Sejarah, Universitas Diponegoro

Sejarah Universitas Diponegoro (Nabilla)

Sejarah Universitas Diponegoro (Nabilla)

Halo sobat intipers! Aku Nabilla Friska Prasasti dari Sejarah Universitas Diponegoro angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Sejarah Universitas Diponegoro seperti apa?

Jurusan ini membahas tentang sejarah, yang berarti membahas masa lalu, kejadian atau peristiwa yang terjadi di masa lalu, beberapa peristiwa yang belibatkan tokoh-tokoh dan beberapa benda sejarah di dalamnya.

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Sejarah Universitas Diponegoro?

Turun termurun dari orang tua, karena orang tua dulu juga sejarah UNDIP, dan tertarik ingin belajar tentang kejadian-kejadian yang terjadi di masa lampau. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Manajemen warisan budaya, karena disana belajar tentang budaya yang ada di Indonesia termasuk budaya yang ada di Jawa. Paling menarik soal KKL, Kuliah Kerja Lapangan, mahasiswa sejarah KKL di berbagai situs atau tempat yang ada di masa lalu, kaya tempat peninggalan masa lalu.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalo matkul peminatan ada, banyak malah. Bisa dipilih salah satu atau dua juga bisa, soalnya persemseter itu mata kuliahnya beda, macem-macem, mata kuliah pilihan tergantung teman-teman maunya apa, sesuai minat mereka. Mata kuliah pilihan banyak sekali, kalo tidak salah dari semester 3 sudah ada pilihan.

pmb2-min

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

SNMPTN, SBMPTN, mandiri, kalo UNDIP ada PSSB atau SBUB, kalo PSSB itu jalur untuk bibit unggul yang ditujukan untuk mahasiswa vokasi. Kalo SBUB bibit unggul juga yang cukup ketat karena lewat jalur kejuaraan olahraga, tahfidz dll. Aku lewat jalur ujian mandiri, info lebih lanjut bisa di akses di website um.undip.ac.id.

Ada tips buat mahasiswa baru Sejarah Universitas Diponegoro?

Mempersiapkan diri dengan matang, karena milih jurusan ga gampang, takutnya salah jurusan, seperti saya lah ini, SBMPTN sebentar lagi, semoga lebih fokus.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Jadi dosen, peneliti, entrepreneur, polisi, jurnalis, terus banyak sebenernya.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Bisa langsung dapat kerja, bisa lanjut S2 atau mencari beasiswa karena akukan pengennya ke luar negeri, harapan untuk jurusan atau adik-adik, semoga mendapatkan jurusan yang sesuai, karena kalo ga kuat, nanggung ya kalo mau keluar, milih jurusan ga main-main, kasian orang tua apalagi non bidikmisi udah bayar mahal-mahal.

Kode konten: C353

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *