Sejarah, Universitas Gadjah Mada

Sejarah Universitas Gadjah Mada (Juliana)

Sejarah Universitas Gadjah Mada (Juliana)

Halo sobat intipers! Aku Juliana Amaliawarman jurusan Sejarah Universitas Gadjah Mada angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Sejarah Universitas Gadjah Mada itu seperti apa?

Secara garis besar jurusan sejarah mempelajari peristiwa yang terjadi di masa lalu. Tetapi, tidak hanya terpaku di lingkup masa lalunya saja tetapi juga ada hubungannya dan berkaitan dengan kontek politik, budaya, ekonomi, agama, dan sosial.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Nah, jurusan sejarah biasanya mitosnya/identiknya dengan menghafal. Padahal di jurusan sejarah ini ada banyak hal-hal yang lebih seru daripada sekedar menghafal nama tokoh/tanggal-tanggal/tahun-tahun penting. 

Justru di jurusan sejarah itu kita belajarnya bukan dengan menghafal tetapi memahami. Bahkan di jurusan sejarah ini kita juga belajar tentang cara membuat tulisan kreatif serta visualisasi sejarah melalui film dokumenter.

Karena, contohnya ada kating (mas masruhan) yang skripsinya mengerjakan film dokumenter sejarah

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Sejarah Universitas Gadjah Mada

Alasannya Peluang. Ya, peluang karena aku dulu masuknya lewat jalur SNMPTN dan kebetulan saat itu di SMA-ku gak ada yang milih jurusan sejarah di UGM. Nah, terus menurut pikiranku saat itu kalau itu adalah peluang. Dengan dorongan dari para guruku saat itu, orang tua pastinya, dan teman-teman dekat mereka juga meyakinkan kalau aku bisa dan memiliki potensi di sejarah. At the end, aku milih jurusan sejarah sebagai pilihan 1 di SNMPTN dan alhamdulillah-nya lolos. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Menurut aku ya, di sejarah UGM mata kuliah yang khas dan menarik itu adalah Bahasa Belanda dan PPS (Praktik Penelitian Sejarah). Karena ya baru saat itu aku mempelajari bahasa belanda dan uniknya mata kuliah bahasa belanda ini wajib selama 3 semester yaitu semester 1,2, dan 3 yang nantinya dibagi menjadi bahasa belanda 1, bahasa belanda 2, dan bahasa belanda 3. Adapun untuk mata kuliah PPS (Praktik Penelitian Sejarah) ini nanti didapatkan di semester 3, matkul ini terbilang menarik, unik, dan menantang. Karena matkul PPS ini oleh dosen-dosen kami biasanya dijuluki sebagai skripsi mini karena memang dimata kuliah inilah kita sebagai mahasiswa dituntut untuk melakukan penelitian kemudian membuat makalah semacam skripsi mini (kira-kira 30 halaman). Itu yang bikin menantang itu disini kita harus bisa menerapkan ilmu kita dalam mencari sumber sejarah seperti arsip, dokumen, atau foto-foto.

Adapun untuk pengalaman pribadiku, butuh kesabaran ekstra untuk mencari sumber sejarah itu apalagi kalau dari koran atau surat-surat yang sudah lama dan berbahasa belanda. 

Selain itu, juga ada tiap semester melakukan Kuliah lapangan seperti mendatangi kantor arsip dan tempat-tempat bersejarah. Kalau aku dulu sempat merasakan di semester 1 kuliah lapangan ke semarang. Tetapi, karena sejak tahun lalu pandemi jadi kuliah lapangan tidak memungkinkan untuk diadakan. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

tidak ada konsentrasi khusus di jurusan Sejarah UGM.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Program Sarjana Ilmu Sejarah Departemen Sejarah FIB UGM setiap tahunnya menerima pendaftaran mahasiswa dengan daya tampung kurang lebih 40 mahasiswa melalui program SNMPTN, SBMPTN, maupun Ujian Tulis (UTUL) UGM.

Sebenarnya, ada 1 jalur lagi yaitu jalur PBU (penelusuran bibit unggul). Untuk tahun 2020 peminatnya ada : 252 orang. Skor UTBK terendah tahun lalu (2020) : 656. Daya tampung sbmptn 2021 : 16 orang .

Daya tampung total : 40 orang 

Untuk tahun lalu yang SNMPTN itu ada 10 orang, SBMPTN 13 orang, dan UTUL 12 orang, serta jalur PBU ada 2 orang. 

  • Pendaftar Jalur SNMPTN dan SBMPTN dapat memilih 2 (dua) program studi pada jenjang Sarjana.
  • Pendaftar Jalur Ujian Tulis (UTUL) dapat memilih 3 (tiga) program studi pada jenjang Sarjana dan/atau Diploma.
  • Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.

Nah, secara lebih lanjut untuk yang penasaran mengenai jurusan sejarah UGM dan penasaran dengan jalur seleksinya bisa mengunjungi website : 

  1. https://sejarah.fib.ugm.ac.id/program-sarjana/ (penjelasan mengenai jurusan sejarah UGM)
  2. https://um.ugm.ac.id/ (ada penjelasan mengenai jalur-jalur pendaftarannya secara lengkap mulai dari persyaratan, prosedur, dan jadwal)
  3. https://sidata-ptn.ltmpt.ac.id/ (untuk info sbmptn & snmptn)

Ada tips buat mahasiswa baru Sejarah Universitas Gadjah Mada?

Mulai biasakan untuk menjalani kehidupan sebagai mahasiswa, sering-sering membaca apalagi yang berkaitan sama sejarah, harus mulai terbiasa dengan artikel-artikel jurnal apalagi nanti banyak yang berbahasa inggris, harus mulai terbiasa juga dengan yang namanya arsip-arsip sejarah, dan mulailah membangun hubungan baik dengan teman sejurusan karena nanti kalian akan banyak diskusi. Kalau dari pengalaman pribadiku, ada kalanya kadang kita gak paham sama suatu materi, nah, aku dan beberapa teman terkadang melakukan diskusi kalau di masa pandemi gini ya diskusi online. Yang paling penting tetap semangat dan never give up . 

Serta selalu berusahalah untuk menggapai cita-citamu, sebab ada satu qoutes dari bung karno “ Gantungkan cita-citamu setinggi langit. Bermimpilah setinggi langit. Karena jika engau jatuh, engkau akan jatuh diantara bintang-bintang.”

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Untuk prospek kerjanya bisa jadi dosen kalau mau melanjutkan S2-S3, peneliti, arsiparis, kerja di ANRI, kurator museum/gallery, jurnalis, wartawan, penulis, copywriter, dan sebenarnya jurusan sejarah itu fleksibel kalau sehabis lulus ingin jadi pengusaha sukses juga bisa, jadi pegawai bank juga bisa, kerja di BUMN juga bisa. Intinya jurusan ini prospek kerjanya fleksibel. 

Apa rencana dan harapan setelah lulus ? 

Mengikuti alur, let it flow and let it go lahh. kalau masih dikasih sehat, sempat, dan ada rezeki harapannya semoga bisa lanjut S2. 

Kode konten: C470

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *