Sistem Informasi

Sistem Informasi STMIK AMIK Bandung (Huchi)

Sistem Informasi STMIK AMIK Bandung (Huchi)

Halo sobat intipers! Aku Huchi Wulandari jurusan Sistem Informasi STMIK AMIK Bandung angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Secara umum, Jurusan Sistem Informasi STMIK AMIK Bandung itu seperti apa?

Simpelnya itu buat aku, waktu perama kali aku denger jurusan ini, anak-anak yang bisa mendesain tentang sistem. Berbeda dengan anak TI, kalau TI itu membuat aplikasi kalau anak SI itu mendesain sistem. Jadi sebelum kita membuat, kita harus mendesain terlebih dahulu.

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Sistem Informasi STMIK AMIK Bandung?

Lucunya itu, aku awalnya dari SMK jurusan Farmasi. Pada tahun aku, farmasi gak ada beasiswa, semuanya rata-rata bayar, kemudian aku muter otak bagaimana caranya aku bisa berkuliah tanpa biaya sepeserpun. Aku mikir ada peluan di STMIK AMIK Bandung, ada tiga jurusan, dan aku lebih tertariknya ke sistem informasi. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Ada dua, yang pertama itu ada namanya mata kuliah web programming sama information design and analysis. Kalau web itu isinya ngoding, bikin web, cara ngodong yang bener kaya gimana, kalau ada yang salah kita harus muterin otak gimana caranya biar web itu jalan. Kemudian yang kedua, information design and analysis itu mempelajari bagaimana caranya kita bikin rancangan atau design dari aplikasi  dan menganalisis maksud dari kebutuhan untuk membuat aplikasi tersebut.

Praktikum di Sistem Informasi STMIK AMIK Bandung

Ada, praktikumnya itu yang membuat web, dari cara mengoding yang benar dan lain sebagainya sampai jadi web yang dapat digunakan. Awalnya aku kaget dalam hal ngoding ini, apalagi aku dari farmasi langsung terjun setiap hari depan komputer, agak puyeng juga. 

pmb2-min

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau konsentrasi sih gak ada, fokusnya yaitu ya buat sistem gitu. 

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Ada tips buat mahasiswa baru Sistem Informasi STMIK AMIK Bandung?

Kalau menurut pengalaman aku, apalagi mahasiswa yang beda jurusan awalnya, bukan dari RPL, TKJ, atau jurusan yang berhubungan dengan komputer, kalian bisa mencari sisi-sisi atau poin-poin yang bisa kalian ambil. Deketin dosennya, pelajari yang gak ada di kampus, secara otodidak pasti kamu bisa. Apalagi yang berkaitan dengan sistem informasi ya. 

kegiatan BEM Mengajar

kegiatan BEM Mengajar

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Sejauh yang aku tau dari alumni-alumni yang deket sama aku itu rata-rata di pemerintahan. Contohnya itu kaya di BNN, di cyber army, sama di Apple Store yang di Jakarta, tapi dengan ketentuan yang berbeda-beda dan pastinya jobdesc yang berbeda-beda tergantung jurusan yang kalian ambil. Contohnya aku sistem informasi ngambil di BNN, pastinya gak mungkin ke IT security, bisa aja sebenernya cuman karena yang dipakai di sistem informasi adalah analisis sitem, otomatis kita pasti akan ditempatkan di analisis sistem atau web development.

Kode konten: C334

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *