Tips

Stop Tunda Waktu! Ini Cara Membagi Waktu Belajar Efektif

Stop Tunda Waktu! Ini Cara Membagi Waktu Belajar Efektif

Kita harus segera bilang stop menunda waktu. Sering kali kita sebagai akademisi menunda waktu belajar atau menyelesaikan tugas. Kita justru pusing memikirkan alasan mengapa tidak segera melakukan hal produktif tersebut. Lalu bagaimana cara agar kita berhenti menunda-nunda waktu? Berikut ini cara membagi waktu belajar efektif.

Namun sebelum itu, kenali dahulu seperti apa ciri-ciri orang yang suka menunda waktu. Ciri-ciri seseorang suka menunda-nunda waktu menurut Burka dan Yuen (2008) sebagai berikut.

cara mengatur waktu belajar

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Baca juga: Cara Membagi Waktu Ala Milenial untuk Berprestasi Akademik dan Non Akademik

  1. Lebih suka menunda tugas-tugasnya
  2. Berpendapat lebih baik dikerjakan nanti daripada sekarang
  3. Berpendapat bahwa menunda pekerjaan bukan suatu masalah
  4. Punya kesulitan dalam mengambil keputusan

Namun jangan khawatir. Kamu bisa mengatur waktumu dengan memakai teknik berikut.

Teknik Cara Membagi Waktu Belajar Efektif

cara membagi waktu belajar

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Teknik Pomodoro

Teknik ini bisa kamu terapkan saat belajar dengan mengatur waktu dengan cara pasang timer selama 25 menit. Setelah 25 menit berlalu, kamu bisa berhenti sejenak selama 5 menit. Kemudian catat apa saja yang kamu ingat dari belajar tadi.

Kemudian mulai belajar Kembali selama 25 menit. Apabila sudah mengulanginya selama empat kali, kamu bisa menambah jam istirahat menjadi 15 menit sampai 30 menit di setiap jedanya.

Dengan menerapkan teknik ini, kamu benar-benar bisa berkonsentrasi saat belajar. Adanya penjedaan waktu secara berkala memberi ruang pada otak untuk segar Kembali.

Teknik Pomodoro sangat cocok buat kamu yang kesulitan konsentrasi dalam belajar dan tidak betah melihat buku atau tulisan dalam waktu yang lama.

Teknik ini ditemukan oleh Francesco Cirillo di akhir tahun 1980—an. Nama Teknik ini sendiri terinspirasi dari timer yang berbentuk tomat milik penemunya ini.

Teknik Pareto

Teknik Pareto ini dapat dibilang Teknik bagi kamu yang punya kemampuan membaca cepat dan dapat menemukan setiap point dari apa yang sudah dibaca. Atau kamu yang lebih suka mendalami beberapa point materi dan “hafal” di luar kepala.

Dikenal juga dengan Teknik “80/20 Rules” atau bila dipersenkan maka kamu akan mendapat 80% hasil yang akan dihasilkan dari usahamu dari 20% tenaga yang kamu keluarkan.

Teknik mengatur waktu belajar Pareto ini akan sangat efektif apabila dalam usaha singkat belajar ini kamu dapat focus pada materi yang dipelajari.

Baca juga: KENAPA HARUS KULIAH

Pareto sendiri dikembangkan oleh seorang ekonom Vilfredo Pareto pada tahun 1895.

Teknik Kanban

Teknik Kanban tidak hanya suatu bagian projek manajemen saja lho. Nyatanya Teknik Kanban ini merupakan Teknik paling familiar dibanding dengan teknik lainnya.

Kamu bisa mengatur waktu belajar dengan cara membuat semacam “to do list” di mana ada keterangan apa saja materi yang ingin kamu pelajari. Jangan lupa sertakan keterangan singkat untuk melalui tahapannya.

Kemudian di samping keterangan tersebut buat kolom “dalam progres” dan juga “selesai”. Atau sediakan ruang kosong di samping keterangan materi belajarmu agar bisa dicentang.

Teknik Kanban telah banyak diajarkan bahkan di sekolah-sekolah. Pasti pernah kan kamu diberi tugas membuat “to do list”?

Tidak ada salahnya kamu terapkan Teknik ini di keseharianmu.

SMART Goals

Teknik ini akan sangat efektif dalam mengatur waktu belajarmu apabila kamu sudah memiliki tujuan yang jelas. Kamu juga memiliki tujuan yang masuk akal dan sesuai kemampuan untuk mencapainya.

SMART sendiri merupakan kata dari akronim specific, measurable, achievable, relevant, and time-bound.

Apabila kamu merasa cocok dengan SMART Goals ini, kamu akan focus ke satu tujuan dan dapat mengatur waktu belajar dengan mudah.

Bullet Journal (BoJo)

Cara Bullet Journal mungkin hamper mirip dengan Teknik Kanban. Namun perbedaannya Bullet Journal memberi keterangan secara general. Teknik ini cocok untuk kamu yang lebih mudah untuk mengatur waktu Ketika dapat memikirkan hal-hal dengan jangka Panjang.

Baca juga: Unduh 7+ aplikasi note ini untuk mencatat secara paperless

Mengatur waktu belajar dengan BoJo dengan cara menulis apa saja yang sudah dikerjakan, apa saja yang akan dilakukan, dan apa tujuan yang ingin dicapai di masa depan.

Cara ini biasanya ditemukan bagi teman-teman tingkat akhir sekolah atau kuliah, di mana mereka menuliskan hal-hal yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu dalam jangka Panjang.

Kira-kira Teknik mana yang cocok dengan kamu? Jadi kurangi kebiasaan menunda waktu dan mulailah produktif.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.