Sosiologi, Universitas Gadjah Mada

Sosiologi UGM (Ignatia)

Sosiologi UGM (Ignatia)

Halo sobat intipers! Aku Ignatia Ratna Padmaningtyas dari Sosiologi UGM angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Sosiologi UGM seperti apa?

Di jurusan Sosiologi itu kita belajar perilaku sosial. Kita mempelajari hubungan antar individu, hubungan antar individu dan kelompok dan hubungan antar kelompok. Kita juga belajar tentang masyarakat, belajar tentang strukturnya, karakteristik masyarakat, fenomena sosial dan berbagai permasalahan yang ada di masyarakat.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Sosiologi UGM?

Jujur justru aku milih jurusan ini karena dikasih masukan sama orang terdekat aku. Waktu itu aku bingung isi pilihan jurusan di SBMPTN. Jadi waktu itu harus memilih 3 pilihan jurusan, sedangkan yang terakhir itu aku bingung mau pilih apa. Terus dikasih masukan untuk pilih Sosiologi UGM karena kemarin aku UN ambil Sosiologi juga. Jadi aku coba ambil Sosiologi dan diterima deh.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Aku kelasi mata kuliah yang bakal banyak dipelajari aja ya. Kita belajar tentang metode penelitian sosial dari semester 1 – 4. Itu dipelajari terus karena menjadi dasar kita buat ngerjain skripsi nanti. Diajarin tentang penelitian sosial, perbedaan dengan penelitian yang ada di saintek. Belajar juga dari sisi filsafat, ontologis, epistemologis, dll. Kemudian, nanti berkembang di semester 2 nanti bakal dipisah antara penelitian kuantitatif dan kualitatif. Kalau kualitatif itu nanti kita belajar untuk melihat masalah dalam bentuk deskriptif analitis, kalau kuantitatif nanti bentuknya ada angkanya, kita nyebar kuesioner terus kita mengetahui hasilnya dari situ. Itu tuh mata kuliah yang paling berat dan jadi ciri khas sosiologi sih.

Untuk tugas amat jarang justru, tapi sekalinya itu kita harus bener-bener dalam menganalisisnya. Biasanya kita dikasih tugas bikin paper, dikumpulkan dalam tenggat waktu 1-2 minggu. So far tugasnya ga banyak sih, itu salah satu yang bikin saya enjoy juga.

schooters

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Sebenernya gak ada, karena kita dituntut untuk mempelajari semuanya, tapi kalau aku lihat di universitas lain ada yang dibagi ke sosiologi pembangunan, sosiologi budaya, sosiologi perdesaan, perkotaan, dsb.  Paling kita dikasih kebebasan buat milih konsentrasi atau fokus kajian itu pas skripsi, selama kuliah itu bener-bener mempelajari semuanya.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Setahuku ada SNMPTN, SBMPTN sama UTUL UGM. Kalau ujian mandirinya bisa diakses di um.ugm.ac.id gitu untuk informasinya.

Penerimaan mahasiswa seangkatan itu 75 orang kalau di angkatan aku. Ya sekitar segitu kurang lebih, biasanya gak lebih dari 100 orang.

Ada tips buat mahasiswa baru Sosiologi UGM ?

Belajar PD sih, karena dari semester 1 kita dituntut untuk ke lapangan ketemu orang baru. Di Sosiologi itu kita wajib wawancara. Kita bakal tanya-tanya ke orang baru, kadang kita kan masih suka canggung ke orang baru, jadi gimana caranya kita bisa membangun suasana enjoy gitu. Nah wawancaranya itu pernah ke sekitaran lingkungan kampus, pasar Beringaharjo, orang-orang yang berdomisili di tengah kota dan pinggiran kota. Terus harus rajin biar ga keteteran di akhir kalau di awal hal-hal dasarnya kurang paham. Itu bakal clueless banget di semester selanjutnya. Terus wajib banget yang gak boleh bolos adalah mata kuliah metode penelitian terutama kuantitatif karena itu angka dan pake aplikasi. Jadi, kalau sekali gak masuk itu bisa ketinggalan banget.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Alumni itu banyak yang jadi dosen atau peneliti. Kita itu lebih diarahkan menjadi akademisi, dibandingkan jadi praktisi, tetapi gak menutup kemungkinan untuk di HRD dsb kalau tertarik. Kalau gitu bisa belajar dengan ikut berbagai event di kampus, gak cukup dari materi di kelas.

Apa rencana dan harapan setelah lulus?

Aku pengen belajar lagi S2, kalau dikasih kesempatan ya mau langsung. Kalaupun enggak, mau kerja dulu. Aku tertarik di NGO atau LSM yang arahnya ke penelitian gitu sih. Harapan aku buat jurusan Sosiologi itu butuh lapangan pekerjaan yang lebih luas lagi karena kadang ada syarat-syarat yang tidak mencantumkan jurusan Sosiologi, kalau mau magang pun agak susah gitu, sedangkan isu-isu sosial itu banyak dan perlu diselesaikan.

Kode Konten: C140

Komen dibawah! 4

  1. NOOR RISA ISNANTO

    Halo kak, kenalin saya Noor Risa Isnanto siswa kelas 12 dari salah satu SMA di jogja.

    Izin bertanya ya kak?
    Sebenarnya saya pengen masuk ke jurusan Ilmu Komunikasi UGM nih kak, tapi sekarang saya baru cari cari jurusan “alternatif” kalau misal saya belum bisa di terima di jurusan Ilmu Komunikasi UGM.

    Nah pertanyaan saya mengenai prospek kerja jurusan Sosiologi kak, Apakah jurusan Sosiologi juga berkemungkin bisa bekerja di pekerjaan yang biasanya di isi oleh alumni/lulusan Ilmu komunikasi kak? Misal seperti jurnalistik, Konten Creator/Media di suatu perusahaan.

    Soalnya jujur saya tdk terlalu tertarik kepada pekerjaan yang seperti “mengajar” kak, misal dosen guru dll

    Itu saja kak pertanyaan saya, Terimakasih kak

    Ditunggu balasanya ya kak

    • ignatiaratna

      Halo! Terima kasih atas pertanyaanya?

      Prospek kerja jurusan Sosiologi sebetulnya sangat fleksibel karena kami mempelajari aspek sosial, budaya, ekonomi, politik, dan hukum. Nggak harus bekerja dalam bidang akademik aja kok, bisa juga bekerja di bidang lain yang mungkin nggak terlihat ‘sosiologi banget’. Faktanya ada beberapa alumni kami yang bekerja di perusahaan media, bisa dicek disini ya http://kagama.co/ketahui-lebih-jauh-peluang-kerja-lulusan-sosiologi-ugm.

  2. Cahyo Zhorif Haryadi

    Kak maaf ingin bertanya, skor utbk kakak dulu berapa ya?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *