Statistika, Universitas Gadjah Mada

Statistika UGM (Dinda)

Statistika UGM (Dinda)

Halo sobat intipers! Aku Dinda Awanda Ramadani jurusan Statistika UGM / Universitas Gadjah Mada angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Statistika UGM itu seperti apa?

Kalau statistika UGM itu termasuk ke fakultas MIPA, di MIPA itu ada beberapa departemen dan statistika itu termasuk ke departemen matematika, jadi di dalam departemen matematika itu ada jurusan matematika, statistika, dan yang terbaru itu aktuaria. Statistika itu belajarnya lebih condong ke arah matematika. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Statistika ini lebih diterapkan dan banyak belajar tentang survey, teori sampling, kemudian juga ada peminatannya ada financial, bisnis dan industri, istilahnya matematika yang lebih praktisnya gitu.

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Statistika UGM?

Jadi kalau dulu aku itu pas SMA kebanyakan ikut ekskul yang banyak kegiatannya di mata pelajaran ekonomi, aku juga mempertimbangkan untuk masuk ke jurusan sains. Dulu ekonomi itu lintas jurusan aku, mulai dari situ aku cari kuliah yang jurusan sains tapi mungkin ada sedikit ekonominya, terus waktu aku liat statistika itu ada peminatan yang tentang finance dan aktuaria nya, terus aku coba cari-cari lagi dan alhamdulillah takdirnya di statistika. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Tadi udah aku singgung sedikit ya, kalau yang khas itu tetep ada praktikum. Praktikum yang khas itu mempelajari software-software yang berkaitan dengan statistik. Aplikasi yang pasti banyak orang tau itu SPSS, dulu belajar pas semester awal itu pake minitep, akan belajar juga aircommander. 

Statistika itu yang khas belajar software-software itu. Tentunya yang statistika banget itu mempelajari keseluruhan tentang statistika dari awal mendapatkan data dan outputnya bisa dibaca sama masyarakat. 

Karena jaman sekarang malah jarang yang ngitung secara manual, cuman sebagai anak statistika harus tau konsep. Jadi diajarkan darimana itu paket program. Kalau kita liat di youtube mungkin kan tinggal klik-klik terus jadi aja, tanpa tau konsepnya.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Jadi kalau harus memilih salah satu itu gak ada. Ada mata kuliah yang menjurus ke pemnatan tertentu. Dari semester tiga udah bisa milih, milih-milih mata kuliah prasyarat untuk selanjutnya gitu. Peminatannya itu ada empat yaitu statistika keuangan, statistika bisnis dan industri, bio statistika, aktuaria.

Waktu tahun aku itu pertama kali ada jurusan aktuaria, tapi tetep bisa mata kuliah yang menjurus aktuaria diambil sama anak statistika. Biostatistika, bisa ke bidang kesehatan, buat temen-temen yang bercita-cita jadi dokter dan bingung mau pilih jurusan apa, statistika ini bisa jadi alternatif. Soalnya dosenku itu banyak melakukan riset di fakultas kedokteran dan disitu statistika kepake banget. Mata kuliahnya itu seperti epidiemologi, analisis data kategori. Nah itu tuh akan membawa mahasiswa statistika mengenal lebih jauh penggunaan statistika di bidang kedokteran.

Kemudian di konsentrasi keuangan, banyak menghitung yang kaitannya dengan uang contohnya ada matematika finansial, disitu belajar tentang menghitung suku bunga, dan lain sebagainya. Kalau statistika bisnis dan industri salah satunya ada mata kuliah itu tentang pengantar kualitas statistika, jadi bagaimana supaya alat di industri efisien. Kemudian yang terakhir aktuaria, belajar tentang mengendalikan resiko, belajar tentang present value dan lain sebagainya. Mata kuliah peminatan ini akan memperdalam untuk di skripsi. 

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Jalur masuk itu ada PBU, SNMPTN, SBMPTN, dan ada jalur Ujian mandiri, dulu aku masuk di SNMPTN

Ada tips buat mahasiswa baru Statistika UGM?

Tips nya kalau dari aku di semester awal jangan bandel gitu, ikutin aja pelajarannya karena makin lama makin susah, terus dasarnya harus bagus. Karena aku pas awal kuliah suka pengen main gitu kan, jadi kaya ngejarnya susah. 

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Beberapa kali jurusanku ngadain seminar, training olah data, dan banyak emngundang alumn. Alumni nya itu ada yang jadi data analis, data analis ini luas banget ada perusahaan yang membuka, kemarin terakhir itu ada yang cari data analis di BI, berartikan di perbankan kepake, terus juga yang lagi hype data analis di start-up

Terus juga ada kating aku PNS di BPS juga, statistika itu bisa diterapin dimana-mana, tergantung kita mau nerapinnya dimana, tapi selain itu juga karena ada peminatan aktuaria, di peminatan aktuaria di statistika UGM itu bisa mengambil penyetaraan, misalnya kita ambil mata kuliah matemtika finansial 1 & 2 ada syaratnya minimal nilainya A/B, misalkan memenuhi syarat itu bisa sertifikasi, sertifikasinya itu kita bisa jadi seorang aktuaris dan bisa jadi prosek kerja di satatistika UGM.

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Kalau rencananya sih pas awal masuk pengen punya sertifikasi aktuaria gitu, tapi kan waktu belajar banyak hal yang lumayan sulit. Meski gitu tetep mengusahakan dan sekarang malah pengen ke data analis tadi. Soalnya waktu semester pertama ada pemrograman, darisitu aku baru ngeh ternyata pemrograman lumayan asik juga dan kayanya bisa kepake di dunia kerja. Kalau misalpun belajar pemrograman, bahasa R dan harapannya bisa kerja di start-up gitu, dan suatu saat nanti bisa bikin start-up. Kalau dulu belajar pemrograman itu pake bahasa C++ terus waktu semester 4 ada mata kuliah yang menggunakan bahasanya lebih sering dipake data analis namanya bahasa R, terus kemarin dosen bilang data analis itu lebih sering sekarang pake phyton dan bahasa R. Aku pribadi sih kadang cari-cari info belajar-belajar dikit bahasa phyton, biar tau nanti pas kuliah udah punya recruitment.

Q&A

  • Statistika bisa mengubah pola pikir kehidupan sehar-hari enggak? Apakah berpikir logis?

Kalau berpikir logis sih iya banget, karena kan matematika itu gak selalu ngitung, malah lebih susah yang gak ngitungnya kaya kalkulus, simbol-simbol, dan menuntut logika kita. Terus membentuk logika itu dari sesi matematikanya, kalau aku pribadi ya belajar untuk membuktikan sesuatu dengan lebih scientifik, dengan metode yang sudah ada, jadi kalau ada info diluar dipertanyanyakanlah, ini udah ada ujinya atau belum? Jadi apakah ini bener atau baru ini dari seseorang yang belum terbukti? Jadi berpikir kritisnya jalan

Kode konten: C409

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *