Statistika

Statistika Politeknik Statistika STIS (Aldi)

Halo sobat intipers! Aku Aldi dari Statistika Politeknik Statistika STIS angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliahku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau berdiskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan di balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Statistika Politeknik Statistika STIS itu seperti apa?

Kalau jurusan statistika itu pastinya belajar tentang statistik, jadi kalau teman-teman mungkin yang di SMA basic-basicnya itu sudah di pelajari kayak median dan lain-lain. Kalau di prodi statistika ini nanti teman-teman akan belajar lebih dalam lagi, nanti dari statistik yang teman-teman pelajari dari SMA nah itu nantinya akan lebih berkembang lagi sampai nanti menyusun skripsi.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Statistika Politeknik Statistika STIS?

Kalau sejujurnya memang tertarik dengan jurusan statistika, karena dulu waktu SMA seneng banget dengan mata pelajaran matematika jadi saya berpikir kalau basic saya di bidang matematik atau statistika.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Kalau mata kuliah di statistika itu semua itung-itungan sih pastinya, jadi kita bakal jarang banget ketemu ilmu-ilmu yang membutuhkan penjelasan kritis karena semua mata kuliahnya berkaitan dengan hitungan dan angka. Untuk praktikumnya sendiri mengerjakan soal, ralling data, karena kita belajar teori untuk praktikumnya mengaplikasikan teori tersebut.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau di jurusan statistika itu ada peminatannya. Untuk jurusan statistika sendiri ada dua program studi yaitu prodi statistika ada prodi komputasi statistik, untuk peminatannya ada di semester lima. Kalau di prodi statistika ada statistika ekonomo dan statistika kependudukan. Kalau di prodi komputasi statistika itu ada science data sama sistem informasi. Jadi tiap jurusan ada dua peminatannya.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Jadi politeknik statistika ini merupakan perguruan tinggi kedinasan, untuk jalur masuknya itu seleksi nasional dan ada empat tahap yang pertama yaitu tes matematika, yang kedua yaitu SKD, ketiga psikotes dan yang terakhir itu kesehatan. Untuk tahun-tahun setelahnya itu SKD lebih dulu tapi semua tahap itu harus dilalui.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa. Klik Disini

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Kalau untuk yang sudah masuk jurusan statistika banyak belajar dan banyak mencoba. Karena jurusan statistika itu banyak data science itu sangat diperlukan dan lulusan prodi ini banyak peminatnya. Dan silahkan pelajari soft skill dalam jurusan ini yaitu kemampuan mengamati dan tanya kepada kakak tingkat yang sudah memiliki kemampuan yang lebih ahli.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Untuk lulusan statistika itu nanti akan bekerja sebagai ahli statistik dan data analis. Data analis itu sangat di perlukan di perusahaan. Kalau teman-teman nanti masuknya di politeknik statistika nanti akan langsung kerja di Badan Pusat Statistik, cuma teman-teman di luar kampus ini tetap bisa bekerja di Badan Pusat Statistik ataupun di perusahaan swasta.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Kalau saya sih, karena saya ikatan dinas setelah lulus akan di tempatkan di Badan Pusat Statistik, CPNS 1 tahun dan di tempatkan di kantor BPS yang ada di seluruh indonesia. Kalau harapannya lulus aja dulu, nilainya bagus dan intinya berusaha sebagus mungkin. Dan semoga lancar-lancar aja pekerjaannya.

Q&A:

  1. Kak untuk matematika dasar di Politeknik apakah sama dengan matematika dasar di SBM?

Kalau matematika dasar enggak ya, jadi kalau kita di SBM itu setara karena kalau di jurusan ini lebih ke matematika yang science.

  1. Kalau saya gak pinter di Matematika tapi ingin masuk jurusan ini bagaimana kak?

Tetap bisa survive kok, karena gak pinter banget bisa di buat pinter pas masuk jurusan ini. Gak pinter banget bukan berarti gak suka, bisa jadi bisa tapi belum maksimal aja. Yang penting belajar terus, jangan malas dan nurut perkataan dosen.

Kode konten: C879

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.