Sosiologi Agama, UIN Yogyakarta

Sosiologi Agama UIN Yogyakarta (Syihab)

Halo sobat intipers! Aku Muhammad Syihabuddin dari Sosiologi Agama UIN Yogyakarta angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagaimana gambaran umum program studi Sosiologi Agama UIN Yogyakarta?

Sosiologi agama itu merupakan jurusan yang relatif baru mulai dari sekitar tahun 2000an. Jurusan ini merupakan turunan dari program studi keagamaan. Dulunya namanya jurusan agama dan masyarakat. Jadi kita bisa melihat dan mempelajari agama-agama di Indonesia. Kalo sosiologi agama mempelajari masyarakat yang beragama. Dulu ada profesor yang melihat kondisi agama yang dinamis dan bergejolak, ketika ada konflik yang terjadi, dari situlah muncul prodi sosiologi agama tersebut. Jadi kita melihat agama dari sisi fakta sosial dan realita yang terjadi di masyarakat. Bedanya sosiologi agama dengan murni, kalau sosiologi murni seperti yang kita pelajari di SMA. Kalau sosiologi agama lebih difokuskan, sebenernya kita membahas masyarakat yang beragama, gimana caranya kita melihat bagaimana ketika masyarakat mempraktikkan agama yang diyakininya. Kalau sosiologi murni melihat masyarakat secara umum, masih global, belum mengerucut. Di UIN SUKA ini ada 2 prodi sosiologi, yaitu sosiologi agama dan murni. Sosiologi agama masuk di Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, sedangkan sosiologi murni masuk ke Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora. Namun, keduanya nantinya akan mendapat gelar S.Sos..

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa.

Apa alasan memilih jurusan Sosiologi Agama?

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Sebenernya saya tersesat dijalan yang benar sih. Dulu saya memiliki latar belakang pesantren, dan SMA nya jurusan agama. Saya gapernah belajar sosiologi karena itu ada di jurusan IPS. Kenapa saya tertarik masuk sosiologi agama, sebelumnya saya pernah ditolak di UIN SUKA. Akhirnya saya tes lagi disini dan kemudian saya mengambil prodi sosiologi agama. Itupun ada dipilihan kedua, alhamdulillah saya ditakdirkan berada di sosiologi agama. Pilihan pertama saya itu sastra arab.

Apa mata kuliah dan tugas yang ada di Sosiologi Agama?

Ada sekitar 15 program studi sosiologi agama di Indonesia. Jadi secara sejarah, sosiologi agama ini awalnya memang berasal dari UIN SUKA. Mata kuliahnya sendiri kita diajarkan tentang mata kuliah umum di SMA sebagai pengantar, seperti sosiologi dasar di semester 1. Kita dapat matkul ini supaya mendapat basic dari sosiologi itu sendiri. Kalau mata kuliah yang mengesankan itu banyak sih, salah satunya sosiologi pesantren, lalu ada juga agama dan perubahan masyarakat sosial, agama dan konflik sosial. Jadi kita melihat bagaimana masyarakat tidak bisa lepas dari agama yang diyakininya masing-masing. Lalu ketika agama disandingkan kedalam perilaku masyarakat, baik ketika menyimpang maupun tidak, itu bisa diteliti di prodi ini.

Apa saja konsentrasi dan keahlian di Sosiologi Agama UIN Yogyakarta?

Dosen tidak memberi ikatan ke mahasiswa tentang konsentrasi apa yang harus digeluti. Jadi mahasiswa dibebaskan memilih topik yang disukai. Tapi kalau menurutku sosiologi agama itu sudah merupakan konsentrasi sendiri dari sosiologi umum/murni.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Apa saja jalur masuk yang ada dijurusan ini?

Di UIN SUKA ada SNMPTN yang dikhususkan untuk program studi umum. Tapi ada juga SPAN-PTKIN yang menjurus ke ilmu keagamaan seperti manajemen dakwah, sastra arab. Untuk jalur tesnya ada SBMPTN dan UM-PTKIN. Selanjutnya ada jalur prestasi untuk calon mahasiswa yang memiliki hafalan minimal 26 juz dan sertifikat prestasi minimal tingkat nasional. Ada juga yang baru, yaitu jalur keberagaman. UIN SUKA menerima mahasiswa yang memiliki agama selain islam. Di angkatan saya, prodi-prodi umum diwajibkan untuk mengikuti mahad seperti pesantren gitu, karena banyak dari mereka yang tidak memiliki background pesantren. Tapi setelah 2 tahun berjalan, sekarang sudah tidak ada lagi, mahad sudah dihapus.

Adakah tips untuk calon mahasiswa baru?

Tipsnya dari sekarang kalian harus cari-cari informasi. Apalagi yang dari pesantren, disana biasanya jarang wawasan kampus diluar. Jadi kalian harus bener-bener cari info jalur masuk apa aja yang ada, lalu passion kalian dimana. Kalian juga bisa cari soal-soal latihan untuk tes. Tips yang terakhir harus tetep semangat.

Prospek kerja dan alumni jurusan Sosiologi Agama seperti apa?

Sebenernya saya gapernah mikir kedepannya mau jadi apa. Tapi untuk lulusan sosiologi agama bisa measuk LSM atau pemberdayaan masyarakat. Banyak yang terjun disana. Selain itu juga ada yang jadi dosen maupun peneliti, ada juga yang menjadi penyuluh agama di Kementerian Agama. Sosiologi agama serumpun dengan ilmu sosial, ketika ada lowongan kerja yang membutuhkan backgound sosiologi, mahasiswa sosiologi agama juga bisa mendaftar kesana.

Rencana dan harapan untuk teman-teman yang mau masuk jurusan Sosiologi Agama?

Harapannya semoga setelah diterima, kalian bisa betah di sosiologi agana. Karena prodi ini punya keunikan sendiri, banyak mata kuliah yang belum pernah kita temukan selama di SMA. Kita belajar melihat agama-agama di Indonesia. Lalu di sosiologi agama juga ada praktik lapangan. Apalagi ada matkul seperti sosiologi antropologi, kita bisa langsung terjun kelapangan.

Q&A

  1. Adakah tips dari kak Syihab supaya cepat lulus kuliah?

Kalau saya sendiri alhamdulillah lulus 3,2 tahun. Dari awal saya mengambil mata kuliah itu tidak ada yang mengulang. Usahakan kalian tidak mengulang mata kuliah. Soalnya kalau ngulang, terhambat untuk mengambil matkul yang lain.

Kode konten: C934

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.