Informatika, Institut Teknologi Bandung

Sistem dan Teknologi Informasi ITB (Figo)

Sistem dan Teknologi Informasi ITB (Figo)

Halo! Kenalin aku Figo Agil Alunjati dari Sistem dan Teknologi Informasi ITB. Simak ya intipers! Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa aja yang dipelajari di jurusan Sistem Teknologi Informasi ITB?

Kami fokusnya integrasi manajemen dengan teknologi. Kita mengombinasikan ilmu pengetahuan sistem informasi, ilmu rekayasa, matematika dan manajemen.

Banyak orang yang menyamakan antara STI dengan Teknik Informatika. Nah, kalau Teknik Informatika itu kan lebih ke programming, kalau jurusan kita itu lebih luas, jadi fokusnya ke manajemen dan sistem. Maka dari itu kami bisa menyentuh jurusan lain seperti informatika.

Tugas kuliah di Sistem dan Teknologi Informasi ITB kaya gimana?

Biasanya dosen ngasihnya di situs kuliah Online. Beragam tergantung matkulnya. Ada praktikumnya juga jadi di lab mengerjakan programming. Ada juga tugas besar yang dilakukan per kelompok.

Apa mata kuliah dan dosen favorit aku?

Saya suka matkul jaringan komputer. Di sana kami belajar tenang bagaimana data layer, merancang suatu LAN, dll. Ada juga matkul yang mempelajari cara menghubungkan software dan hardware itu menggunakan Microcontroller sebagai penghubungnya. Dosen favorit saya itu Pak Soni karena asik dan banyak senyumnya.

Apa tantangan terbesar kuliah di jurusan ini menurutku?

Lebih kepada masalah waktu. Banyak tugas kecil atau besar yang diberikan bersamaan deadlinenya. Maka dari itu gak jarang kalau tidurnya berkurang, dll.

Prospek kerja Sistem dan Teknologi Informasi ITB / alumni kerja dimana aja?

Karena ranahnya cukup luas, jadi banyak banget prospek kerjanya. Kita bisa kerja jadi software engineer, data analyst, system analyst, dan masih banyak lagi.

Tips buat kamu yang udah masuk jurusan ini?

Kuncinya itu manajemen waktu. Jadi gimana kita bisa bagi waktu dengan baik antara belajar, berdoa, sampai main. Karena main juga penting ya biar ga stres.

Harapan dan rencana setelah lulus?

Saya akan mencoba start up dengan teman saya. Kalau gak saya mau jadi data analyst dan nanti lanjut S2.

Kode Konten: Y168

Comments 3

  1. Fia

    kak, besar gak sih peluang sn utk masuk stei itb khususnya sti khususnya sekolah yang “ga dikenal” sama itb (maksudnya sekolahku alumninya jarang yg masuk itb)? dan faktor apalagi yang bisa memperbesar peluang masuk sn di stei? last one, skor utbk ter “aman” untuk stei khususnya sti itb berapa ka? trimakasih

  2. Aaron

    kak, berati di jurusan STI itu ada belajar networking? dan anak SMA bole masuk jurusan nya??

Yuk, komen disini untuk bertanya ke penulis. Jawaban akan dikirim ke email kamu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar