Sosiologi Bisnis dan Media

Sosiologi Bisnis dan Media Universitas Atma Jaya Jogyakarta

Sosiologi Bisnis dan Media Universitas Atma Jaya Jogyakarta

Halo sobat intipers! Aku Gunawan Fawwaz dari Sosiologi Bisnis dan Media Universitas Atma Jaya Jogyakarta. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Sosiologi Bisnis dan Media Universitas Atma Jaya Jogyakarta seperti apa?

Satu-satunya jurusan sosiologi yang konsentrasinya bisnis dan media, kalo dikampus lain misalnya UGM concernnya ke sosiologi pembangunan. Bisnis dan media ini, untuk konsentrasi bisnis lebih mempelajari ilmu-ilmu yang ada di  fakultas bisnis dan ekonomi misal kaya manajemen, sedangkan media dari  prodi ilmu komunikasi tapi dari segi teorinya. Jurusan ini masuk ke FISIP.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Sosiologi Bisnis dan Media Universitas Atma Jaya Jogyakarta?

Pas SMA aku jurusan IPS, sudah ada pelajaran sosiologi, terus aku browsing jurusan sosiologi yang bagus dimana, terus aku lihat yang konsentrasinya ada bisnis dan media di Atma Jaya, dan aku telusuri lebih, ternyata kurikulumnya menarik, jadi itu alasannya.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalo di sosiologi lain ada metode penelitian kualitatif, kuantitatif, metode sosial, teori sosiologi klasik dan modern, itu semua jurusan sosiologi ada termasuk di sini, kalo di sosiologi bisnis dan media, seperti di konsentrasi sosiologi bisnis ada mata kuliah sosiologi ekonomi, sosiologi bisnis dan konsumsi, riset pasar, jaringn bisnis dan sosial, CSR, tourism. Sedangkan untuk konsentrasi media, ada sosiologi visual, analisis industri kreatif, masyarakat digital, sosiologi fashion, dan lain-lain yang berhubungan dengan media. Prodi kami sudah berdiri dari tahun 1993 dan sudah terakreditasi A. Di Atma ada kelas reguler dan internasional.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada sosilogi bisnis, kedua ada sosiologi media, sebelum ada program kampus merdeka, di kampus kami bisa pilih mata kuliah di prodi lain atau universitas lain, aku mempelajari ilmu komunikasi yang di peminatan aku ga ada, hal ini tidak wajib tetapi harus memenuhi jumlah SKS, jadi kalo tidak ambil di luar prodi harus ambil mata kuliah yang ada di prodi. Nanti ada intership wajib juga di semester 7 kaya di E-commerce, perusahaan swasta, atau pemerintahan.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Ada 5 jalur masuk, tapi Atma Jaya biasanya tutup lebih awal dari perguruan tinggi swasta lainnya, biasanya ada tes yang datang ke kampus, tapi sekarang ini di laksanakan secara online. Pertama ada jalur unggulan terbagi 2 yaitu prestasi akademik dan non akademik. Prestasi akademik kaya nilai raport, misalnya calon mahasiswa baru punya nilai akademik yang bagus dan memenuhi persyaratan bisa mendapatkan potongan SPU atau kaya uang pangkal atau uang pembangunan, potongan 5 juta.

Lalu non akademik untuk teman-teman yang punya prestasi di bidang olahraga, seni, keagamaan, bisa juga dapat potngan juga. Kedua ada program antara, ada tes terus hasilnya di ketahui. Ketiga reguler, ini juga sama tes, perbedaan dengan antara dari jadwal tesnya, kalo antara di awal-awal. Sedangkan reguler menjelang akhir penutupan.

Terus keempat ada program PSSB, terbagi menjadi dua, pertama untuk teman-teman yang beragama katolik, kedua universal semua berkeyakinan lain seperti muslim, hindu, budha dll. Nanti selama 4 tahun gratis SPP, yang terakhir ada jalur bidikmisi atau KIPK. Atma Jaya termasuk perguruan tinggi swasta di Jogja yang menerima KIPK terbanyak. Misal beberapa kampus yang menerima KIPK terbanyak ada UII, UAD, Atma Jaya, yang diberikan kepercayaan untuk dapat kuota terbanyak. Ada jalur yang menarik dan ga bisa ditemuin di universitas lain, yaitu beasiswa atau scolarship dari yayasan pendirinya Atma Jaya. Selama kuliah tidak perlu bayar biaya kuliah dan dapat uang saku 1 juta setiap bulan, bisa dilaksanakan dari semester 2. Informasi lebih lanjut bisa kunjungi pmb.uajy.ac.id. Awal Agustus sudah mulai kuliah, jadi penutupan pendaftarannya lebih cepat.

Ada tips buat mahasiswa baru Sosiologi Bisnis dan Media Universitas Atma Jaya Jogyakarta?

Tipsnya mumpung masih mahasiswa baru semester 1, 2, dan 3 kembangin potensi temen-temen, ikutin banyak kegiatan yang ada di kampus, agar bisa menunjang hard skills dan soft skills, kalo udah semester 7 dan 8 bisa fokus ke skripsi.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Pas aku kuliah aku tanya dosen dan kakak tingkat langsung, ada beberapa misalnya kaya dosen, peneliti, ASN, anggota DPR, jurnalis, kerja di E-Commerce kaya Shopee, Tokopedia, jadi guru juga ada, tapi biasanya yang menerima di swasta karena kita ilmu murni. Menarik juga salah satu alumni kita mendirikan Sumba fondation, kalo di NTT ini terkenal banget, semacam mendirikan sekolah vokasi dengan meberdayakan anak disana yang ga bisa kuliah, volunternya banyak yang dari luar negeri.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Ada dua kemungkinan, pertama aku pengen daftar PMDSU atau Program Beasiswa Magister Menuju Dokter untuk Sarjana Unggul dari Kemendikbud, kalo ga aku mau daftar beasiswa LPDP. Kalo ga itu, mau langsung kerja, sebenarnya besok kerja dimana tergantung rezeki dan pinter-pinter kita memanfaatkan peluang dan memaksimalkan potensi yang ada di diri kita. 

Kode konten: C607

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *