IPB University, Statistika

Statistika Institut Pertanian Bogor (Zaini)

Statistika Institut Pertanian Bogor (Zaini)

Halo sobat intipers! Aku M Zaini, S.Stat dari Statistika Institut Pertanian Bogor angkatan 2012. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Statistika Institut Pertanian Bogor seperti apa?

Statistika IPB buat temen-temen yang baru masuk, basic matematikanya sangat penting. Hampir semua mata kuliah semua hitungan, kalo dipikir-pikir lagi ga ada matakuliah yang teori aja. Jangan termakan omongan orang kalo masuk jurusan statistika itu sulit, itu ga bener. Menurut ku ga ada yang sulit selagi kita mau belajar dan berusaha, apalagi kalo pasion temen-temen dihitung-menghitung. Pilihannya ga cuma di matemastika, fisika, kimia tapi ada statistika yang mungkin kalo dulu masa SMA stastistika salah satu bab di matematika, cuman belajar rata-rata, mean dan median, statistika ga cuma itu tapi luas banget. 

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Jursan statistika IPB itu paling tertua, jurusan pertama di indonseia dan bahkan lebih dulu lahir dibandingkan jurusan matematika. Pilihan yang tepat buat temen-temen yang pengen cari hal yang baru ga cuma matematika, fisika dan kimia. Buat yang udah di statistika lebih banyak lagi luangkan waktu untuk cari ilmu diluar ga cuma dikelas, karena sekarang ilmu bisa didapat dimana aja yang penting kita mau memanfaatkan media sosial dengan sebaik –baiknya.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Statistika Institut Pertanian Bogor?

Awalnya pilih pendidikan matematika, terus di challenge sama guru matematika, kalo ada jurusan selain matematika yang hitung-menghitung. Kebetulan juga wkatu itu udah ada kakak kelasku yang masuk jurusan statistika dan di IPB, kalo dulu ada sosialisasi ke sekolah-sekolah rutin setiap tahun, waktu itu ada dua orang kakak kelasku menjelaskan tentang statistika, dan menurutku ko ini kayanya lebih menarik ketimbang matematika, dan akhirnya pulang kerumah dan cari tahu tentang statistika. Setelah cerita-cerita sama orang tua, ternyata dulu itu kakek ku di AIS kalo ga salah namanya, itu akademi ilmu statistika sebelum berubah jadi STIS kalo sekarang. Nah udah deh, akhirnya baca-baca bukunya, walaupun ga ngerti tapi menarik sih, kayanya seru masuk ke jurusan ini, walaupun ga tau akan jadi apa, dulu ga kaya sekarang yang bisa dapat informasi dari manapun, masih konvensional harus samperin orangnya. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalo yang khas hampir semuanya khas, kalo secara pribadi, dulu aku dapet satu mata kuliah semester 5, nama mata kuliahnya analisis regresi, jadi kalo menurutku setelah mendapatkan mata kuliah ini, ternyata kita jadi tau ternyata statistika itu begini loh, fungsinya untuk ini loh. Ada juga mata kuliah yang menarik di semester 7 nama mata kuliahnya analisis eksplorasi data jadi di mata kuliah ini ga ada benar dan salah, lebih memberi kebebasan untuk mahasiswa berkreatifitas, kalo kita dikasi satu set data, mau kita apakan gitu, jadi punya sudut pandang yang berbeda, kalo dikelas itu ada 80 mahasiswa dikasih data begini, bisa jadi di interpretasikan 80 bahasa yang berbeda, tergantung sudut pandang kita melihat dari mana.

pmb2-min

Kalo ga salah, di silabus terbaru analisis eksplorasi data dan analisis regresi ditarik ke semester depan. karena penting banget itu dikenalin di awal, kayanya supaya lebih membuka bahwa ilmu statistika itu ternyata begini, ga cuma sekedar hitung mengitung angka, tapi kita dituntut kreatifitas ketika dikasih satu set data itu.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

2012 aku milih konsentrasi di semster 3, ada tiga konsentrasi yaitu matematika keuangan dan aktuaria, ilmu keluarga dan konsumen, dan ekonomi studi pembangunan. Kebetulan aku pilihnya matematika keuangan dan aktuaria dan itu sekarang sudah berdiri jadi prodi sendiri prodi aktuaria, prodi yang menurutku lagi hits banget karena memang aktuaria masih sedikit di indonesia. kalo yang terbaru udah ga ada peminatan begitu lagi, udah diganti nama gitu, bisa dilihat di website stat.ipb.ac.id, tapi memang masih ada cuma beda penyebutan aja. Setelah ngambil aktuaria ada teori ekonomi dan lebih banyak perhitungan di sini, dulu aku juga bercita-cita menjadi aktuaris dan itu bisa disetarakan.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Ada 6, semua bisa liat di admisi.ipb.ac.id, ada jalur undangan SNMPTN, jalur tulis SBMPTN, ujian mandiri, jalur BUD (Beasiswa Utusan Daerah), perstasi nasional-internasional, baru-baru ini ada jalur ketua osis. Kalo untuk temen-temen yang undangan, IPB belum nerima selain dari IPA, sedangkan yang lainnya terbuka.

Ada tips buat mahasiswa baru Statistika Institut Pertanian Bogor?

Saran aku perkuat relasi dengan kakak kelas dan teman-teman di luar jurusan lain. Di statistika itu pola belajarnya ga cukup kalo dari yang dikasih dosen di kelas. Jadi teman-teman harus cari lebih keras lagi tentang statistika. Kalo pas jaman aku tu kita ga diajarin gimana cara pake sofwer statistika. Kita tau karena ngobrol sama temen dan cari di youtube. Ga boleh ansos, dan ga bersosialisasi dengan teman-teman yang lain. Kuliah itu yang dicari bukan cuma hard skills tapi juga soft skills gimaana cara kita beradaptasi dengan lingkungan.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Mulai dari pemerintahan banyak banget, ada di BPS, kementrian tenaga kerjaanan, dan banyak banget untuk di kemetrian. Swasta ada di lembaga riset, lSI (lembaga survei indonesia),BUMN, telkom dan banyak banget. sebetulnya statistika ga cuma di lembaga riset, karena hampir semua perusahaan punya data dan harus diolah, lulusan statistika lagi hits banget jadi data analis, data saintis. Ga Cuma perusahan IT tapi perusahan apa aja.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Dulu akau memang pengen jadi aktuaris, tapi aktaris ada ujian propesi, tapi aku ga bisa lanjutin itu, dan alhmadulillah sekarang aku jadi PNS di salah satu kementrian. Kedepannya aku pengen mengabdi untuk negara aja udah. Meskipun kita masih dibuka untuk mengembangkan potensi yang ada, mau online dan offline. Kalo dirasa sayang hanya jadi pns, teman-teman rasain dlu masuk ke instansi pemerintahan dan dirasakan gimana. Aku di kementrian, ilmu-ilmu pas kuliah itu sangat dipakai. 

Kode konten: C280

Q&A

  • Keketatan masuk ipb itu gimana?

Temen-temen bisa liat di admisi ada  rasio yg mendaftar dan kuota yang diterima, tapi menurut ku aga tricky, kalo temen-temen ngerasa nilai matematika, fisika, kimia dan biologinya bagus ya coba aja. Dulu aku  masukin sertifikat nasional yang ga berhubungan dengan statistik, aku masukin lomba LCC UUD dan MPR. Rata-rata raport ku 90an kesana tapi ga bisa dibandingin sama sekarang karena udah bedakan ya. jadi dicoba aja dulu berusaha.

  • Di statiskika apakah kita bertemu dengan ilmu pemrograman? Kalo iya bahasa pemrograman apa yang digunakan dan dipelajari?

Betul distatistika kita ada ngambil matematika dan ada ilmu komputer. Kita pelajari bahasa pemrograman, bahasa yang paling dasar kita pelajari disemester 3, jaman aku ada mata kuliah algoritma dan pemrograman itu bahasanya c++, pake code blocks kalo ga salah, kita juga ada belajar SQL di semester 4, matkulnya basis data pakenya postgreSQL atau mySQL. Kalo skrg udah berubahanama jadi statstika dan sains data kalo ga asalah ada matakuliah yang diajari pake python.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *