Panduan Penulisan

  1. Daftar menjadi member jika belum punya akun. Klik Disini Gratis!
  2. Login jika akun sudah dibuat. Klik Disini
  3. Minimal mahasiswa semester 4
  4. Jika sudah berhasil login, Klik tombol “Tambah artikel baru”, sebisa mungkin memakai leptop agar menulisnya lebih rapi dan leluasa.

4. Mulai menulis pengalaman kuliah kamu. WAJIB BACA PANDUAN PENULISAN DI BAWAH! Artikel pasti akan di publish jika sesuai panduan di bawah. Buka di leptop agar lebih leluasa menulisnya. Jika ada pertanyaan, dm ke Instagram @intipkuliah

  • Panduan & Ketentuan Penulisan
  1. Artikel diberi judul dengan format seperti ini : Jurusan atau Prodi_Universitas_Nama Depan/Panggilan. Contoh: "Psikologi_Unpad (Universitas Padjadjaran)_Fahmi"
  2. Artikel terstruktur, diberi Sub judul/heading sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Klik disini untuk melihat contoh artikel yang bagus. Bahasa santai lebih disarankan, penulis bebas mengembangkan artikel sesuai keinginan, tapi setidaknya artikel dapat menjelaskan hal hal dibawah ini:
  3. Diparagraf pertama, wajib memperkenalkan diri kamu, dengan menyebutkan nama lengkap, dari universitas mana, jurusan, angkatan berapa, nama panggilan, dan kata-kata pembukaan penulisan artikel lainnya. (hindari singkatan untuk penulisan nama lengkap, jurusan, universitas).
  4. Bagian kedua, menjelaskan gambaran besar jurusan kamu seperti apa. Apa yang dipelajari di jurusan kamu secara garis besar (jelaskan dengan istilah yang mudah dimengerti, dan dengan bahasa awam). Jika ada, jelaskan mitos/stigma/asumsi salah yang sering dikatakan orang lain mengenai jurusan yang penulis ambil dan luruskan stigma tersebut.
    Contoh mitos: Misalkan jurusan psikologi sering dianggap bisa membaca pikiran orang, jurusan matematika murni lulusannya kebanyakan jadi guru/dosen matematika, dll. (Jika memang tidak ada mitos di jurusan kalian, kalian bisa melewati bagian ini)
  5. Bagian ketiga, menceritakan mata kuliah dan tugas khas yang ada di jurusan kamu (Misalkan praktikum, ). Sebutkan beberapa contoh mata kuliah khas di jurusan kamu. Setelah itu, ceritakan pengalaman menarik belajar di mata kuliah yang kalian minati dan paling berkesan menurut kamu (minimal 2 mata kuliah , jelaskan apa yang dipelajari dari mata kuliah tersebut, tugas lapangan/prakteknya seperti apa, hal yang paling berkesan, dan hal lainnya yang berkaitan dengan mata kuliah-mata kuliah itu).
  6. Bagian keempat, artikel menjelaskan konsentrasi (kelompok keahlian) yang disediakan oleh jurusan. Jelaskan masing-masing konsentrasi arahnya kemana, apa saja yang dibahas, apa saja yang membedakan masing-masing konsentrasi yang ada di jurusan kalian. (lewati poin ini jika di jurusan kalian tidak tersedia konsentrasi/kelompok keahlian).
  7. Bagian kelima, berikan tips kepada para mahasiswa baru yang sudah kuliah di jurusan kamu, dengan memberitahu tantangan-tantangan apa yang akan mereka dapatkan serta bagaimana cara mengatasinya.
  8. Bagian keenam, Prospek kerja dan alumni biasanya kerja dimana.
  9. Bagian terakhir (opsional), Jelaskan rencana dan harapan kamu setelah lulus.
  10. Artikel paling sedikit berisikan 800 kata. Maksimal 1200 kata
  11. Post Excerpt di Kosongkan
  12. Featured Image : Upload foto terbaik kamu untuk cover yang akan di post di website dan instagram intipkuliah. Fotonya lanscape ya (bukan protrait), biar pas. Nantinya admin akan edit fotonya menjadi seperti ini:
    teknik perminyakan itb
  13. Categories: Ceklist yang "Uncategories" (ada di paling bawah)
  14. Tags: Tidak usah ada yang diceklist
  15. Tekan tombol Submit Post, artikel akan otomatis dipending untuk direview oleh admin paling telat 7 hari setelah di submit. Cukup 1 kali klik tombol submitnya. Untuk melihat apakah artikel sudah masuk atau belum buka di Menu "Artikel sedang di review".
  16. Lihat contoh artikel yang sudah jadi: Klik disini
  17. Setelah menulis artikel, wajib DM Instagram @intipkuliah dengan format seperti ini:"Nama Lengkap_Jurusan dan Universitas_No Whatsapp" Contoh: Fahmi Aujar Shidiq_Bimbingan dan Konseling Universitas Pendidikan Indonesia_081222211111. Sertifikat apresiasi akan dikirim via Whatsapp. Jika tidak DM @intipkuliah, dianggap tidak submit artikel.
Skip to toolbar