Sosiologi

Sosiologi Universitas Tanjung Pura Pontianak (Siti)

Sosiologi Universitas Tanjung Pura Pontianak (Siti)

Halo sobat intipers! Aku Siti Maulida jurusan Sosiologi Universitas Tanjung Pura Pontianak angkatan 2015. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Sosiologi Universitas Tanjung Pura Pontianak itu seperti apa?

Mungkin dulu teman-teman yang pernah sekolah mengambil jursan IPS, tidak asing dengan sosiologi. Kalau secara definisi itu dapat diartikan bahwa sosiologi ini ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia, baik itu individu antar individu, individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok. Interaksi ini tidak hanya hubungan komunikasi saja, tapi juga mengenai ekonomi, kesehatan, pertanian, dan masih banyak lagi.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Sosiologi Universitas Tanjung Pura Pontianak?

Jadi waktu itu ikut seleksi masuk perguruan tinggi, sebenarnya sosiologi bukan prioritas saya tapi juga bukan jurusan yang saya pilih karena tidak berpikir. Jadi dulu saya sekolahnya jurusan IPS, jadi saya mengambil sosiologi karena saya pikir cocok, karena saya dulu jurusan IPS. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalau sosiologi itu tugasnya paling bikin paper, tapi uniknya karena kita itu mempelajari tentang sosial, jadi biasanya dosen-dosen mata kuliah itu biasanya meminta kita untuk mengerjakan sesuatu atau kita diberi soal kemudian menganalisis kasusyang sedang terjadi dari sudut pandang kita atau dari teori yang sudah kita pelajari. 

Jadi khasnya itu mungkin setiap angkatan akan mendapatkan soal yang berbeda, karena kasus yang berkembang yang ada di masyarakat itu berbeda. Yang paling khas lagi dari sosiologi mungkin cukup sering untuk diminta presentasi dari hasil tugas yang sudah dikerjakan. Jadi saya merasa sangat-sangat dilatih untuk bisa berbicara didepan umum.

Praktikum di Sosiologi Universitas Tanjung Pura Pontianak

Kalau praktikumnya itu namanya KKM (Kuliah Kerja Mahasiswa) atau sejenis PPL, yang kita diminta untuk langsung terjun ke lapangan, agar dapat menerapkan teori. Ketika kita terjun ke lapangan saatnya  kita mengaplikasikan apa yang sudah kita pelajari di perkuliahan.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau konsentrasi setau saya tidak ada, jadi dari kita masuk semester satu itu kita dikasih mata kuliah yang umum seperti bahasa indonesia, bahasa inggris, kemudian semester selanjutnya kita tidak diberi studi khusus untuk dibagi.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Saya rasa sama dengan kampus pada umumnya, saya dulu waktu itu masuknya lewat jalur mandiri, kan ada tiga jalur masuk. Pertama SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Jalur mandiri biasanya dari pihak universitas itu menyisakan kuota tersendiri untuk jalur mandiri ini. 

Ada tips buat mahasiswa baru Sosiologi Universitas Tanjung Pura Pontianak?

Dulu itu waktu maba ketika saya merasa sudah mempunyai ilmu dasarnya dulu waktu SMA, jadi saya meremehkan mata kuliah. Ketika SKS saya penuh 24 SKS, saya tidak ambil penuh dan saya sisakan SKS saya dua hari untuk dipakai organisasi, dan ternyata itu tuh memberatkan saya ketika sudah semester akhir. 

Karena kita gak pernah tau kan kedepannya itu apakah kuliah kita tetep lancar, apakah nilai kita tetap bagus ataukah kita tetap dapat dosen yang tidak memberatkan kita. Jadi jangan meremehkan, kalau bisa ikutin aja apa yang sudah dipersiapkan oleh kampus. Kalau kita punya kesempatan mengambil 24 SKS, yaudah penuhin aja. 

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kalau prospek kerja yang saya lihat dari senior, kita itu dilatih untuk  menjadi akademisi, yang saya lihat teman-teman itu banyak yang melanjutkan studi, yang tadinya jadi asisten dosen kemudian jadi dosen. Atau ada juga yang masuk di badan statistik, sebagai peneliti. Mungkin karena yang dipelajari itu luas, jadi teman-teman lulusan sosiologi itu bisa memilih sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. 

Misalnya dia jurusan sosiologi, tapi dia punya basic di pertanian nah dia bisa kerja di lembaga sosial yang bergerak di bidang pertanian. Tapi secara garis besarnya kita balik lagi ke kampus.

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Kalau saya itu tertariknya di komunikasi dan media, jadi saya punya rencana kalau setelah lulus saya akan apply di perusahaan media atau yang berhubungan dengan itu. Tapi realistis ya, apalagi jaman sekarang cari pekerjaan itu susah. Kalaupun nanti gak ada pekerjaan yang cocok, mungkin nanti saya akan lanjut S2 lagi, dan mungkin tertarik juga untuk menjadi dosen. 

Kode konten: C348

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *