Statistika, Universitas Brawijaya

Statistika Universitas Brawijaya (Novi)

Statistika Universitas Brawijaya (Novi)

Halo sobat intipers! Aku Novi Elsa dari Statistika Universitas Brawijaya angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Secara umum, jurusan Statistika Universitas Brawijaya seperti apa?

Jurusan statistika itu sebenernya lebih dikenal orang itu dengan jurusan yang berhubungan sama data. Di statistika ini kita belajar cara merencanakan data, mengumpulkan data, menganalisis data, menginterpretasi data kemudian diolah dengan beberapa cara kemudian disajikan atau disampaikan kepada orang banyak dengan cara yang mudah dimengerti.

unisa

Kalau mata kuliah favorit itu kayanya semua harus jadi favorit ya mau gak mau. Ini karena mata kuliah yang satu dengan yang lainnya itu saling berhubungan. Jadi kalau gak paham di satu mata kuliah aja itu bisa berakibat ke yang lainnya nanti.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Statistika Universitas Brawijaya?

Dulu sebelum aku masuk statistika itu karena tertarik aja awalnya. Dulu pikirannya kalau statistik itu gak jauh-jauh dari median, modus, eh ternyata pas masuk waahh lebih kompleks. Malah median, modusnya gak muncul-muncul hehehe. Kalau dibandingin sama SMA itu malah beda banget, tapi kalau emang udah suka sama matematika mah gampang-gampang aja sih. Di awal itu kan emang Matematikanya harus lebih banyak dilatih itu.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas Statistika Universitas Brawijaya?

Jurusan ini di UB sebenernya lumayan baru karena awalnya masih tergabung di jurusan Matematika. Hal yang membedakan di jurusan Matematika dengan Statistika itu kalau di statistika hasilnya kita olah dengan kata-kata kita sendiri jadi mudah dimengerti. Di semester awal itu biasanya pake aplikasi, kalau pake manual itu dasar-dasarnya.

pmb2-min

Tugasnya itu biasa aja sih kaya matematika pada dasarnya, dikasih soal disuruh ngitung terus dianalisis. Biasanya praktiknya itu lebih ke semester atas nanti, mulai coding, meprograman . Praktik yang paling berkesan itu sejauh ini praktik di Dasar Pemograman dan Basis Data, karena itu lumayan. Kita kan dari maba biasanya hitung, analisis manual gitu. Semester 3 dan 4 itu praktiknya kaya coding, buat program, ya udah jadi lebih kompleks aja gitu udah kaya anak Ilkom aja.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Konsentrasi itu ada 3, dan bisa dipilih di semester 2.

  1. Sosial hayati, itu lebih ke statistika yang mengarah kemasyarakatan karya pertanian, pertanian, pokoknya yang terjun ke sosial,
  2. Ekonomi, itu lebih umum daripada sosial hayati dan hayati karena mengarah ke pembangunan atau industri
  3. Aktuaria ini statistik yang lebih kompleks karena bener-bener butuh ketelitian penuh dan perhitungan yang mahir.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Ada 3 jalur, SNMPTN, SBMPTN dan jalur mandiri. Kuota per angkatan itu tiap tahunnya beda-beda tapi memang meningkat tiap tahunnya. Angkatan aku ada 126 orang dari tiga jalur penerimaan itu.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Banyakin latihan aja. Kalau udah keterima itu banyakin jaringan sama kakak tingkat atau temen angkatan. Namanya kalau udah di kelas kan banyak godaannya ya mau tidur lah, main hp lah. Nah masalah itu bisa diatasin kalau kita banyak jaringan dan akan membantu kita di lingkungan baru itu. Lagi pula kalau kuliah kan banyak yang jauh dari orang tua. Jaringan pertemanan ini lah yang akan bantu kita.

Kegiatan ospek mahasiswa baru

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Alumni banyak yang kerja di BPS. Kalau umumnya ke semuassnya karena gak ada kantor yang gak pake data, apalagi di era 4.0 ini. Jadi cukup luas sih.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Harapannya itu semoga wabah COVID ini cepet berakhir supaya bisa kuliahnya tatap muka. Karena kan kuliah tatap muka aja kadang suka bingung apalagi kalau online. Setelah lulus pengen kerja terus bangun usaha dan meneruskan S2.

Q&A

  1. Susah dan gampangnya di statistika?

Kalau susahnya mah sebenernya kita sendiri yang buat. Pas kita masuk kelas, tipe dosen beda-beda terus cara kita nanggepinngya. Karena kalau  masuk kelas terus gak mood sama dosennya itu kita duduk di belakang terus tidur atau main hp. Itu susahnya itu nahan nafsunya. Tau-tau dosen ngasih tugas dan kita gak ngerti. Kalau gampangnya ya gak gampang juga sih, semuanya juga kan butuh usaha juga. Hal penting tuh jaringannya harus luas aja biar gampang.

Kode Konten: C113

Komen dibawah! 15

  1. Poppy Sovia Siti Damayanti

    Permisi ka aku mau tanya, jadi aku ada keinginan pengen lanjut di statistika UB ini tapi aku rada bimbang, bisa ngga si ka kalo dari SMK jurusan teknik kimia masuk di statistika UB?

  2. Sashi

    Hai kak! Artikel kakak bagus banget, bisa jadi gambaran buat aku.. tapi aku mau nanya.. lingkungan belajar-nya gimana sih kak?

  3. Icha Berliana Navyano

    hai kak, aku juga minat di statistika karna aku suka sama pengumpulan data mengolah data dan sebagainya. tapi aku masih ragu kak di matematikanya itu yang kayak gimana, apa cuma perihal modus median dan sejenisnya

  4. Marya Merindah Sinaga

    Halo ka, aku mau motivasi Kaka
    Nama akun Ig Kaka apa?

  5. Erli Pinto

    Kak..pingin nanya2 seputaran jurusan statistik..apa bener jurusan yg suliit banget

  6. Putri Salsabila

    Halo kak, aku camaba 21 hehe, mau tanya statistika UB itu termasuk ketat tidak? terus ada tips / trik dari kakak mungkin?biar nilai UTBKnya bisa mencukupi untuk daftar statistika UB. Terimakasih Sebelumnya, Kak ?

  7. Putra Feryansyah

    Kak, mau tanya untuk jurusan statistika kalo buta warna itu masih bisa diterima kah?

  8. Izza Mahfudhia

    Kak aku mau tanya, aku mau ikut SBMPTN 2021
    Kak, jurusan statistika UB sama Aktuaria UB ketat mana sih? Soalnya kan Aktuaria jurusan booming sekarang, biar cari amannya aku milih mana nih?

  9. Ana

    Hallo kak ! Aku mau nanya, anak SMK bisa masuk statistik gak sih ?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *