Statistika, Universitas Diponegoro

Statistika Universitas Diponegoro (Ratu)

Statistika Universitas Diponegoro (Ratu)

Halo kawan Intipers! Perkenalkan nama saya Ratu Aulia, biasa dipanggil Ratu atau Lia. Saya mahasiswi prodi S1 Statistika Universitas Diponegoro angkatan 2019. Di artikel ini saya mau membagikan pengalaman selama kuliah dan mau memperkenalkan lebih dalam lagi, seperti apa sih jurusan S1 Statistika di Universitas Diponegoro. Baca sampai selesai ya artikel ini dan kalau ada pertanyaan ataupun hal yang mau didiskusiikan boleh banget nih Intipers komen di kolom komentar artikel ini. Akan saya balas secepatnya kok! Oke, lanjut ke bahasan ya.

Seperti apa sih jurusan Statistika di Universitas Diponegoro?

Saat saya memilih jurusan untuk kuliah dulu, sebenarnya saya kurang familiar dengan jurusan Statistika. Saya kira Statistika itu adalah mata kuliah peminatan di dalam jurusan Matematika dan saya kira prodi Statistika itu kebanyakan masih baru dibuka. Jadi agak ragu untuk memilihnya. Tapi ternyata jurusan Statistika di Universitas Diponegoro sudah berdiri sejak tahun 2003 dan sejak 2018 sudah terakreditasi A.

unisa

Penting juga nih untuk yang mau masuk ke jurusan statistika dengan alasan pas di SMA nguasai materi tentang median, modus, peluang, dan kawan-kawannya. Siap-siap untuk terkejut karena di statistika itu mempelajarinya lebih kompleks lagi. Di jurusan statistika itu ada parameter utama yaitu mean dan variansi. Lalu penting bagi mahasiswa statistika itu untuk memiliki Statistical Thinking. Ini nih konsep dasar yang akan ditanamkan ke mahasiswa baru di jurusan Statistika Undip.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Statistical Thinking itu apa sih?

Saat semester 1 di jurusan Statistika Undip ada mata kuliah bernama Metode Statistika. Dalam mata kuliah ini kita diberikan gambaran besar apa saja yang dipelajari di statistika dan bagaimana implementasinya dalam kehidupan. Di mata kuliah ini pula diajari Statistical Thinking. Statistical Thinking adalah cara berpikiri yang melibatkan penerapan pemikiran rasional dan ilmu statistika untuk secara kritis menilai keadaan, kemudian memungkinkan untuk mengambil keputusan terbaik dalam situasi tertentu. Jadi, untuk mahasiswa statistika jangan sampai kemakan hoaks nih.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas Statistika Universitas Diponegoro?

Mata kuliah di jurusan Statistika Undip itu ada >60 jadi kalau saya jelasin di sini satu-persatu akan panjang banget. Untuk yang kepo matkulnya apa aja, bisa cek di website statistika Undip https://stat.fsm.undip.ac.id/ kemudian pilih kurikulum yang terbaru ya… yaitu kurikulum kampus merdeka. Soalnya di Undip saat ini memakai tiga kurikulum. Untuk Angkatan 2016- ke atas memakaia kurikulum 2012, untuk Angkatan 2019-2017 memakai kurikulum 2017, sedangkan untuk angkatan 2020 sampai Angkatan terbaru memakai kurikulum 2020 atau kurikulum kampus merdeka.

pmb2-min

Tugas-tugas

Untuk tugasnya, di statistika Undip biasanya di saat sebelum UTS (Ujian Tengah Semester) tugasnya dalam bentuk penyelesaian masalah dengan menggunakan metode analisis tertentu. Jadi, dikasih soal lalu kita selesaikan dengan metode yang sudah dipelajari. Kalau setelah UTS itu biasanya ada praktikum. Pratikumnya kita dikasih data atau mencari data dari website penyedia data, lalu kita olah datanya menggunakan software analisis statistika kemudian kita tulis laporannya. Setiap akan ujian sering ada pengumpulan tugas besar di beberapa mata kuliah, misalnya tugas besar sebelum UTS atau tugas besar sebelum UAS.

Tugas besarnya biasanya dalam bentuk studi kasus. Kita akan disuruh mencari masalah terkini atau data terkini untuk diolah menggunakan metode-metode yang telah dipelajari. Hal yang membedakan tugas besar dengan tugas lainnya adalah tugas besar biasanya diberitaukan di awal kuliah saat membahas kontrak kuliah dan bentuk laporannya lebih kompleks. Kalau tugas biasa hasil tugasnya bisa tulis tangan di kertas folio, kalau tugas besar laporannya bisa bentuk tulis tangan ataupun ketik dan formatnya lebih mirip proposal ataupun makalah. Mungkin keliatannya ribet dan banyak tugas, tapi sebenarnya saat saya semester 1 dan 2, saya merasa kuliah saya sedikit gabut. Baru saat semester 3 terasa sibuk karena ada 2-3 praktikum dan di semester 4 ini sibuk karena diberlakukannya sistem belajar berdasarkan masalah yang terjadi atau disebut Problem Based Learning jadi sering ada tugas.

Adakah kelompok keahlian di Statistika Universitas Diponegoro?

Di jurusan statistika Undip menyediakan empat bidang mata kuliah pilihan yang bisa dipilih oleh mahasiswanya. Setiap mahasiswa minimal memilih 15 sks mata kuliah yang berada dalam satu bidang peminatan dari 27 sks yang ditawarkan untuk memilih di mata kuliah bidang peminatan. Bidangnya apa aja, berikut ini daftarnya.

  1. Ekonomika dan bisnis. Mata kuliah dalam bidang ini mengarahkan mahasiswa ke prospek kerjanya tentang ekonomi bisnis seperti analisis finansial, asuransi, dan manajemen risiko dan cocok nih untuk yang mencari prospek kerja kantoran atau ingin berwirausaha.
  2. Industri. Mata kuliah dalam bidang ini lebih berfokus pada penerapan statistika di industri agar dalam proses produksinya bisa efektif dan efisien.
  3. Komputasi. Bidang ini cocok nih untuk kamu yang ingin bekerja di start up atau kamu yang tertarik di pemrograman.
  4. Sosial dan pemerintahan. Mata kuliah ini berfokus pada pembangunan dan kependudukan dan prospek kerjanya terkait dengan instansi pemerintah.

Info penerimaan mahasiswa baru Statistika Universitas Diponegoro.

Untuk masuk ke jurusan Statistika Undip ini ada 4 jalur masuk loh. Ada jalur SNMPTN, SBUB, SBMPTN, dan jalur mandiri. Mungkin banyak yang gak familiar dengan jalur SBUB, SBUB itu jalur Seleksi Bibit Unggul Berprestasi yang pendaftarannya dilakukan sebelum pembukaan seleksi SBMPTN. Untuk informasi terkait penerimaan mahasiswa di Undip bisa diakses di https://pmb.undip.ac.id/.

Tips untuk mahasiswa baru jurusan ini.

Mahasiswa baru jurusan Statistika yang merantau pasti sering homesick, kalian jangan terlalu merasa sendiri karena kakak tingkat akan membantu kalian untuk akrab bersama teman-teman seangkatan kalian dan akan siap membantu untuk membuat kalian nyaman di Statistika Undip. Untuk perkuliahannya memang pasti akan semakin berat saat mulai bertambah semester yang dilaluinya. Maka dari itu, karena kalian masih di langkah awal, mulailah buat relasi dengan teman-teman seangkatan dan kakak tingkat agar selalu ada opsi untuk meminta bantuan. Mungkin terkesan ini menyarankan kalian untuk bergantung pada orang lain, tapi perlu disadari kita sebagai makhluk sosial memang perlu bantuan orang lain dalam menjalankan beberapa hal namun tetap penting untuk berusaha mandiri.

Kegiatan mandiri pengabdian di SMP al Bisri semarang

Megiatan mandiri pengabdian di SMP al Bisri semarang

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Alumni jurusan statistika Undip sudah menyebar dan banyak bekerja di perusahaan bergengsi. Adapula yang melanjutkan kuliah ke luar negri dan memulai usaha. Secara umum dengan komitmen Undip yang ingin menjadikan Undip sebagai kampus bertaraf internasional dan membuat mahasiswa mampu untuk bersaing di era industri 4.0, prospek kerja lulusan jurusan Statistika semakin luas. Ada opsi untuk menjadi data analyst, quality control, data engineer, dan masih banyak lagi.

Apa rencana dan harapan setelah lulus nanti?

Setelah lulus saya berencana untuk kerja kantoran yang jobdescnya seputar analisis data kemudian saya ingin melanjutkan kuliah S2 ke luar negri. Saya memilih untuk melanjutkan studi karena saya ingin menjadi seorang ahli dalam bidang pengolahan data.

Harapan saya dengan semakin bertambahnya ahli dalam pengolahan data di Indonesia. Dengan data, Indonesia dalam terus berkembang dan maju sesuai dengan karakteristik dari Indonesia tersebut. Serta saya berharap dapat menjadi bagian dari pembangunan Indonesia melalui kemampuan yang saya milik.

Kode Konten: X479

ratuaulia
Saya adalah mahasiswa Universitas Diponegoro program S1 yang tertarik untuk membagikan pengalaman mengenai kuliah di jurusan Statistika dan senang untuk memperkenalkan jurusan Statistika untuk orang lain yang penasaran dengan jurusan ini.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *