa Indonesia merdeka secara singkat dan padat, dari situ saya mulai suka terus yang kedua itu ditambah saya senang menonton film kemerdekaan Indonesia semisal film merah putih, darah garuda.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Yang pertama itu mata kuliah jurnalistik sejarah, di mata kuliah ini kita akan terjun langsung contohnya, misalnya ada suatu berita yang menarik didaerah kita contohnya museum wayang di Jakarta. Kemudian kita disuruh untuk menuliskan secara singkat poin-poin yang menarik tentang kesejarahannya. Contohnya di museum wayang itu terdapat boneka mungil, boneka China, dan alat musik Sunda.

Kemudian yang kedua itu ada mata kuliah seni budaya Sunda, gak beda jauh sebenernya. Di mata kuliah ini kita mengenal budaya-budaya Sunda contohnya seperti wayang golek, sisangaan, dan lain sebagainya. Kemudian yang ketiga mata kuliah firologi, di mata kuliah ini kita melakukan kuliah ke lapangan untuk mencari sebuah teks yang berbentuk naskah yang ada di masa lalu yang masih tersimpan dan terbaca.

Kegiatan Jurnalistik

Kemudian yang terakhir adalah mata kuliah kearsipan. Di mata kuliah ini kita diajarkan cara merawat sebuah dokumen baik itu surat-surat atau penyimpanan warkat. Pada waktu itu di mata kuliah kearsipan, saya ke sebuah KUA untuk mencari kearsipan di jalan Cibiru kalau tidak salah.

Praktikum di jurusan Sejarah UIN Bandung?

Kalau untuk praktikumnya gak ada, adanya praktik kerja lapangan. Waktu itu saya menulis tentang sejarah masjid Istiqlal, karena memiliki bentuk dan ukiran yang unik.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau konsentrasinya gak ada. Karena kita dari semester pertama sampai sekarang kita satu konsentrasi semuanya.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Kalau saya masuk jalur Mandiri prestasi, jalur SNMPTN, SBMPTN, SPANPTKIN, UM, saya ditolak. Kalau di UIN Bandung ada 2 jalur mandiri, misalnya ada jalur mandiri prestasi, misalnya kalian bisa punya hafalan Quran, temen-temen bisa masuk dari jalur itu. Sebenernya saya dulu dari pesantren rajin baca Al-Quran, jadi saya masuk lewat jalur tahfidz Quran.

Ada tips buat mahasiswa baru Sejarah UIN Bandung?

Kalau untuk tantangannya di satu mata kuliah yang membuat makalah minimal 90 halaman, kalau gak bisa kalian mengulang di tahun depan, kemudian kita harus membawa 5 buku yang berbeda-beda setiap bukunya. Terus yang kedua, setiap mahasiswa wajib membaca buku sebelum mata kuliah itu mulai. Terus yang ketiga itu kita minimal 10 menit sebelum kuliah dimulai, kalau tidak kita harus menerima kalau kita dianggap alfa atau bisa mengulang tahun depan.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Jurusan sejarah itu lebih kepada kerja sebagai jurnalis, kemudian sebagai guru, dosen, sejarawan, sebagai penjaga museum, dan penulis. Kalau menjaga museum itu misalnya ada orang yang datang ke museum, kita memberi informasi kepada pengunjung bahwasannya di museum ini aturannya seperti apa.

 Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Harapan saya sudah merancang dari jauh-jauh hari sebelum kelulusan. Saya sudah melamar ke sebuah penulisan artikel di Bekasi. Sebelum saya lulus saya bertekad ingin mencari pekerjaan sebelum lulus. Karena pendidikan tidak menjamin kesuksesan, maka dari itu saya memang sudah merancang jauh-jauh hari agar saya tidak menganggur.

Q&A

  1. Tips untuk bisa suka sama sejarah?

Kalau tipsnya itu kita harus banyak-banyak membaca, kemudian memnonton film yang bertemakan sejarah, kemudian yang ketiga kita harus ke sebuah tempat yang bersejarah, yang nantinya akan menimbulkan kecintaan kita pada sejarah.

 

Kode konten: C625

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *