Geografi, Universitas Pendidikan Indonesia

Survey Pemetaan Informasi Geografis UPI (Fauzan)

Survey Pemetaan Informasi Geografis UPI (Fauzan)

Halo intipers, perkenalkan nama saya M. Fauzan Firdaus dari jurusan Survey Pemetaan dan Informasi Geografis jenjang D3, FPIPS UPI. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat saya balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa aja yang dipelajari di jurusan SPIG UPI?

Sesuai namanya ya, jadi kita belajar 2 bidang keahlian bidang survey pemetaan kaya mengukur jalan, pokoknya pengukuran kebumian. Kita juga belajar informasi geografisnya, belajar analisis geospasial, geomorfologi dan lainnya

Konsentrasi ada 2 di survey pemetaan dan analisis geografis. Kalau di survey pemetaan itu fokus pada pemetaan kadastral kalau di tanah, ada juga di lautnya yaitu hidrografi, ada konsentrasi lain untuk pengolahan datanya yaitu manajemen data. Kalau di analisis geografis ada konsentrasi penginderaan jauh, analisis sistem informasi geografis

FYI, Bedanya dengan jurusan pendidikan geografi itu kita ada survey pemetaan dan lebih fokus praktik karena D3 juga dan kalau pendidikan geografi UPI lebih pada pendidikannya.

Tugas kuliah di Survey Pemetaan Informasi Geografis UPI kaya gimana?

Tugasnya itu lebih banyak praktik yang kebanyakan dikerjakan berkelompok. Ada sih yang susah tapi kalau dikerjakan bareng-bareng jadi lebih mudah. Kalau susahnya itu paling waktu deadline yang singkat. Ada juga tugas individual tapi enggak sebanyak tugas kelompok, kaya misalnya tugas buat peta itu kan sendiri-sendiri

schooters

Apa mata kuliah dan dosen favorit aku?

Kalau ngomong tentang dosen favorit sebenarnya banyak karena banyak dosen muda yang kalau saya pribadi merasanya lebih enak saja jadi lebih seru, ada Pak Ihsan itu seru banget. Mata kuliah favorit itu hidrografi yang praktik langsung ke laut waktu itu ke Pulau Seribu.

Apa tantangan terbesar kuliah di jurusan ini menurutku?

Tantangan yang dirasakan sih agak sulit adaptasi dengan hitungan-hitungan karena basicnya saya dulu IPS, tapi teman-teman yang dulunya jurusan IPA juga bisa banget kalau mau masuk jurusan ini

Prospek kerja Survey Pemetaan Informasi Geografis UPI / alumni kerja dimana aja?

Alumni ada yang bekerja di lembaga negeri seperti ATR BPN, PT Pertamina, PLN. Ada juga alumni yang membuat konsultan surveying, dan perusahaan swasta lainnya. Jangan khawatir soal prospek kerjanya karena selama masih ada pembangunan di situ masih dibutuhkan lulusan SPIG.

Tips buat kamu yang mau masuk jurusan ini?

Tips buat adik adik SMA yang mau masuk SPIG, kalian cepat daftar melalui web pmb.upi.edu karena sekarang sudah dibuka nih sekarang. Pendaftaran jurusan kita itu enggak membuka di SNMPTN maupun SBMPTN. Oh iya dan jangan takut untuk mencoba ya!

Kode Konten: Y141

Komen dibawah! 13

  1. Ghilba

    Kang , kalau bedanya SAIG sama SPIG apa yaa ? , lalu setelah lulus SPIG melanjutkan S1 nya bisa ke jurusan apa ? geodesi ?
    Terimakasih Kang

    • mfauzanf

      Haloo ghilbaa, bedanya spig sama saig itu lebih ke keterampilannya. Saig itu lebih ke analisis geospasial sedangkan spig lebih ke teknisi geospasialnya. Jadi, Mahasiswa spig lebih terampil untuk terjun langsung ke lapangan atau software karena mata kuliah di spig juga lebih mengedepankan praktek di lapangan ataupun laboratorium. Lulusan spig kebanyakan melanjutkan ke S1 geodesi tetapi ada juga di jurusan lain, seperti perencanaan wilayah, teknik sipil, dll.

    • Sahrul Ramadhan

      Selamat malam.
      Ijin bertanya.
      Di jurusan ini mata kuliah yang paling sulit apa?
      Apakah banyak menggambar?

      • mfauzanf

        halo selamat malam, mata kuliah yg paling sulit itu relatif mungkin ya. tapi kalau menurut saya yang paling sulit itu mata kuliah di bidang informasi geografis yaitu ilmu tanah karena selain ada analisisnya di mata kuliah itu juga ada hitungan fisikanya. bisa dibilang banyak menggambar peta tapi secara digital menggunakan software, untuk yg manualnya dipelajari juga di mata kuliah kartografi. semoga membantu sahrul, maaf saya baru nge cek email hehe?

  2. Kim Namjoon

    Assalamualaikum
    “Pendaftaran jurusan kita itu enggak membuka di SNMPTN maupun SBMPTN” terus daftarnya lewat apa?

    • mfauzanf

      Waalaikumsalam, iya betul kak. jadi jurusan SPIG ini gaada jalur SNMPTN dan SBMPTN. jalur masuknya hanya lewat Penjaringan Prestasi Akademik (PPA) dan Seleksi Mandiri (SM) UPI. selengkapnya bisa di cek di web kita spig.upi.edu.
      terimakasih pertanyaannyaa, keren!

  3. Konsultan Pemetaan di jogjakarta

    lebih baik kalau mau ambil jurusan geografi memiliki dasar pecinta alam ataupun setidaknya surveyor yang memiliki mental di alam liar.

    Karena banyak surveyor yang tidak bisa terjun kelapangan karena urusan mental. Semnagat kalian pasti bisa..!!
    Tips menjadi konsultan pemetaan di Yogjakarta

    • mfauzanf

      saya setuju pak mengenai mental surveyor di lapangan. tetapi jika tidak mempunyai basic di alam liar, di prodi kami juga diberikan pemahaman terlebih dahulu tentang pelaksanaan survei di lapangan yang berbahaya seperti hutan, kawasan tambang dll. selain itu, mental mahasiswa akan dibentuk di himpunan kami juga melalui proses pengembangan organisasi.
      terimakasih pertanyaanya, harus semangat terus pak!!

  4. Ahmad

    Misi kak mau tanya, kalo buat biaya per semesternya kira-kira berapa yah?

  5. mfauzanf

    untuk biayanya itu bisa langsung dilihat di pmb.upi.edu. disana ada uraiannyaa. tapi kalau masih bingung tentang uraian biayanya, bisa lewat ig saya yaa

  6. safira

    halo kak mah tanya dong dibrosur nya kan biaya pendidikan total nya itu 21jt nah itu udah mencangkup semuanya apa akan ada lagi biaya tambahan ya? dan kalau boleh tau berapa nilai rata rata raport nya kak?

  7. safira

    halo kak mah tanya dong dibrosur nya kan biaya pendidikan total nya itu 21jt nah itu udah mencangkup semuanya apa akan ada lagi biaya tambahan ya? dan kalau boleh tau berapa nilai rata rata raport nya kak?

  8. dahlia

    halo kang,mau nanya dong kalo jalur masuk nya ga lewat snm/sbm terus gimana cara daftar nya

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *