Politeknik Statistika STIS, Statistika

Statistika Politeknik Statistika STIS (Munifah)

Statistika Politeknik Statistika STIS (Munifah)

Halo intipers. Perkenalkan saya Munifah Zuhra Almasah, mahasiswa prodi DIV Statistika Politeknik Statistika STIS angkatan 2019. Disini saya ingin membagikan pengalaman kuliah yang telah saya lalui di jurusan Statistika. Yuk, simak pengalaman saya. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa yang dipelajari dan Mengapa Harus di Statistika Politeknik Statistika STIS ?

Sesuai namanya, kita diajarkan untuk melakukan analisis statistik. Namun di Statistika STIS dikhususkun untuk melakukan analisis statistika di perkantoran, tepatnya di BPS (Badan Pusat Statistik) karena Statistik di Polstat-STIS termasuk ke sekolah ikatan dinas. Tapi kita juga nantinya akan diajarkan untuk melakukan analisis statistik di perusahaan jika mengambil jurusan komputasi statistik. Banyak yang berpikiran bahwa statistik itu hanya tentang angka-angka atau data-data saja, padahal di statistik ini kita belajar tentang bagaimana pemanfaatan data itu sendiri di berbagai sektor kehidupan dan pasti semua jurusan dimanapun akan mendapatkan mata kuliah statistik. Artinya statistik ini sangat penting penerapannya sehingga di statistik Polstat-STIS kita juga tentang ilmu-ilmu sosial dan sistem teknologi informasi. Keuntungan berkuliah di Polstat – STIS adalah kita dapat kuliah gratis karena dibiayai oleh pemerintah, ada jaminan kerja (PNS) setelah lulus, mendapatkan seragam kuliah, non-militer, dan tentunya kita bisa bertemu dengan teman-teman dari seluruh Nusantara.

Apa bedanya dengan aktuaria?

Perbedaan yang mencolok secara sekilas, yaitu di jurusan statistika lebih difokuskan belajar bagaimana mengumpulkan, mengolah, menganalisis, dan menginterpretasi suatu data. Kita akan mempelajari hal yang berkaitan dengan data, kemudian mengolahnya menjadi informasi yang dapat diambil kesimpulannya untuk memutuskan suatu kebijakan di masa yang akan datang. Sedangkan aktuaria lebih difokuskan belajar analisis resiko serta analisis data finansial menggunakan konsep statistika dan matematika.

promo-web

Apa saja Mata kuliah Statistika Politeknik Statistika STIS ?

Mata kuliah yang dipelajari banyak sekali, seperti Aljabar Linier, Pengantar Teknologi Informasi,Kalkulus, Metode Statistika, Agama, Algoritma Pemograman, Pengantar Ekonomi, Pengantar Demografi, Pengantar Teori Peluang, Bahasa Indonesia, dan Analisis Data Ekploratif. Mata kuliah favorit saya ada dua. Yang pertama, mata kuliah analisis data eksploratif dan mata kuliah pengantar teori peluang. Hal menarik yang dipelajari di mata kuliah analisis data ekploratif ini adalah karena ketika belajar saya mendapatkan berbagai insight pandangan teori terhadap permasalahan-permasalahan data statistik dan bagaimana cara mengatasinya. Contohnya jika kita memiliki data yang nilainya terlalu jauh dibanding nilai-nilai data yang lainnya, metode yang cocok dipakai untuk melihat pemusatan datanya adalah dengan menggunakan median atau nilai tengah, bukan mean atau rata-ratanya.

Mata kuliah kedua yang bermakna, yaitu Pengantar Teori Peluang. Di mata kuliah ini diajarkan proses bagaimana seseorang bisa menduga atau mengestimasi sesuatu yang akan terjadi kedepannya berdasarkan data yang ada. Kita juga diajarkan untuk mengetahui seberapa besar peluang atau persentase terjadinya sesuatu sehingga bisa menjadi dasar untuk membuat keputusan. Kemudian ada mata kuliah yang sangat dicemaskan oleh mahasiswa tingkat satu yaitu mata kuliah algoritma pemograman. Mata kuliah ini sangat menantang karena kita akan diajarkan bagaimana membuat syntax dan program sederhana yang merupakan apply dari ilmu statistika. Kesulitan disini adalah bagaimana kita memahami dan mengingat pola atau cara membuat syntaxnya sehingga harus sering latihan dan bahas soal.

Konsentrasi di DIV Statistika Politeknik Statistika STIS

Konsentrasi di jurusan statistika disebut peminatan. Terdapat dua peminatan di jurusan DIV Statistika, yaitu Ekonomi dan Sosial Kependudukan.
• Statistika Ekonomi. Pada peminatan ini, mahasiswa mempelajari statistika bidang statistik ekonomi sehingga mampu melaksanakan kegiatan dan analisis data statistik harga-harga,
produk domestik regional bruto, neraca wilayah, indikator ekonomi, dan lain sebagainya.
• Statistika Sosial Kependudukan. Sedangkan untuk peminatan ini, mahasiswa di fokuskan untuk mempelajari statistika bidang statistik sosial,
kependudukan, dan demografi sehingga mampu melakukan analisis dan pelaporan di bidang sosial, kependudukan, demografi, kesehatan, lingkungan dan lain sebagainya.

Tips-tips untuk Maba di Jurusan DIV Statistika Polstat – STIS

Mata kuliah di jurusan Statistika ini banyak berkaitan dengan data. Maka, jadikan ilmu yang kita dapatkan sebagai senjata untuk mengatasi permasalahan yang kita dan bangsa ini miliki. Banyak dosen yang memberikan saran ketika saya mahasiswa baru untuk benar-benar memahami ilmu statistik ini karen perannya sangat penting bagi kehidupan. Ilmu yang akan lebih kita mengerti jika dikaitkan dengan pengalaman yang kita miliki dan untuk mengatasi permasalah kita sendiri. Tips lainnya adalah kita harus banyak berlatih mengerjakan soal, bagaimana cara menyelesaikan permasalahan yang ada menggunakan tools statistik yang telah kita pelajari dari perkuliahan, dan pahami ilmunya dengan mencintai mata kuliah itu.

Ikuti organisasi/kepanitiaan yang kita banget!

Selain itu, tips selanjutnya adalah ikuti organisasi/kepanitiaan yang kita banget. Ada banyak kegiatan yang ditawarkan di sekolah kedinasan. Diantaranya mengikuti kegiatan Senat Mahasiswa, DPM, UKM, kepanitiaan, dll. Ikuti kegiatan-kegiatan tersebut dan jangan takut untuk keluar dari zona nyaman dengan menjadi ketua bidang, ketua acara, dsb. yang mengasah soft skill serta menambah pengalaman berkesan yang akan kita kenang setelah lulus. Tips yang terakhir, ikuti kegiatan yang menurut kamu sesuai dengan kemampuan yang ingin kamu tingkatkan, jangan ambil terlalu banyak kesempatan/kegiatan karena yang terpenting bukan kuantitasnya tetapi kualitas! Mungkin pada awalnya, kamu bingung untuk mengambil kegiatan apa yang akan diikuti, pada keadaan tersebut boleh saja kamu ambil banyak kegiatan untuk menyeleksi mana yang paling sesuai dengan diri kamu. Biasanya hal ini terjadi ketika masih semester awal.

Prospek Kerja dan Alumni biasanya kerja dimana?

Tidak ada namanya pengangguran. Lulusan Politeknik Statistika STIS selepas kuliah akan ditempatkan di BPS berbagai penjuru daerah di Indonesia. Badan Pusat Statistik adalah lembaga pemerintah Non-Departemen yang menyediakan data dan berperan aktif bagi perstatistikan Indonesia. Kegiatan yang dilakukan oleh BPS yaitu sensus, survei, dan publikasi. “I keep saying that the sexy job in the next 10 years will be statisticians, and I’m not kidding.” –Hal Varian (Chief Economist Google, The McKinsey Quarterly, 2009).

Bagaimana harapan dan rencana setelah lulus nanti?

Rencana saya setelah lulus yaitu saya ingin melanjutkan S2 di FEB UI. Saya ingin belajar dan memperdalam ilmu statistika saya agar bisa diaplikasikan ke sektor perekonomian. Setelah itu, saya ingin mengasah kemampuan di bidang sains data dengan mengikuti berbagai pelatihan/pendidikan. Saya ingin menjadi ahli di bidang tersebut karena saya lihat masih sedikit orang yang mempunyai keahlian tersebut,sedangkan permintaan dari profesi tersebut lumayan tinggi. Harapan saya, semoga ilmu yang sudah saya pahami dapat menjadikan keberkahan dan bermanfaat bagi kepentingan banyak orang. Saya ingin terus belajar mengasah kemampuan statistik dan softskill saya agar bisa membahagiakan orang tua dan orang-orang disekitar. Saya berharap bisa menjadi seorang ahli statistik Indonesia atau data scientist yang dapat memberikan kontribusi yang baik dan benar untuk masa depan bangsa.

Kode konten: X467

Komen dibawah! 3

  1. alyarahmd

    Halo Kak Munifah, terima kasih sudah menuliskan artikel ini. Dengan adanya artikel kakak, saya merasa beruntung banget karena minimnya info tentang STIS ini.

    Saya ingin bertanya kak, mohon maaf kalau sedikit melenceng ke arah komputasi statistika. Maksud dari “analisis perusahaan” yang kakak sebutkan di artikel itu apa ya kak? Apakah setelah lulus kita akan mengurus statistik perusahaan lewat BPS?

    Kalau kakak sendiri yang dari jurusan statistika, saya lihat lebih condong ke arah soshum ya kak. Apakah anak saintek dapat beradaptasi dengan matkul soshumnya kak?

    Terima kasih banyak, Kak Munifah 🙏

  2. Munifah Zuhra Almasah

    Halo dek Alya, terima kasih juga sudah membaca artikelnya ^^
    Analisis perusahaan yang dimaksud itu iya dek kita di BPS nanti juga ada statistik terkait industri, perusaahan dan sebagainya. Kemudian bisa diterapkan juga ketika kita nantinya lepas dari masa pengabdian di BPS (+- 90 tahun) boleh pindah ke perusahaan besar dek biasanya banyak tuh yg minta alumni STIS k perusahaan2 besar karena potensial banget dan perusahaan sangat memerlukan seorang data analysist. InsyaAllah bisa beradaptasi dengan soshumnya dek karena kita belajarnya lebih ke implementasi ilmu statistik di bidang tersebut seperti menghitung PDB/PDRB, angka harapan hidup, dsb ^^ jadi tetap kaitannya dengan hitung2an dek. Semangat yaww 🙂

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *