Agribisnis

Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Jember (Silvi)

Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Jember (Silvi)

Assamu’alaikum sahabat intipers. Perkenalkan nama saya Silviana Dini Kunanti, biasa dipanggil Silvi. Saya adalah mahasiswi angkatan 2016 di Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Jember. Bismillah, melalui akun ini saya akan sedikit berbagi informasi dan pengalaman selama hampir 4 tahun kuliah di jurusan Sosial Ekonomi Pertanian (SOSEK).  Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya , jawabannya akan masuk ke email kalian kok.

Apa dan bagaimana sih jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Jember ?

Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian atau kami biasa menyebutnya SOSEK adalah salah satu jurusan di Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian UNEJ. Dosen kami biasa menyebut jurusan ini sebagai multitalent, sebab yang dipelajari bukan terfokus pada eksakta maupun sosial, tetapi keduanya. Eksak dan sosial yang kami pelajari mengacu pada sektor pertanian.

Sebagian besar masyarakat berpikir bahwa yang namanya pertanian hanya terbatas pada pengusahaan tanaman pangan. Memang benar jika itu dipandang dari arti sempit. Namun bagi kami, sektor pertanian memiliki arti luas yang mencakup tanaman pangan, perkebunan, hortikultura, kehutanan, peternakan dan perikanan. Kesemua subsektor tersebut dipelajari. Dalam arti kami bisa menjadikan subsektor tersebut sebagai objek dari tugas yang diberikan dan menjadi contoh objek dari penjelasan oleh dosen.

Slide5

SOSEK yang menjadi salah satu jurusan di Prodi Agribisnis membuat kami bukan hanya belajar tentang usahatani saja. Kita juga mempelajari tentang pengusahaan input usaha tani. Usahatani itu sendiri, pengolahan, pemasaran, dan sistem penunjang yang berasal dari pemerintah. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa SOSEK mempelajari eksakta dan juga sosial. Maksudnya yang dipelajari dalam suatu rangkaian agribisnis bukan hanya terkait ekonomi saja, tetapi juga sosial dan budaya dalam suatu kelompok masyarakat. Misalnya saja dalam agribisnis jagung. Yang dipelajari adalah yang berkaitan dengan input apa saja yang dibutuhkan dalam usahatani jagung, perhitungan biaya untuk usahatani, manajemen risiko, penentuan wilayah spesifik lokasi pertanaman jagung, olahan jagung dan pemasarannya, target konsumen, dll.

Tugas dan mata kuliah khas di jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Jember ?

SOSEK UNEJ itu terkenal dengan yang namanya praktikum, dan kalau mendengar kata ‘praktikum’ maka tidak lepas dari yang namanya in haln. In haln adalah tugas yang diberikan kepada praktikan yang tidak masuk praktikum, telat masuk ataupun mengumpulkan tugas, dan melanggar aturan praktikum lainnya. Hampir semua mahasiswa SOSEK merasakan in hal ini. Ya, hampir  berdasarkan pengamatan sekilas saja.

Setelah menempuh semua mata kuliah wajib dan beberapa pilihan, mata kuliah khas dan berkesan di SOSEK UNEJ bagi saya adalah Manajemen Agribisnis (MA) dan Kapita Selekta Agribisnis (KSA). Manajemen Agribisnis menjadi mata kuliah khas di SOSEK karena ini adalah dasar pelajaran tentang manajemen dalam bidang pertanian yang akan menjadi kunci kami memahami pelajaran berikutnya. Pengalaman berkesan saat menempuh Manajemen Agribisnis ini ada saat menjalani praktikum. Kami diminta untuk mencari dan memilih salah satu perusahaan berbasis pertanian yang berskala agribisnis, artinya perusahaan tersebut memenuhi kebutuhan bahan baku, mengolah bahan baku, dan memasarkan produknya sendiri. Kemudian kami diminta untuk menggali informasi berkaitan dengan manajerial perusahaan, dan memberikan saran membangun.

Kapita Selekta Agribisnis (KSA) lain halnya dengan MA yang praktikumnya diampu oleh laboratorium. Dosen pengampu KSA akan langsung memberikan tugas lapang kepada mahasiswanya. Yang berkesan dari KSA ini adalah ketika dosen juga meminta mahasiswa membentuk kelompok dan membuat video terkait salah satu perusahaan berbasis pertanian berskala agribisnis. Video tersebut kemudian di-upload di youtube. Jadi mata kuliah ini akan terasa menyenangkan sekali, apalagi bagi kalian yang seorang youtuber. Bagi yang penasaran ingin tahu seperti apa, coba cek langsung di youtube, cukup dengan keyword ‘Kapita Selekta Agribisnis UNEJ’. Selamat menonton! 🙂

Tips untuk para Maba SOSEK UNEJ?

Bukan hanya untuk Maba, tapi juga untuk para lulusan SMA/sederajat yang berencana  meneruskan jenjang pendidikan di SOSEK UNEJ. Kuliah di SOSEK UNEJ itu butuh semangat, kemauan, dan motivasi yang tinggi. Semua itu dibutuhkan karena kalian akan menghadapi beragam tantangan. Tugas dosen ataupun tugas praktikum yang bisa membuat kalian begadang semalam suntuk. Tidak perlu khawatir, cemas, takut, atau sebagainya. Jika tujuan kalian adalah mencari ilmu, maka yang muncul setelah membaca statement saya adalah semangat yang makin menggebu untuk membuktikan bahwa kalian layak dan bisa melewati semuanya. Tugas seambrek yang kalian dapat itu sejatinya adalah latihan untuk menghadapi dunia kerja yang jauh jauh jauh lebih melelahkan daripada di bangku kuliah. So, keep your spirit on, guys!!! Baca juga artikel saya di intipkuliah : Tips Cepat ACC Proposal Skripsi di Prodi Agribisnis UNEJ. Klik Disini

Prospek kerja alumni SOSEK UNEJ?

Kalau membahas tentang pekerjaan alumni SOSEK UNEJ, beliau-beliau tersebar di berbagai jenis pekerjaan. Ada yang bekerja di PTPN, perkebunan kelapa sawit, pengawas pertanian, penyuluh, dosen, guru, pegawai bank, dan ada yang menjadi entrepreneur. Jadi jelas ya, bahwa lulusan Fakultas Pertanian, khususnya SOSEK UNEJ bukan hanya menjadi petani, tetapi menyebar dalam seluruh pekerjaan. Kalaupun menjadi seorang petani apa salahnya, In Syaa Allah kami siap menjadi ‘petani berdasi’ atau petani sukses yang akan menerapkan dan mengintegrasikan ilmu yang kami peroleh dengan apa yang ada di lingkungan kami.

Harapan setelah lulus dari SOSEK UNEJ?

Setelah lulus, saya berencana untuk melamar pekerjaan di suatu instansi dan memperlebar halaman rumah saya penuh dengan tanaman (karena halaman rumah saya sekarang langsung berhadapan dengan jalan protokol.

Kode Konten: X125

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *