Statistika, Universitas Syiah Kuala

Statistika Universitas Syiah Kuala Zuhra

Statistika Universitas Syiah Kuala Zuhra

Halo sobat intipers! Perkenalkan aku Zuhra Adha, biasa dipanggil Zuhra, salah satu mahasiswi Statistika Universitas Syiah Kuala angkatan 2019 dan bagian dari Himpunan Mahasiswa Statistika (Himasta). Di artikel ini aku mau sharing pengalaman kuliahku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil, yaitu S1 Statistika. Yuk intipers, simak pengalamanku. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau berdiskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan di balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampai selesai dulu artikel ini sebelum bertanya ya.

Seperti apa sih jurusan Statistika di Universitas Syiah Kuala?

Bagi sebagian orang mungkin masih ada yang asing dengan kata Statistika. Bahkan ada yang mengira bahwa statistika sama dengan matematika. Padahal nyatanya kedua ilmu tersebut cukup berbeda. Meskipun begitu, memiliki basic matematika dalam menguasai statistika adalah hal sangat penting karena sebagian besar mata kuliahnya bermain dengan hitung-hitungan. Di statistika ini, kita belajar banyak mengenai data, mulai dari merencanakan, mengumpulkan, menganalisa, hingga menginterpretasi data agar dapat dijadikan sebagai informasi yang berguna.

Prodi statistika awalnya berada dalam Jurusan Matematika USK. Namun seiring perkembangannya, statistika menjadi jurusan sendiri dan tidak memiliki prodi lainnya. Jurusan ini termasuk jurusan yang belum terlalu lama berdiri, yaitu tahun 2012. Walaupun begitu, jurusan ini dijuluki sebagai “Prodi S1 Statistika Pertama di Sumatera”.

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Statistika USK?

Mungkin bisa dibilang alasan aku memilih masuk jurusan ini cukup klise, yak karena tertarik dengan angka dan hitung-hitungan sejak kecil! Di SMA makin tertarik dengan bab terkait statistika yang ada di buku pelajaran matematika. Tapi, ga cuma matematika, mata pelajaran lain seperti fisika yang ada hitungannya juga buat aku tertarik. Karena itu, saat ingin masuk kuliah aku mempertimbangkan untuk masuk Jurusan Geofisika. Eh ternyata malah tetap kepincut dengan Jurusan Statistika, mungkin emang jodoh kali ya. Bersyukur banget masuk ke jurusan yang cukup menyenangkan sekaligus challenging ini.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas Statistika USK?

Mata kuliah di jurusan Statistika USK pastinya hampir semua khas karena belum tentu di jurusan lain atau universitas lain memiliki mata kuliah dan metode pembelajaran yang sama. Total mata kuliah di Statistika USK mencapai 100 mata kuliah dan sebagian besar dilengkapi dengan praktikum. Untuk yang mau tau mata kuliahnya apa aja, bisa cek di web Jurusan Statistika USK berikut yaa http://stat.unsyiah.ac.id/.

intipkuliah-web1

Kalo disuruh milih dua mk yang paling berkesan sih, ada Analisis Data Eksploratif dan Statistika Spasial. Di Analisis Data Eksploratif ini, semuanya memang hanya berdasarkan pikiran dan kreatifitas kita masing-masing. Untuk tugas biasanya bakalan dikasih sebuah dataset kemudian kita ditugaskan untuk mengolah data tersebut dengan berbagai metode yang sesuai dengan sudut pandang dan sekreatif kita. Jadi, setiap orang punya cara dan interpretasi yang beda-beda. Kalo Statistika Spasial yang bikin terkesan, saat proses membuat peta menggunakan software. Jadi mata kuliah ini berkaitan dengan wilayah atau daerah. Misalnya, kita bisa buat peta Indonesia yang diberi perbedaan warna berdasarkan angka kemiskinan di tiap provinsi.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini? Di Jurusan Statistika USK konsentrasi disebut juga dengan bidang peminatan. Tersedia 4 bidang peminatan di jurusan ini, yaitu

  1. Statistika Resmi dan Kebijakan. Peminatan ini, mengarahkan mahasiswa untuk menemukenali teori, dasar hukum, dan wacana yang menjadi dasar penggunaan data dan statistik dalam pemerintahan, tata kelola lembaga publik, dan siklus kebijakan publik.
  2. Statistika Komputasi. Bidang ini berfokus pada keahlian menggunakan berbagai software dalam melakukan analisa data. Yang tertarik dengan pemograman, pas banget nih!
  3. Bisnis dan Industri. Peminatan ini ditujukan untuk memahami konsep ekonomi mikro dan ekonomi makro dengan menggunakan pendekatan verbal, pendekatan grafik serta pendekatan matematis. Cocok banget untuk yang mencari prospek kerja kantoran atau ingin berwirausaha.
  4. Bidang ini berfokus pada pengaplikasian statistika inferensi pada bidang kesehatan, lingkungan dan biologi.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Untuk masuk ke jurusan Statistika USK ini ada 4 jalur masuk. Ada jalur SNMPTN, SBMPTN, SMM PTN-BARAT, dan Jalur Mandiri USK. Mungkin banyak yang asing dengan jalur SMM PTN-BARAT. SMM PTN-BARAT itu jalur seleksi mandiri yang penyelenggaraannya dilakukan secara bersama antar perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam BKS-PTN Indonesia Wilayah Barat. Berbeda dengan Jalur Mandiri USK yang bisa untuk siapapun dan merupakan alternatif terakhir karena dibuka paling akhir sebelum perkuliahan. Untuk informasi terkait penerimaan mahasiswa di USK bisa diakses di https://pmb.unsyiah.ac.id/.

Ada tips buat mahasiswa baru Statistika Universitas Syiah Kuala?

Tipsnya, banyakin latihan, ikutin baik-baik seluruh mata kuliahnya karena makin lama tingkat kesulitannya makin berbeda, dan yang pasti semua mata kuliahnya bakal saling berhubungan. Oh iya, tapi tetap jangan lupa dibarengin sama refreshing atau healing, biar ga jenuh. Hal terpenting lainnya, kita juga harus buat relasi yang baik dengan teman-teman seangkatan dan kakak tingkat karena kita tetap butuh bantuan orang lain jika ada kendala selama masa perkuliahan.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Statistika terkenal dengan ilmu yang diterapkan dalam bidang apa saja. Karena itu, jangan takut dengan karier yang bakal diambil kedepannya. Ada banyak sekali peluang yang bisa dicoba lho setelah lulus dari jurusan ini. Kita bisa berkarier sebagai data scientist, data engineer, aktuaris, market research, ahli ekonomi, dan masih banyak lagi. Semua kantor pemerintah bahkan perusahaan butuh tenaga statistik karena mereka punya data yang harus diolah. Sebagai contoh, ada beberapa alumni dari jurusan ini yang bekerja di Kementerian, BPS, BKKBN, Telkom, Instansi BUMN, dan lainnya.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Setelah lulus aku berencana untuk kerja kantoran yang jobdescnya seputar pengolahan dan analisis data, harapannya itu di BUMN. Untuk lanjutin studi S2, feels like masih bimbang. Mohon doa terbaiknya ya intipers!

Harapannya, semoga ilmu yang udah didapat dan dipahami bisa bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, dan bangsa. Semoga kedepannya makin bertambah statistisi yang dapat menjadi bagian dalam pembangunan Indonesia.

Kode Konten: X496

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.