Institut Seni Indonesia

Tertarik Dengan Jurusan Seni Musik? Yuk Simak Detail Jurusan Ini!

Tertarik Dengan Jurusan Seni Musik? Yuk Simak Detail Jurusan Ini!

Tertarik Dengan Jurusan Seni Musik? Yuk Simak Detail Jurusan Ini!

Berikut pembahasan Intipkuliah.com tentang jurusan seni musik. Buat kamu yang tertarik dengan jurusan ini simak sampai habis ya!

        Sejarah lahirnya jurusan seni musik

Buat kamu yang gemar bermusik dapat mempertimbangkan kuliah di jurusan seni musik nih. Musik  sendiri awalnya telah ada sejak abad ke-2 dan ke-3 sebelum masehi. Seni musik awalnya digunakan untuk ibadah di gereja. Perkembangan seni musik terbesar terjadi pada abad pertengahan hingga zaman klasik. Dari hal itu seni musik dipelajari hingga akhirnya muncul berbagai genre yang dapat kita kenal hingga sekarang. Di zaman modern ini, kita bisa dengan lebih mudah memperdalam wawasan tentang musik dengan mengikuti pendidikan formal di sekolah musik maupun universitas atau pendidikan non formal seperti kursus. Wah, ga bisa dipungkiri di zaman modern ini kita rasanya ga bisa hidup tanpa musik ya!

Mata kuliah jurusan seni musik

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari musik sebagai bentuk ekspresi seni melalui bunyi dan ritme. Mahasiswa jurusan ini akan mempelajari mata kuliah seperti filsafat seni, sejarah musik, teori musik, manajemen industi musik, harmoni teori & praktek dan lain sebagainya. Di setiap universitas tentunya memiliki kurikulum yang berbeda-beda sehingga mata kuliah yang disediakan untuk jurusan seni musik di setiap universitas pun akan memiliki perbedaan juga. Selain itu, terdapat perbedaan juga antara program studi seni musik murni dengan pendidikan seni musik. Namun kalian tak perlu khawatir, kalian bisa menyesuaikannya dengan minat karir kalian kedepannya ya!. Pastinya udah kebayang dong nih untuk menjadi sarjana seni musik, kamu harus belajar apa aja.
Referensi Mengenai Pembahasan Jurusan Ini: https://www.youtube.com/watch?v=XotLv83P4LA

Tokoh terkenal dari jurusan seni musik

1. Isyana Sarasvati

Isyana Sarasvati

Siapa yang tak kenal dengan artis cantik yang satu ini? atau malah kamu merupakan salah satu penggemarnya. Penyanyi sekaligus penulis lagu ini merupakan lulusan dari sekolah musik Nanyang Academy of Fine Arts, Singapura dan juga dan Royal College of Music, Britania Raya. Terdapat banyak sekali karyanya yang terkenal seperti misalnya lagu “Tetap Dalam Jiwa”, “Anganku Anganmu” yang merupakan kolaborasi dengan penyanyi Raisa dan masih banyak lagi

 

2. Ismail Marzuki

Ismail Marzuki

Selanjutnya, ada komponis legendaris Indonesia yang terkenal pada masa awal kemerdekaan yaitu Ismail Marzuki. Rekam jejaknya sebagai pemusik membuat namanya diabadikan menjadi taman terkenal nih. Beliau merupakan orang yang berjasa dalam menciptakan lagu-lagu patriotisme seperti “Halo, Halo Bandung”, “Gugur Bunga”, dan “Rayuan Pulau Kelapa” dan masih banyak lagi. Nah, lagu-lagu ciptaan beliau ini masih dinyanyikan sampai sekarang loh!

 

3. Slamet Abdul Sjukur

Slamet Abdul Syukur

Slamet Abdul Syukur merupakan pionir musik kontemporer yang menerima Gelar Tanda Kehormatan Presiden Kelas Satyalancana Kebudayaan 2016. Beliau merupakan penerima beasiswa dari Kedubes Perancis di Jakarta dan dilanjutkan Yayasan Albert Roussel (seorang komponis Perancis), selama 14 tahun ia mendalami analisis dan komposisi musik. Beliau ini juga pernah menjabat sebagai dekan IKJ. Selain itu beliau juga mengajar di program pascasarjana di ISI Surakarta dan juga di UPI atau Universitas Pendidikan Indonesia.

Rekomendasi universitas yang menyediakan jurusan seni musik

Di pembahasan terakhir kita pada artikel ini, kita akan menguak rekomendasi universitas terbaik untuk jurusan seni musik, simak yuk!

  • Institut Kesenian Jakarta (IKJ)

    Dikutip dari laman resminya, IKJ merupakan perguruan tinggi seni satu-satunya yang berada di kota Jakarta. Sudah banyak banget loh alumni terkenal dari IKJ ini, contohnya saja musisi legendaris Iwan Fals dan Naif yang merupakan alumni S1 Seni Musik. Di IKJ ini terdapat beberapa fakultas seperti fakultas seni dan pertunjukan, fakultas film dan televisi, fakultas seni rupa dan desain dan juga program pascasarjana.

 

  • ISI Yogyakarta

ISI Yogyakarta merupakan Perguruan Tinggi Negeri dengan jurusan kesenian tertua di Indonesia, jadi kalian tidak perlu ragu dengan kualitas di sini nih!. Terdapat banyak alumni terkenal dari universitas ini misalnya Edhi Sunarso dan Butet Kertaredjasa. ISI Yogyakarta ini memiliki banyak fakultas, dan S1 Seni Musik berada di bawah fakultas seni pertunjukan.

  • Universitas Pelita Harapan (UPH)

Kampus swasta terkenal ini menyediakan S1 Seni Musik dengan banyak program studi seperti Classical Performance, Jazz and Pop Music Performance, Music Education, Music Therapy, Church Music Ministry, Performing Arts Production & Management dan masih banyak lagi. Wah banyak sekali yah pilihannya Intipers!

intipkuliah-web1

 

 

 

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.